25.5 C
Padang
Minggu, Mei 9, 2021
Beritasumbar.com

Dua Kelompok Tani Payakumbuh Dinilai Tim Verifikasi Nasional
D

Kategori -

Kelompok Tani “Al Falah” Kelurahan Subarang Batung Payakumbuh Barat dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati Putih Ampangan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh menjadi wakil Propinsi Sumatera Barat dalam penilaian manajemen usaha kelompok peternak tingkat nasional 2015.

Kedua kelompok tani ini sama-sama masuk nominasi 5 terbaik di Indonesia dalam penilaian manajemen usaha kelompok peternak dan pelayanan petugas teknis 2015. Sehubungan dengan itu Kementrian Pertanian menurunkan Tim penilai untuk melakukan verifikasi/penilaian lapangan yang dipusatkan di lokasi Keltan Al Falah Subarang Batung Payakumbuh Barat Kamis (28/5).

Tim penilai itu dipimpin Ir.Wignyo Sadwoko,MM terdiri dari 2 kelompok dengan jumlah anggotanya 10 orang yang berasal dari Kementrian Pertanian, IPB Bogor dan Asosiasi Peternakan Sapi dan kerbau Indonesia.

Kedatangan Tim penilai beserta rombongan di Subarang Batung disambut dengan tari galombang oleh masyarakat setempat. Turut hadir Walikota Payakumbuh Riza Falepi, unsur muspida, Kadis Peternakan dan kesehatan hewan Prov.Sumbar diwakili M.Kamil, Kadis Peternakan dan Perikanan Kota Payakumbuh Depi Sastra, sejumlah pimpinan SKPD, Camat Payakumbuh Barat diwakili Syopita Yenuris, Lurah Subarang Batung Gusmardi, Ketua Kelompok Tani Al Falah Indra Mardion beserta anggota kelompok, tokoh masyarakat dan sejumlah undangan lainnya.

Kadis Peternakan Sumbar M.Kamil dan Walikota Payakumbuh Riza Falepi saat memberikan sambutan sama-sama memberikan apresiasi pada kedua kelompok ini yang telah mampu dan berhasil maju ke tingkat nasional bahkan masuk nominasi 5 besar, hal ini menjadi kebanggan tersendiri bagi kita khususnya Kota Payakumbuh umumnya Sumatera Barat karena dua Keltan sekaligus maju di tingkat nasional, ujar keduanya.

Lebih jauh Walikota Riza Falepi menyebutkan pembangunan peternakan di Kota Payakumbuh diarahkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat dengan pengembangan peternakan rakyat, salah satunya yaitu dengan penguatan kelompok.

Komitmen Pemko Payakumbuh dalam pembangunan sektor peternakan menjadi prioritas karena daerah ini juga menjadi sentra peternakan Sumbar, mulai dari benih sampai pengolahan hasil hingga produksi ada di Payakumbuh. Mudah-mudahan kedua Keltan ini baik Al Falah sebagai pengelola sapi potong maupun KWT Melati Putih peternak Itik akan keluar menjadi terbaik nasional nantinya, simpul Walikota.

Ketua Tim Penilai Wignyo Sadwoko mengaku puas atas penyambutan tuan rumah yang begitu luar biasa dan sangat meriah selain disambut dengan tari galombang juga dihibur dengan orgen tunggal.

Selain itu dikatakannya tujuan dilakukan penilaian ini adalah untuk memberikan apresiasi pemerintah terhadap inovasi, kreativitas kelompok tani menuju peternak yang baik dan efisien sekaligus diharapkan sebagai pelaku utama di Indonesia, ujarnya.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Al Falah Indra Mardion memaparkan dihadapan tim penilai  seputar perkembangan Keltan Al Falah yang dipimpinnya dengan anggota sebanyak 17 orang, berdiri tahun 2008 dengan 26 ekor sapi, sekarang berjumlah 113 ekor sapi

Sekarang berkat adanya bantuan dari Pemprov.Sumbar dan pembinaan-pembinaan yang dilakukan baik Dinas Peternakan Kota Payakumbuh maupun Dinas Peternakan Propinsi ,bila dinilai dengan omzet/transaksi mencapai hamper Rp.1 Milyar.dan 80 % hasil penjualan sudah dapat meningkatkan ekonomi anggota kelompok, terang Mardion.

Ditambahkannya di Al Falah juga telah dilakukan vermentasi jerami untuk pakan ternak sapi, kemudian kotoran sapi juga diolah menjadi pupuk organic, perkawinan sapi dilakukan dengan sistim IB.simpulnya.

Usai serimonial penyambutan tim beserta rombongan meninjau langsung lokasi pengolahan Sapi Keltan Al Falah  dan dilanjutkan peninjauan ke KWT Melati Putih di Ampangan Payakumbuh Selatan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tidak Memiliki BPJS,Petani Nira Di Batu Bulat Yang Tersambar Petir Kesulitan Untuk Biaya Pengobatan

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Pasca Tersambar Petir Minggu 25/05/2021,Petani nira di Nagari Batu Bulat Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar tidak memiliki BPJS dan kesulitan untuk biaya pengobatan di RSUD M.Djamil Padang.
- Advertisement -

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Tim Yustisi Penegak Perda Kota Payakumbuh Gelar Razia

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Razia yang dilakukan Tim Yustisi penegakan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru terus dilaksanakan di Payakumbuh, mengingat saat ini kasus Covid-19 terus meningkat.
- Advertisement -

Gustami Hidayat, terpilih secara aklamasi dalam Musprov PTMSI

Padang,BeritaSumbar.com,-Gustami Hidayat terpilih memimpin PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) Sumatera Barat Periode 2021-2025 pada hari rabu, 4 Mei 2021 di Aula Gubernur Sumbar. Dalam Musyawarah Provinsi ini turut hadir perwakilan PB PTMSI dn Koni Sumbar serta pengcab kabupaten/kota.

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Peduli Petani, Pemkab Sijunjung Beri Bantuan 173 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 173 unit alat mesin pertanian (alsintan) diserahkan kepada kelompok tani di Kabupaten Sijunjung guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut. Alsintan itu...

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Shelia Band, Anak Petani Bawang di Alahan Panjang Rilis Lagu Satu Cinta

Anak-anak petani bawang di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat mendirikan grup musik bernama Shelia Band. Meskipun berada di daerah minim fasilitas bermusik, tak jadi kendala bagi mereka untuk berkarya. Terbukti dengan peluncuran single perdana mereka yang berjudul Satu Cinta, dirilis pada Selasa, 27 April 2021 di channel Youtube Trinswara Record.

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Lewat Safari Ramadhan, Padang Pariaman Jalin Silaturrami-Sosialisasikan Program Pemerintah Ke Masyarakat

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tim Safari Ramadhan Pemkab Padang Pariaman pada Rabu, (21/4) serentak berakhir melakukan kunjungan ke masjid atau musholla untuk melaksanakan Qiamuramadhan selama...
- Advertisement -