27 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Dualisme Pengurus KAN Nagari Lima Kaum, Berujung Gugatan Ke Pengadilan Negeri
D

Kategori -

Tanah Datar,Beritasumbar.com – kisruh dualisme kepengurusan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lima Kaum Kecamatan Lima Kaum,berujung gugatan ke Pengadilan Negeri Batusangkar Kabupaten Tanah Datar.

Gunardi,S.H Dt.Kondo Marajo Selaku penggugat kepada Beritasumbar.com Selasa 16/03/2021 menyampaikan,permasalahan gugatan kepengadilan ini berawal dari habisnya masa jabatan kepengurusan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lima Kaum periode 2011 – 2016.”pada dasarnya kita menggugat karena telah beberapa kali kita mencoba meminta untuk di bentuk pengurus yang baru kepada lembaga kerapatan adat serta pemerintahan setempat.

“Setelah beberapa kali kita meminta dan dilakukan mediasi karena merasa tidak digubris,dilaksanakanlah pemilihan pembentukan ke pengurusan baru untuk periode selanjutnya dan saya ditunjuk selaku ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) berikutnya.”akan tetapi seiring waktu berjalan,ada beberapa kelompok niniak mamak yang melakukan tandingan untuk membentuk kepengurusan kembali,tanpa persetujuan kami selaku pemegang mandat jabatan.

“Padahal saya sendiri juga dikuatkan oleh surat pernyataan yang dikeluarkan oleh Walinagari Lima Kaum tertanggal 29 Agustus 2018,dimana pemerintahan Nagari Lima Kaum menyatakan kami adalah kepengurusan yang menyelenggarakan pelayanan administrasi bidang adat kepada masyarakat di Nagari Lima Kaum,”berdasarkan surat keterangan tersebut kita mengajukan gugatan kepengadilan Negeri Batusangkar dan telah dilakukan mediasi Pada tanggal 13 Maret 2021 kemaren serta akan dilakukan mediasi lanjutan hari Jum’at 19 Maret 2021.

Erwin Radon Ardiyanto, S.H., M.H. Humas Pengadilan Negeri Batusangkar menyampaikan,”Memang benar adanya Persidangan perkara perdata Nomor 1/Pdt.G/2021/PN Bsk,mengenai Sengketa kepengurusan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lima Kaum,dan saat ini sedang dalam tahap mediasi.”dengan Gunardi,S.H Dt.Kondo Marajo Cs selaku Penggugat serta H.YL.Dt.Majo Lelo,S.H Cs sebagai Tergugat.

“Adapun mediasi merupakan upaya penyelesaian sengketa antara para pihak melalui proses perundingan untuk mencapai kesepakatan perdamaian dengan dibantu oleh Mediator. “Para pihak yang berperkara perdata di pengadilan wajib melaksanakan proses mediasi sebagaimana telah diatur dalam Pasal 154 RBg Juncto Peraturan Mahkamah Agung  Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan.

“Diharapkan persengketaan antara para pihak dapat selesai pada tahap mediasi karena dengan penyelesaian melalui mediasi yang didasarkan pada kesepakatan para pihak akan tetap menjalin hubungan baik antara para pihak yang bersengketa, selain itu juga akan lebih menghemat waktu, biaya dan tenaga karena proses persidangan tidak dilanjutkan.”katanya.(haries)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).
- Advertisement -

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Padang,BeritaSumbar.com,-Anggia Erma Rini Wakil ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertempat di Hotel Pangeran Beach. Padang, Minggu (11/04).
- Advertisement -

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional

JAKARTA - Ranah dan Rantau harus bersinergi untuk kemajuan kampung halaman. Acara Silaturahmi Ranah dan Rantau dengan Pemkab Padang Pariaman dilaksanakan di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta pada Sabtu malam (10-04-2021)

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Cuaca Ekstrim Akibatkan Puluhan Rumah Warga Di Kabupaten Tanah Datar Rusak Ringan Hingga Berat

Tanah Datar Beritasumbar.com - Cuaca Ekstrim sejak kemaren siang hingga,Kamis 01/04/2021 mengakibatkan puluhan rumah di Kabupaten Tanah Datar,Rusak ringan hingga berat tertimpa pohon yang tumbang serta diterpa angin kencang.

Di Lalap Si Jago Merah,Rumah Siti Lena Warga Tembok Hitam Hangus Terbakar

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Rumah Siti Lena warga Lanjut Usia (Lansia) di Tembok Hitam,Jorong Cempaka,Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara hangus terbakar di lalap si jago merah,Senin 29/03/2021.

Peletakan Batu Pertama Proyek PDAM,Tokoh Masyarakat Lintau IX Koto Harapkan Kebutuhan Air Bersih Terpenuhi

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam Rangka peletakan batu pertama pembangunan sarana dan prasarana air bersih dengan sistem penangkapan air baku ( Intek) proyek PDAM Kabupaten Tanah Datar,Senin 29/03/2021 di Jorong Seroja,tokoh masyarakat Lintau IX Koto harapkan kebutuhan Air bersih terpenuhi ke rumah - rumah penduduk.

Diduga Lakukan Hipnotis Terhadap Lima Orang Warga Di Tanah Datar,Polsek Lintau Buo Utara Amankan Pelaku

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Diduga melakukan Tindak pidana penipuan (hipnotis) terhadap warga Tanah Datar di Kecamatan Lintau Buo Utara,pelaku yang merupakan warga Kecamatan Sumpur Kudus,Kabupaten Sijunjung diringkus Polisi,Rabu 24/03/2021 di sebuah warung milik warga.

Merasa Tidak Dilibatkan Saat Peresmian Rumah Data Kependudukan Kampung KB-Pansimas, Masyarakat Kecewa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Peresmian rumah data kependudukan kampung KB percontohan dan Pamsimas di Jorong Koto Godang, Nagari Pangian oleh Bupati Tanah Datar, Rabu...

Tambal Sulam Tidak Efektif,Jalan Raya Penghubung Lintau Batusangkar Butuh Perbaikan Serius.

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Tambal Sulam dirasakan tidak efektif,Jalan raya penghubung Lintau Batusangkar via Nagari Atar Kecamatan Padang Ganting butuh perbaikan serius dari pemerintah.

Hadiri Perayaan Khatam Alquran, Wakil Bupati Tanah Datar Apresiasi Wali Murid

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Wakil Bupati Tanah Datar terpilih,apresiasi wali murid TPA/TPSA Masjid Raya Limo Kaum saat menghadiri perayaan Khatam Alqur'an di Nagari Lima Kaum,Kecamatan Lima Kaum,Minggu 07/03/2021.

Dua Belas Personil Polri Polsek Lintau Buo Dan Lintau Buo Utara Di Vaksin Sinovac Perdana

Tanah Datar,Beritasumbar.com -Sebanyak dua belas personil Polri Polsek Lintau Buo dan Lintau Buo Utara di Vaksin Sinovac hari ini Kamis,04/03/2021.di Puskesmas Lintau Buo Nagari Tigo Jangko.

Walinagari Serta Perangkat Di Tanah Datar Belum Menerima Gaji Selama Tiga Bulan

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Sebanyak 75 orang Walinagari beserta Perangkat pemerintahan nagari di wilayah Kabupaten Tanah Datar belum menerima gaji selama tiga bulan terakhir dari Pemerintah Daerah setempat.

Ultah Perdana DPC PPWI Tanah Datar Diperingati Sederhana

Tanah Datar, beritasumbar.com - Peringatan ulang tahun ke-1 Organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Kabupaten Tanah Datar,diperingati dengan semangat kesederhanaan di Dzee Caffe...
- Advertisement -