25 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Distan Padang Panjang Bantu Masyarakat Bibit Cabe
D

Kategori -

Padang Panjang – Dinas Pertanian Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) akan memberikan bantuan bibit cabe kepada masyarakat untuk 20 hektar lahan pertanian di daerah itu.

“Bantuan tersebut dalam rangka menanggulangi inflasi yang disebabkan oleh cabe selama ini,” kata Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Panjang, Candra, Rabu.

Dia mengatakan, inflasi perekonomian di Padang Panjang lebih banyak disumbangkan oleh harga cabe yang jauh melambung dan bertahan cukup lama.

Selain menanggulangi inflasi, bibit cabe yang diberikan kepada masyarakat tersebut kata dia, nantinya akan ditanam pada lahan pertanian yang kosong oleh petani setelah masa panen.

“Dari pada kosong, kita akan memaksimalkan lahan pertanian tersebut dengan tanaman palawija dan holtikultura untuk menambah pemasukan bagi petani,” kata dia.

Ia mengatakan, optimalisasi lahan pertanian merupakan langkah yang tepat untuk mendukung program pemerintah pusat dalam hal ketahanan pangan, sehingga tidak ada interval waktu dengan mengosongkan lahan pertanian tersebut.

Kalau ada interval di lahan pertanian dengan mengosongkannya beberapa bulan dengan alasan tertentu petani sebut dia, akan rugi dalam segi waktu yang seharusnya bisa dimaksimalkan dengan tanaman yang berbeda.

“Bercocok tanam bisa bertambah dari yang sebelumnya dalam setahun, sehingga kondisi tanah yang menjadi lahan pertanian-pun bisa pugar,” jelasnya.

Ia menyebutkan, selama ini lahan pertanian masyarakat masih ada yang dikosongkan pasca panen, karena kendala diberbagai hal.
“Kendala masyarakat selam ini ada dari segi irigasi dan ada juga dari paradigma petani itu sendiri,” katanya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, optimalisasi lahan yang direncanakan Pemkot Padang Panjang tersebut akan berjalan dengan memperbaiki sejumlah sarana dan prasarana pertanian serta bantuan kepada petani, tremasuk bibit cabe.

Petani Kota Padang Panjang, Marsal, menyambut baik upaya Pemkot Padang Panjang melalui Dinas Pertanian dengan bantuan bibit cabe tersebut dalam rangkan mengoptimalkan lahan pertanian.

“Selama ini, kami kurang inovasi, maka dengan adanya program pemerintah ini, apalagi dibantu dengan bibit tanaman akan bisa menambah produktivitas dari lahan pertanian itu,” ujarnya.

 

Antara / **/ben
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.
- Advertisement -

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -