28 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Ketum DPP ADKI Berkunjung Ke Limapuluh Kota
K

Kategori -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak bandaro Rajo terima kunjungan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (DPP ADKI) Fikri El Aziz di ruang kerja Kantor Bupati Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (sumbar), Selasa (29/6/2021).

Didampingi oleh Ketua ADKI Sumbar Deni Asra dan Ketua ADKI Kabupaten Limapuluh Kota Rino Chandra. Dalam pertemuan itu, Firkri menjelaskan ADKI dibina langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Selain Sadiaga Wakil Menteri Desa PDTT Budi Arie Setiabudi sebagai Ketua Dewan Pembina ADKI. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 007/SK/A/VI/2021 tentang Pengesahan DPP ADKI Masa Jabatan 2021- 2024.

“ADKI merupakan Asosiasi yang berfokus dalam pengembangan Potensi dan Pelaku Ekonomi Kreatif di Desa. Menciptakan lapangan kerja dari desa itu sendiri.” Kata Fikri.

Dijelaskan Fikri, diperlukan upaya kolaboratif dan terstruktur dalam mewujudkan kawasan kreatif di desa. ADKI tidak kerja sendiri. Penta-Helix sinergitas pemangku kepentingan yang terdiri dari Akademisi, perusahaan, pemerintah, media dan kelompok masyarakat dalam pengembangan desa kreatif yang maksimal dalam koordinasi dan realisasi. Seperti hal nya Akademisi yang akan memberikan konsep dan teori yang relevan dalam pengembangan desa kreatif berdasarkan studi yang telah dilakukan.

“Penta-Helix Sinergitas untuk mengembangkan desa kreatif, ada Kemenparekraf, kemendes dan PDTT, Kemenko Marves dan kementerian ESDM dari pemerintah untuk pengembangan desa kreatif. Selain itu ada seluruh media yang berpartisipasi.” Tambah Fikri.

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo berharap ADKI mampu memberikan kontribusi pariwisata dan ekonomi kreatif terhadap ketahanan ekonomi Kabupaten Limapuluh Kota secara umum. Pemerintah daerah akan mematangkan regulasi yang mendukung pembangunan Kepariwisataan dan Ekonomi kreatif di daerah tersebut.

“Kita wajib mematangkan regulasi agar pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif ini jelas arahnya dan tujuannya. Semoga ADKI bisa menciptakan inovasi dan Kreativitas untuk menciptakan lapangan kerja di desa atau nagari hingga memberikan dampak baik kepada perekonomian masyarakat. Pemerintah daerah akan mendukung hal ini,” sebut Bupati.

Bupati menjelaskan, secara potensi alam yang berkaitan erat dengan adat budaya dan sejarah, Kabupaten Limapuluh Kota memiliki hal itu. Namun terkait infrastruktur penunjang pada setiap potensi tersebut menjadi persoalan saat ini. Pemerintah daerah saat ini sedang mencarikan solusi untuk hal itu.

“Infrastruktur jalan salahsatunya, ini sedang kami carikan solusi agar desa atau nagari yang memiliki potensi destinasi wisata dapat dijangkau dengan mudah oleh wisatawan.” jelas Bupati.

Sementara itu, Ketua ADKI Sumatera Barat Deni Asra menyebutkan, penandatangan MoU antara ADKI & Pemerintah Desa dalam Program Pendampingan Desa Kreatif terpadu sudah dilakukan. Sebanyak 46 desa di Indonesia sudah melakukan MoU. 6 desa di Sumbar, 3 Desa/Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota, Yakni Nagari Koto Tinggi, Nagari Taram dan Nagari Harau. Desa tersebut akan dilakukan pendampingan penguatan kapasitas masyarakat Capacity Building dalam bentuk pelatihan, seminar, workshop hingga sebuah desa memiliki

“3 Desa atau Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota sudah MoU, disini ADKI memiliki kewajiban untuk melakukan pendampingan secara terpadu. Kita akan fokuskan kepada sebuah pembinaan yang berkesinambunagan hingga desa dan masyarakatnya berada pada tatanan ekonomi baik pada sektor yang digarap dan bergerak,” sebut Deni.

Dalam kesempatan yang sama Ketua ADKI Kabupaten Limapuluh Kota, Rino Chandra menyampaikan, kerja keras ADKI untuk penciptaan desa kreatif di daerah merupakan tantangan dan langkah baru untuk menciptakan inovasi dan kreativitas di desa. Khusus untuk Kabupaten Limapuluh Kota, kreativitas, potensi destinasi maupun produk industri kreatif masyarakat sudah ada sejak dulu. Namun sesuai perkembangan zaman, bentuk pengelolaan, promosi, brand mark hingga pasar memiliki pergeseran ke arah yang moderen.

“Saat ini dituntut untuk memiliki relevansi eksternal. Tantangan utama adalah mindset. Akan banyak dilakukan identifikasi. Mulai dari mengidentifikasi potensi ekonomi kreatif, kondisi umum desa hingga kepada penguatan infrastruktur fisik dan infrastruktur digital sehingga tercipta pengembangan pariwisata dan ekraf berkelanjutan yang optimal.”Tutup Rino.

Pertemuan itu, dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Limapuluh Kota Ny Nevi Safaruddin, Sekretaris Daerah Widya Putra, Kepala Dinas Pariwista Pemuda dan Olahraga Nengsih S.pd, Plt. Kepala dinas perdagangan dan UMKM Ayu Mitria Fadri, S.Si. (tk/ft)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)
- Advertisement -

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

Anggota Satgas TMMD Ucapkan Kata Pamit Kepada Masyarakat Nagari Talang Maur

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Rangkaian kegiatan TMMD/N ke 111 telah sampai pada hari akhir penugasan. Anggota Satgas yang bertugas telah banyak melakukan kunjungan perpisahan dengan warga sekitar untuk mengucapkan terima kasih atas solidaritas yang ditunjukkan oleh masyarakat Nagari Talang Maur selama melakukan kegiatan TMMD/N ke 111.

Wali Nagari Talang Maur Beri Jamuan Khusus Pada Anggota Satgas TMMD Pada Akhir Penugasan

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Wali Nagari Talang Maur Bapak Efendi gelar jamuan khusus sebagai tanda terima kasih untuk Anggota Satgas TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Jamuan ini juga sebagai ucapan perpisahan dari Wali Nagari Talang Maur kepada anggota Satgas yang telah melakukan bakti di Nagari Talang Maur.

Sinergi Anggota Satgas TMMD Bersama Mahasiswa KKN Bekerjasama Membangun Nagari

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Program terpadu TMMD/N ke 111 tahun 2021 bertepatan dengan diadakan nya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Maek yang berasal dari kampus yang berbeda. Walaupun kegiatan KKN baru dimulai pada masa akhir TMMD, kerjasama pun tetap dilakukan.

Komsos Terakhir Dengan Pengrajin Makanan Tradisional Lemang di Akhir Penugasan

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Pemberdayaan potensi Nagari dalam rangka menunjang perkembangan Nagari menjadi fokus utama dalam kegiatan TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Mulai dari potensi alam, wisata, ekonomi, dan berbagai peluang lain menjadi perhatian bagi anggota Satgas untuk bisa mengangkat Nagari dengan potensi yang bisa dikembangkan. Selain potensi alam yang menunjang pertanian, masih banyak potensi lainnya yang menunjang perekonomian Nagari Talanag Maur.

Ucapkan Terimakasih Pada TNI, TMMD ke 111 Kodim 0306/50 Kota Resmi Ditutup

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo sangat bersyukur dan tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya atas terbukanya jalan yang menghubungkan Nagari Talang Maur Kecamatan Mungka dan Nagari Maek Kecamatan Bukit Barisan.

Selama TMMD di Teritorial 0306/50 Kota, Satgas dan Pemkab Tak Henti Cegah Penyebaran Covid-19 dan Ajak Warga Tetap Terapkan Prokes

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Usai sudah pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan oleh Kodim 0306/50 Kota. Berbagai suka duka, dialami tim yang tergabung bersama Satuan Tugas TMMD yang berlangsung dari 15 Juni hingga 14 Juli itu.

Anggota Satgas TMMD Lakukan Kunjungan Terakhir Ke SDN 01 Talang Maur

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com, - Di hari terakhir penugasan, anggota Satgas TMMD menyempatkan diri untuk mengunjungi SDN 01 Talang Maur untuk menjalin tali silaturahmi dengan para guru disana, Rabu (14/7/2021).
- Advertisement -