25 C
Padang
Rabu, Desember 7, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dinas Pendidikan Payakumbuh Adakan Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Mulok
D

Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, menyelenggarakan kegiatan pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum muatan lokal (mulok) bagi guru kelas 1 dan guru kelas 4 se Kota Payakumbuh. Kegiatan ini berlangsung di aula SMAN 2 Payakumbuh, selama 2 hari, dari Selasa (22/11) hingga Rabu (23/11).

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh, BeritaSumbar.com,- Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, menyelenggarakan kegiatan pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum muatan lokal (mulok) bagi guru kelas 1 dan guru kelas 4 se Kota Payakumbuh. Kegiatan ini berlangsung di aula SMAN 2 Payakumbuh, selama 2 hari, dari Selasa (22/11) hingga Rabu (23/11).

Keterangan Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dasril, kepada BeritaSumbar.com, menyebutkan bahwa pada hari pertama diikuti sebanyak 124 guru kelas 1, dan hari kedua dihadiri sebanyak 120 guru kelas 4.

Pejabat Walikota Payakumbuh, Rida Ananda, mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan ini akan memotivasi para guru agar mengikuti kegiatan penyusunan mulok itu secara benar dan bersungguh-sungguh.

“Sebab, kunci utama penyiapan generasi muda untuk masa mendatang terletak di tangan para guru. Dengan demikian, gurulah yang bisa melahirkan kebijakan untuk kemajuan pendidikan yang berorientasikan kepada pencerdasan anak bangsa,” ujar Rida.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Dasril, berpendapat, mulok penting dalam mengimplementasikan adat basandi syarak, sarak basandi Kitabullah di sekolah sebab sekolah adalah pusat pelestarian budaya.

“Pembelajaran adat dan budaya Minang dapat terlaksana dengan baik di sekolah sebagai bekal bagi generasi muda, sehingga generasi muda kita lebih memahami adat dan budaya Minang  sesuai dengan ABS SBK,” kata Dasril.

Dasril juga berharap agar para guru  menerapkan kurikulum merdeka melalui mata pelajaran mulok yang disusun rapi untuk perangkat pembelajaran sesuai potensi daerah.

Sekadar diketahui, produk yang dihasilkan dari penyusunan itu adalah berupa silabus yang dirancang oleh tim sehingga lahirlah perangkat pembelajaran berupa modul ajar, bahan ajar, dan penilaian pembelajaran kurikulum mulok sampai tahun pelajaran  berakhir. Lahirnya perangkat tersebut dapat diimplementasikan para guru kelas 1 dan para guru kelas 4 dalam memberikan pembelajaran kepada para siswanya. (sas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img