30.5 C
Padang
Wednesday, October 21, 2020

Hari Ini Dua Petugas Medis Positif Covid-19, Wako Riza Falepi Keluarkan Instruksi Baru, Izin Keramaian Dicabut Kembali

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Hari ini, di Luak Limopuluah kembali ditemukan dua kasus positif Covid-19. Berdasarkan data yang diumumkan Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, ada 1 kasus ditemukan di Payakumbuh dan 1 di Kabupaten Limapuluh Kota.

Namun, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dr. Bakhrizal kepada media, Selasa (25/8), menyebutkan dari data KTP pasien, keduanya merupakan warga Kota Payakumbuh.

“Iya, meski diumumkan itu kasus Limapuluh Kota, tapi karena KTP nya di Payakumbuh, maka datanya tercatat di kita, untuk saat ini sudah ada 20 kasus positif warga yang terpapar Corona tercatat di Payakumbuh,” ujarnya Kadis yang akrab disapa Dokter Bek itu.

Pasien tersebut adalah M (50 tahun) wanita, warga Kelurahan Talang, Payakumbuh Barat, bekerja sebagai PNS tenaga medis di Kabupaten Limapuluh Kota, saat ini dirawat di RSUD Sadikin Padang.

Kedua adalah SF (27 tahun) wanita, warga Padang Tiakar, Payakumbuh Timur, bekerja sebagai petugas medis di salahsatu rumah sakit swasta di Payakumbuh, saat ini sedang menjalani isolasi mandiri.

Wali Kota Riza Falepi selaku Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 juga telah mengeluarkan Instruksi Wali Kota Payakumbuh Nomor 98/Instruksi/BPBD-PYK/VIII/2020 tentang Percepatan Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19 di Kota Payakumbuh.

Didalam instruksi itu kembali Riza Falepi menginstruksikan kepada seluruh warga agar meningkatkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak aman 1,5 meter.

Kemudian juga diinstruksikan untuk mengaktifkan kembali posko-posko mandiri di tiap kelurahan agar dapat melakukan pengawasan kepada orang yang datang dari luar daerah. Lalu, Riza juga menunda masuk sekolah kembali atau proses belajar mengajar (PBM) untuk seluruh sekolah di Payakumbuh, mulai dari jenjang PAUD, SD, SLTP, dan SLTA hingga waktu yang belum ditentukan.

“Kita mewajibkan warga pendatang dari luar Kota Payakumbuh khususnya daerah-daerah zona merah agar melaporkan diri ke rumah sakit atau puskesmas untuk di tes swab. Kemudian bagi warga yang datang dari luar daerah lainnya harus melapor 1 kali 24 jam kepada RT/RW setempat. Untuk itu, kita mohon kepada warga dengan sangat untuk kooperatif,” kata Riza.

Untuk izin keramaian secara umum tak lagi diberikan atau kegiatan yang mengumpulkan banyak orang tidak diperbolehkan di Payakumbuh sampai waktu yang belum ditentukan. Sementara untuk aktifitas ibadah masih diperbolehkan dengan syarat menyediakan tempat cuci tangan, memakai masker, serta membawa sajadah dari rumah masing-masing bila shalat berjemaah ke mesjid. (Humas)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

KPU Kabupaten Tanah Datar Gelar Pleno Daftar Pemilih Tetap ( DPT)

Tanah Datar,- Tahapan rapat pleno terbuka penetapan DPT yang dilaksanakan oleh KPU kabupaten Tanah Datar di hotel Emersia hari ini, mendapatkan hasil...

Pengunjung Risih, Anjing Liar Masuki Taman Pagaruyung

Tanah Datar,- Beredar beberapa foto di media sosial menunjukkan bahwa mulai maraknya binatang "anjing" liar disekitar areal taman Pagaruyung Batusangkar.

AKP Witrizawati Jabat Kasat Narkoba Polres Padang Panjang

Padang Panjang,- Serahterima Jabatan di jajaran Polres Padang Panjang bergulir. Selasa 20/10 pagi Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo gelar sertijab Kasat...

Rival Pribadi Yakin, Darma Tani Kandidat Terkuat

Tanah Datar,- Rival Pribadi yang didapuk menjadi ketua tim pemenagan darma tani meyakini jika pertahana saat ini masih terkuat dari paslon lain...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

UKPBJ Kabupaten Muko-Muko kunjungi Pemko Payakumbuh

Payakumbuh---Unit Kerja Pengadaan Barang/ Jasa (UKPBJ) Kabupaten Muko-muko melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Payakumbuh khususnya UKPBJ Kota Payakumbuh dalam rangka Konsultasi tentang...

BPBD Kota Payakumbuh Serahkan Bantuan Untuk 2 Korban Kebakaran Di Parik Rantang

Payakumbuh — Dua pemilik rumah korban kebakaran hebat di Kelurahan Parik Rantang RT 05 RW 04, pada Minggu (18/10/2020) pagi langsung mendapat...

Operasi Yustisi Baru 9 hari! Satgas Covid-19 Tertibkan 196 Orang Pelanggar Di Kota Payakumbuh

Payakumbuh - Perda Provinsi Sumbar Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Dalam Pengendalian dan Pencegahan Corona Virus Disease 2019...

Melalui Genpro, Bumbu Randang Payakumbuh Dikirim Ke 7 Negara Henny Riza : City of Randang Bukan Gertakan Saja

Payakumbuh --- Impian Kota Payakumbuh agar Randang Go Internasional sudah di depan mata, pasalnya setelah dibantu fasilitasi oleh Global Enterpreneur Profesional (Genpro)...
- Advertisement -