24 C
Padang
Kamis, Mei 13, 2021
Beritasumbar.com

K3L Unit Induk P3BS PT PLN persero gelar kampanye pengurangan sampah plastik di kota pekanbaru
K

Kategori -

Pekanbaru ,BeritaSumbar.com, – Dihimpun dari laman berita Kompas, Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik ke laut terbesar kedua di dunia. Data yang didapat dari Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti ini juga menyebutkan total sampah plastik yang dibuang ke laut jumlahnya mencapai 3,2 juta ton.

Angka ini hanya 5% dari total sampah plastik yang dihasilkan Indonesia. Dihimpun dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik yang dihasilkan Indonesia jumlahnya mencapai 64 juta ton per tahun dan selalu ada kenaikan yang signifikan setiap tahunnya.

Dilansir dari World Atlas, Indonesia menjadi negara keempat pengguna botol plastik terbanyak di dunia dengan jumlah penggunaan mencapai 4,82 miliar buah per tahun. Untuk mengurangi dampak lingkungan dari besarnya penggunaan plastik ini, diperlukan langkah nyata dari seluruh lapisan masyarakat.

Bertempat di zona Car Free Day (CFD) Jalan Sudirman kota Pekanbaru, Biro K3L PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Sumatera melaksanakan Gerakan Pengurangan Sampah Plastik.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Tim Penggiat Lingkungan PLN UIP3B Sumatera. Setiap tahun, Tim Penggiat Lingkungan PLN UIP3B Sumatera berkolaborasi dengan berbagai organisasi non profit yang bergerak di bidang lingkungan.

Pada momen kali ini, berkolaborasi dengan komunitas Lindungi Hutan Riau, Tim Penggiat Lingkungan PLN UIP3B Sumatera mengkampanyekan pengurangan sampah plastik. Tema ini dipilih untuk menjawab besarnya produksi sampah plastik di Indonesia.

Selain membersihkan zona CFD dari sampah plastik yang berserakan, masyarakat juga diajak untuk menukarkan 5 botol plastik yang mereka bawa atau dapat mereka kumpulkan di zona CFD dengan 1 tumbler secara gratis.

Penukaran ini dimaksudkan agar kedepan, masyarakat membawa air minum sendiri dengan tumbler yang didapatnya. Hal ini jauh lebih baik dibandingkan dengan membeli air minum dengan botol plastik yang sampahnya akan merusak lingkungan.

Kepala Biro K3L PLN UIP3B Sumatera, Soni Irawansjah, yang ditemui di lokasi berharap masyarakat mulai mengurangi penggunaan barang-barang berbahan plastik. “Melalui kegiatan ini, semoga masyarakat terketuk hatinya, terbuka pikirannya, untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan mulai menggunakan barang-barang yang reusable,” ungkapnya.

Masyarakat terlihat antusias dengan kampanye ini, terbukti dengan banyaknya masyarakat yang tidak hanya mengumpulkan dan menukarkan botol plastik yang dibawanya, tapi juga mencari botol yang berserakan di sekitar zona CFD.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Program Rumah Sakit Peduli Dari RSUD Sijunjung Direspon Positif Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Program Rumah Sakit Peduli yang diluncurkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung mendapat respon positif dari masyarakat sekitarnya, yang mana kepedulian para...
- Advertisement -

Prospek Cerah Usaha Minyak Nilam Untuk Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Petani

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tanaman nilam yang bernama latin Pogostemon  patchouli atau Pogostemon cablin Benth adalah tanaman perdu wangi yang memiliki daun berwarna hijau tipis dan tidak kaku.  Daunnya berbentuk...

Tapan-Pessel di Rundung Banjir; ‘Sedih, Idul Fitri Di Dahului Banjir’

Tapan-Pessel (11/5/21) Banjir menghantam dan menenggelamkan beberapa nagari di kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan. Dari informasi di lapangan diketahui empat nagari terparah, yaitu; Binjai...
- Advertisement -

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

Gandeng Pokdarkantibmas, Polres Pariaman Berbagi Takjil dan Masker

Pariaman, beritasumbar.com. Polres Pariaman bergandengan dengan Lembaga Pokdarkantibmas melakukan pembagian Takjil & Masker kepada pengendara yang melintasi ruas jalan di Depan Mapolres Pariaman, Sabtu 8/5/21.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hergun : THR 100 Persen Kado Terindah Dalam Peringatan May Day

Jakarta,- Pemerintah memberlakukan kebijakan semua perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya 100 persen tanpa dicicil demi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Dewan Penasehat IMO-Indonesia ; Saatnya KPK Bersihkan Oknum Pegawai Yang “Bermain Mata” Dengan Markus

JAKARTA | Ketua Komisi Pemberantaaan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak untuk membersihkan lembaganya dari oknum anggota yang melakukan praktik tidak terpuji.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Selama Libur Lebaran Idul Fitri Objek Wisata Bukittinggi Tetap Buka, Wako: Pengunjung Masuk Dibatasi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tetap dibuka selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. "Objek wisata...

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...
- Advertisement -