Padang Panjang,BeritaSumbar.com,-, Program Keluarga Harapan atau disingkat PKH adalah program unggulan nasional dalam pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Program ini sudah hadir di Kota Padang Panjang sejak tahun 2015 yang lalu. Artinya, saat ini program ini (PKH) sudah memasuki tahun ke-5 berjalan di Bumi Serambi Mekah ini, Ungkap Disca selaku Plt. Koordinator Kota PKH Kota Padang Panjang. Lebih lanjut, Disca mengungkapkan rasa terimakasihnya atas support dan arahan yang selalu diberikan oleh Pemkot melalui Dinas Sosial P2KBP3A Kota Padang Panjang. Dalam audiensi yang dilaksanakan di Ruangan Walikota tersebut, Ia juga mengungkapkan bahwa kesuksesan program PKH di Kota Padang Panjang, tidak terlepas dari dukungan semua pihak, termasuk Pemerintah Kota Padang Panjang.
.
Dalam kesempatan yang sama, Agnanta Mutia Dara selaku Peksos SPV PKH Kota Padang Panjang menyampaikan progres pelaksanaan PKH di Kota Padang Panjang kepada Walikota, bahwa untuk saat ini tercatat sebanyak 79 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program PKH, telah menyatakan Graduasi Mandiri, yaitu keluar dari kepesertaan PKH dengan kesadarannya sendiri, tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Bahkan, dari jumlah tersebut ada beberapa KPM PKH yang memberanikan diri untuk keluar dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DT-KS), salah satunya adalah Buk Ria Selfita dari Kelurahan Koto Katik, ungkap Mutia. Kesemua hal ini, tidak terlepas dari kerja keras para pendamping PKH yang selalu intens menjalankan pertemuan kelompok (P2K2/FDS) setiap bulannya, sehingga perubahan perilaku dan pola pikir masyarakat dapat berubah secara bertahap ke arah yang lebih baik, tagasnya.
.
Sementara itu, H. Fadly Amran, B.B.A Dt. Paduko Malano menuturkan apresiasi atas semangat dan kerja keras teman-teman PKH Kota Padang Panjang yang telah berkontribusi dalam progres pengentasan kemiskinan di Kota Padang Panjang.
.
Memang, tujuan pelaksanaan PKH dan Pemkot Kota Padang Panjang terlihat sinergis dan bahkan Pemerintah Kota Padang Panjang telah berkomitmen untuk menurunkan angka kemiskinan sebesar 0.5 persen per tahunnya. Karena, itu peran teman-teman PKH sangat diharapkan, sehingga target pengentasan kemiskinan dapat terwujud secara bersama, tegasnya.
.
Menanggapi sebanyak 79 KPM PKH yang Graduasi Mandiri saat ini, maka atas nama Pemerintah Kota Padang Panjang, Walikota akan memberikan penghargaan kepada KPM Graduasi Mandiri tersebut. Insha Allah, akan diberikan pada puncak pelaksanaan Hari Jadi Kota Padang Panjang pada tanggal 1 Desember mendatang. Mudah-mudahan, segala kebaikan yang kita lakukan diberikan kemudahan dan dibalas dengan ganjaran yang terbaik oleh Allah swt, harapnya.
.
Dalam pertemuan tersebut, turut hadir APD PKH Kota Padang Panjang, Fitriani serta Pendamping PKH Kecamatan Padang Panjang Barat, yaitu Lasyri Eka Syafmi dan Nela Octaviani, dan Pendamping PKH Kecamatan Padang Panjang Timur, yaitu Bobby Nanda Putra, Surhayati dan Khairul Zikri. (khz)

loading...