30 C
Padang
Minggu, Juli 25, 2021
Beritasumbar.com

Jangan Terlalu Banyak Memuji
J

Kategori -

Penulis: Irma Shalimar

Kita semua tahu bahwa anak-anak perlu dipuji bila mereka melakukan sesuatu yang baik. Pujian memberi mereka dorongan supaya terus berbuat baik. Namun pujian yang berlebihan, yang terlalu sering, dapat membuat pudar tujuannya. Beberapa saran di bawah ini menunjukkan bagaimana cara memuji yang tepat dan pada saat yang semestinya.

Beri pujian atas usahanya

Tampaknya aneh, tetapi memuji sesuatu yang alami, seperti bakat atletik, ketrampilan musik atau kecerdasan otak, sering menjadi bumerang menurut Carol Dweck, Ph.D., seorang profesor psikologi dan penulis buku Mindset: The New Psychology of Sucess.Risetnya, yang diadakan bersama rekan-rekannya di Universitas Columbia, menunjukkan bahwa anak-anak yang dipuji karena kecerdasannya menjadi terlalu fokus untuk berhasil. Sesudah salah menjawab beberapa pertanyaan dalam tes IQ, mereka berkurang kegigihannya dan makin jeblok ketika mengerjakan tes berikutnya yang lebih gampang. Menurut profesor Dweck, “Jika Anda memuji anak-anak karena kecerdasannya, mereka akan obses dengan kesuksesan.” “Mereka takut dengan tantangan, karena mereka menyamakan kegagalan dengan kebodohan.” Tetapi bila Anda menyadari dan memuji usaha mereka, dampaknya akan sebaliknya, mereka terdorong untuk berusaha lebih keras, meraih sasaran yang lebih tinggi dan menikmati keberhasilannya.

Rincikan secara tepat

Pikirkan sejenak, tujuan utama memuji ialah memberi dorongan kepada anak-anak untuk selalu berbuat dengan cara yang mendatangkan hasil positif. “Jika Anda tidak merinci tentang apa dan bagaimana mereka telah melakukan sesuatu yang baik, sulit bagi mereka untuk mengulangi perilaku mereka,” kata pakar psikologi Richard Weissbourd, penulis The Parents We Mean to Be.

Penelitian menunjukkan betapa pentingnya untuk tidak memuji secara umum. Anda hendaknya menyatakan secara tepat tindakan mereka, bukan perasaan Anda sendiri, misalnya “Kamu sudah berlatih mati-matian untuk pertandingan bola di sekolah,” atau “Ayah lihat kamu begitu fokus dalam permainan catur tadi.” Sebutkan hal-hal yang dapat dikendalikan atau dapat diperbaiki untuk meraih cita-cita mereka, antara lain disiplin, kegigihan, kebaikan, kemurahan hati dan rasa hormat.

Ketulusan

Remaja khususnya dapat membedakan apakah pujian Anda tulus atau hanya sekedar cacap-cuap. Misalnya Anda berkata, “Sayang, kau baik sekali kepada nenek hari ini.” Anak Anda akan merasa dia sedang dimanipulasi atau digurui. Sebaiknya katakanlah sambil lalu bahwa Anda melihat dia membantu nenek berjalan keluar kamar dan tanyakan pendapatnya tentang kesehatan nenek.

Pujian atas prestasi

Jangan memuji anak Anda karena melakukan tugas yang mudah seperti membuang sampah atau melipat baju. Pujian ini terlalu berlebihan, melaksanakan kewajiban adalah bagian dari kehidupan keluarga. Dampaknya juga bisa merusak, remaja Anda mungkin berpikir Anda tidak sadar bahwa tugas itu begitu sederhana. Atau anak Anda akan merasa Anda menganggap dirinya rapuh sehingga perlu dipuji untuk melakukan tugas rumah tangga. Simpanlah pujian Anda untuk usaha yang benar-benar patut dipuji.

Diam itu emas

Kadang-kadang strategi yang paling efektif adalah menahan pujian. Anak-anak tahu bila mereka membuat pilihan yang bijak. Dan perasaan puas yang mereka dapat adalah upah tersendiri bagi usaha mereka. Dengan mempercayai anak-anak untuk menyadari bahwa mereka bertindak benar, kita membentuk siklus di mana mereka tidak bergantung kepada orang lain untuk merasa puas terhadap prestasi mereka. Ketika mereka duduk di perguruan tinggi dan jauh dari Anda, Anda tidaklah mungkin memuji setiap kali mereka bertindak benar.

Saya pernah berpikir apakah anak-anak saya mampu berbuat seperti anak-anak lain dalam cerita dongeng yang mengharukan di mana mereka menyumbangkan hadiahnya untuk anak-anak lain yang kurang beruntung. Suatu kali di hari Besar Agama anak saya memutuskan untuk menyumbangkan rambutnya yang panjang bagi anak-anak yang menderita kanker. Selain rambutnya dia juga menyumbangkan uang hadiah Hari Besarnya. Saya tidak merasa perlu memberikan pujian terhadap perbuatan amalnya. Dia tahu apa yang diperbuatnya adalah benar dan dia tahu kami, sebagai orang tuanya, bangga atas kebaikan hatinya. Semua itu merupakan upah tersendiri yang memberinya perasaan puas dan senang karena mampu membagi sedikit “harta” yang dimilikinya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).
- Advertisement -

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

Bupati Sijunjung Buka Kegiatan Gebyar PKH Cinta Vaksin

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir membuka secara resmi kegiatan Gebyar PKH Cinta vaksin Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Senin (19/7).

Peringatan HUT IAD, Kejari-IAD Sijunjung Tabur Bunga Ke Makam Pahlawan

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam Rangka Peringatan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 21 Tahun 2021, Kejaksaan Negeri Sijunjung beserta pengurus IAD setempat melaksanakan Ziarah...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mengenal Politik Praktis & Pragmatisme

Dalam praktik perebutan maupun mempertahankan sebuah kekuasaan Politik Praktis dan Pragmatisme seolah menjadi dua hal yang sulit dipisahkan, khususnya di negara Demokrasi seperti Indonesia.

Filosofi Lidi

Dari filosofi pohon kelapa yang sangat banyak manfaatnya, bahkan hampir seluruh bagian tanaman kelapa tersebut memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna tentu seharusnya juga memberi manfaat dan berperan menjaga bumi dan lingkungan setelah mengambil manfaat untuk kehidupan. Sesuai juga dengan perintah Tuhan dalam ajaran agama bahwa tujuan Tuhan menurun-kan manusia ke muka bumi ini adalah untuk beribadah dan berbuat yang bermanfaat.

Raih Keridhaan Allah melalui Etos Kerja

Dalam Manajemen Pendidikan Islam, etos kerja (semangat/motivasi kerja) dilandasi oleh semangat beribadah kepada Allah Swt. Maksudnya, bekerja tidak sekedar memenuhi kebutuhan duniawi melainkan juga sebagai pengabdian kepada Allah Swt,

Rugi Rasa Untung

Apakah beberapa fenomena terbalik yang terjadi ditengah masyarakat bangsa ini atau mungkin juga ditengah masyarakat dunia adalah pertanda bahwa kiamat sudah dekat ? Wallahu a’lam bishawab hanya Allah pencipta langit dan bumi yang tahu persis.

Mengatur Konflik dengan Teknik Mind Mapping

Konflik. Ketika kita mendengar kata itu, kebanyakan orang akan membayangkan seperti perang, rusuh, gontok-gontokan, atau orang yang berkelahi antarkampung. Tidak, sebenarnya konflik bisa dimulai dari sesuatu yang kecil. Kalau menurut psikologi, konflik itu bisa dimulai dari ketika kita merasa ada perbedaan, entah perbedaan pendapat atau perasaan tentang sesuatu hal.

DPW PTPI Sumbar Buka Bimbel & Bimtes CPNS 2021 Online

Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Trainer Profesional Indonesia Wilayah Sumatera Barat (DPW PTPI Sumbar) resmi membuka kegiatan Bimbingan Belajar (BIMBEL) dan Bimbingan Test CPNS 2021...

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Kita Pancasila

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan sangat menarik untuk diteliti, terutama karena pendidikan karakter berorientasi pada pembentukan karakter siswa.

Pentingnya Penggunaan Dan Pemanfaatan Teknologi Ditengah Pandemi

Pandemi covid 19 merupakan tantangan bagi kita sampai saat ini bagaimana kita menyikapinya dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan lainnya. Seluruhnya merasakan dampaknya.
- Advertisement -