24 C
Padang
Selasa, September 28, 2021
Beritasumbar.com

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung
H

Kategori -

Sijunjung, beritasumbar.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar uang negara yang diselamatan.

Sementara itu pada bidang tindak pidana umum SPDP yang masuk berjumlah 150 buah yang selesai 144 buah, masih ada 6 yang lagi ditindak lanjuti.

Kemudian pihaknya juga telah mengeksekusi Mantan Pimpinan DPRD Sijunjung Walbardi dan Nursidin Jamil dalam Kasus Tunjangan Belanja Rumah tangga Pimpinan DPRD Sijunjung Tahun anggaran 2018 dan 2019.

Kemudian aparat penegak hukum itu sedang memproses kasus PT. Sijunjung Sumbar Energi (SSE) tentang pelanggaran hukum pengunaan dana operaional senilai 810 juta yang bersumber dari APBD Provinsi Sumbar dan APBD Kabupaten Sijunjung.

“Kasus ini sudah sampai pemeriksaan saksi-saksi termasuk orang-orang penting ditingkat provinsi dan Mantan Bupati dan Pejabat Teras Kabupaten Sijunjung.

“Penetapan tersangka menunggu perhitungan BPKP tentang kerugian negara,” Kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sijunjung, Efendri Eka Saputra, S.H., M.H dalam siaran persnya kepada wartawan, Kamis (22/7/2021).

Selain itu pada bulan ini, Kajari Sijunjung akan menetapkan salah satu oknum kepala sekolah sebagai tersangka Kasus korupsi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun anggaran 2018 hingga 2020, dengan kerugian negara sekitar 182 juta.

“Penetapan oknum kepsek berinitial LS dan oknum bendahara berintial MD itu merupakan capaian di Uari Ulang Tahun Adhyaksa,” katanya.

Sebelum penetapan tersangka, sejumlah saksi-saksi juga sudah dimintai keterangan, jika cukup bukti Kejari Sijunjung segera menetapkan oknum kepsek dan oknum bendahara sebagai tersangka.

“Penindak yang dilakukan kejari untuk memberikan efek jera kepada pelaku. Untuk pencegahan dan pembinaan juga telah dilakukan. Kejari Sijunjung juga telah melakukan kerjasama dengan pemerintahan nagari dan beberapa OPD untuk melakukan pembinaan tentang hukum dan pengunaan anggaran sesuai dengan atauran yang berlaku” jelas Kejari.

Selain ungkap kasus korupsi, HUT Adhyaksa juga melakukan berbagai kegiatan sosial, seperti bakti sosial, donor darah dan memberikan bantuan sembako dalam rangka mengisi hari jadi Kejaksaan ke 61 di Kabupaten Sijunjung. (Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

1 Bulan Magang Di Kehumasan Diskominfo Payakumbuh, Ini Kata 4 Mahasiswa UPI YPTK Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sudah sebulan lamanya mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Putra Indonesia Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (UPI YPTK) Padang melaksanakan magang di Bidang Kehumasan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh sejak 23 Agustus silam.
- Advertisement -

Kakankemenag Dampingi Walikota Menyalurkan Dana Zakat Program Padang Panjang Makmur, Cerdas, Sehat dan Peduli

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga memberikan Tausiyah dalam kegiatan penyaluran Dana Zakat Program Padang Panjang Makmur, Cerdas, Sehat dan Peduli dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Masjid Tauhid Kota Padang Panjang, Selasa (28/09/2021)

Jenis Aplikasi Menguntungkan di Ruang Digital, Ini Pembahasan Lengkapnya

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com, — Jenis aplikasi yang tepat dan menguntungkan untuk dioptimalkan, dibahas secara mendalam Kementerian Kominfo RI lewat sebuah webinar di Kabupaten Padang Pariaman, Senin (6/9).
- Advertisement -

Kreativitas Sehat di Internet Diulas di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,Beritasumbar.com, — Guntur Simbolon salah satu musisi tanah air menyebut kreativitas membuat seseorang memiliki daya cipta, inovasi, yang membuat berpikir luas, sehingga dapat berkreasi secara positif. Dengan menggunakan internet secara bijak dan sehat, masyarakat justru bisa menjadi pribadi yang semakin kreatif.

Dinkes Padang Pariaman Selenggarakan KIE Keamanan Pangan

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Wakil Bupati Padang Pariaman Drs Rahmang MM membuka Kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Keamanan Pangan yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kreativitas Sehat di Internet Diulas di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,Beritasumbar.com, — Guntur Simbolon salah satu musisi tanah air menyebut kreativitas membuat seseorang memiliki daya cipta, inovasi, yang membuat berpikir luas, sehingga dapat berkreasi secara positif. Dengan menggunakan internet secara bijak dan sehat, masyarakat justru bisa menjadi pribadi yang semakin kreatif.

Lapas Sijunjung Gelar Simulasi Cegah kebakaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mencegah terjadinya kebakaran Jajaran Lembaga Permasyarakatan Kelas ll B Muaro Sijunjung bekerjasama dengan Dinas Damkar setempat melakukan simulasi memadamkan kebakaran di...

Wakapolres Sijunjung Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Singgalang 2021

Sijunjung, Berita Sumbar--Waka Polres Sijunjung Kompol Syahrul Chan SH memimpin apel gelar pasukan operasi patuh singgalang 2021 di mapolres Sijunjung, Senin (20/9).

Bupati Beny Dwifa Yuswir Launching Gerai Vaksin Bagi Smp Se-Kabupaten Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir launching gerai vaksin bagi pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah itu yang dilaksanakan di SMPN...

Pimpin Apel Operasi Patuh Singgalang 20201, Ini Pesan Wakapolres Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakapolres Sijunjung Kompol Syahrul Chan SH memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Singgalang 2021 di Mapolres setempat, Senin (20/9). Wakapolres membacakan amanat tertulis...

Luncurkan Gerai Vaksin Untuk Pelajar, Ini Pesan Kapolres Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP.  Muhammad Ikhwan Luzuardi SH SIK MH  Launching Gerai Vaksin bagi pelajar yang dilaksanakan di SMAN 6 Sijunjung Kecamatan Kamang...

Waspadai Jejak Digital, Ini Kata Sekretaris Diskominfo Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com, — Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung, Puji Basuki, menjelaskan jejak digital sebagai data yang ditinggalkan setelah menggunakan layanan digital.

Saat PLEK, Poktan Diminta Catat Biaya-Usaha Tani

Sijunjung, beritasumbar.com - Tenaga Ahli (TA) keuangan pedesaan IPDMIP Regional  II, Sri Sumaryani meminta peserta Pelatihan Literasi Edukasi dan Keuangan (PLEK) membiasakan diri mencatat biaya...

DPC Gerindra Sijunjung Gelar Vaksin

Sijunjung, Berita Sumbar--Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Kabupaten Sijunjung melaksanakan vaksin sinovac di pada Selasa (14/9) di kantor DPC Partai Gerindra Kabupaten Sijunjung untuk 260 vaksin. Sedangkan untuk 13 lokasi (tiga belas) lagi dilaksanakan mulsi dari tanggal 16 sampai 18 September ini, kata Ketua DPC Gerindra Kabupaten Sijunjung Drs. Syahril Syamra di kantor Gerindra Muaro Sijunjung, Senin (13/9).

Wakapolres Sijunjung Berganti, Kompol Syahrul Chan Gantikan Kompol Andy Santoso Yang Pindah Ke Polda Sumbar

Sijunjung, beritasumbar.com - Pergantian jabatan kembali berganti di Polres Sijunjung Sumatera Barat, dimana kali ini Wakapolres itu Kompol Andy Santoso SH yang pindah tugas...
- Advertisement -