28.7 C
Padang
Kamis, Mei 13, 2021
Beritasumbar.com

Beredar Informasi Ada Pulau di Jual, Ini Komentar LIMAPIA
B

Kategori -

Pariaman, BeritaSumbar.com,- Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan sebuah gabungan dari ribuan pulau yang menghampar dilintasan Khatulistiwa. Masing Sangat banyak pulau pulau kecil yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pemasukan masyarakat sekitar. Dengan kata lain mampu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Dalam beberapa hari belakangan ini kembali beredar informasi ada pulau di Kabupaten Kepulauan Mentawai dijual. Informasi itu beredar di website https://www.privateislandsonline.com/ , Seperti dikutip dari media online kumparan,

Penawaran dijualnya pulau yang berlokasi sekitar 25 kilometer sebelah utara Tuapejat itu ditampilkan dalam situs https://www.privateislandsonline.com/Dalam deskripsi penawaran di situs, Pulau Pananggalat salah satu pulau paling cantik untuk olahraga surfing di dunia. Dan juga menjadi rumah bagi hampir seluruh peselancar terkenal di dunia.Situs itu juga menuliskan bahwa jarak tempuh menuju pulau dengan mengendarai kapal cepat membutuhkan waktu 25 menit. Pulau itu bersebelahan dengan Pulau Karangmajat yang terdapat resort dan Villa Kandui.

Pulau A-Frames (nama asli, “Pulau Panangalat”) terletak 25 kilometer sebelah utara ibu kota Mentawai (Tua-Pejat) yang kita sama-sama tahu pulau tersebut sangat indah dan menarik bagi masyarakat yang mempunyai hobi berselancar dan selain itu pulau tersebut mampunya menjadi pulau yang menarik wisata dalam negeri maupun luar negeri untuk income daerah yang dikelola pemerintah dan dikembali kepada masyarakat sesuai Undang-undang 1945 pasal 33 ayat 3. Ujar Rahman dari LIMAPIA kepada BeritaSumbar.Com pada Rabu 10/2 pagi.

Rahman selalu sekum Lingkaran Mahasiswa Piaman (LIMAPIA) mengatakan UU 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil hanya memberikan masyarakat atau perusahaan diberikan kekuasaan untuk mengelola potensi-potensi alam tersebut bukan menjual karena itu semua akan berlawanan dan melemah konstitusi yang kita junjung tinggi dalam berbangsa dan bernegara.

Lalu ia menambahkan ketika pulau satu persatu mulai di bolehkan untuk diperjual belikan maka ada kemungkinan masyarakat yang tinggal baik di daratan dalam suatu pulau ataupun masyarakat yang tinggal di dekat pesisir pantai akan terkena dampak yang sangat merugikan baik cepat atau lambat. ” Ujarnya.

Aldino ketua LIMAPIA pun mengatakan sebaiknya pemerintah pusat dan pemerintah daerah melakukan upaya hal-hal untuk mengelola potensi pulau-pulau yang ada dibangsa ini dan bekerjasama dengan masyarakat sekitar untuk mengelola dan mempromosikan pulau tersebut menjadi banyak wisatawan yang berkunjung dan yang berujung mendapatkan keuntungan baik masyarakat maupun pemerintah daerah bukan dengan dijual pulau tersebut baik kepada warga negara asing ataupun kepada pihak swasta.

Rahman menutup statement memohon kepada bapak Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan bersama stahakeholder pemerintah pusat, menteri-menteri terkait. Serta pemerintah daerah dan dinasnya untuk mengelola dan mengembangkan potensi pulau yang ada di Indonesia khususnya pulau Frames (nama asli, “Pulau Panangalat”) terletak 25 kilometer sebelah utara ibu kota Mentawai (Tua-Pejat) bersama masyarakat untuk menghasilkan income pada masyarakat dan pemerintah. Rahman juga meminta kepada lembaga hukum segera memproses usut tuntas oknum yang diduga ingin menjual pulau tersebut baik untuk kepentingan pribadi maupun kelompok hal ini jelas telah melangkahi konstitusi kita dalam berbangsa dan bernegara.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wako Izinkan Sholad Id Di Masjid Atau Lapangan

Payakumbuh --- Menindaklanjuti Surat Edaran baru Gubernur Sumatera Barat Nomor : 09/Ed/GSB-2021 Tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 (Covid-19) Di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, Wali kota Riza Falepi menyampaikan membolehkan warganya untuk shalat idul Fitri sepanjang tidak membahayakan kondisi lingkungan, artinya sepanjang daerah yang melaksanakan beresiko rendah
- Advertisement -

Tim KRYD Polres Dan Tim 7 Pemko Payakumbuh Lebih Intensif Dalam Razia Yustisi Prokes Dan Pelanggaran Perda Lainnya

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pada minggu terakhir bulan ramadhan 1442 H tahun ini, Tim Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) merupakan Tim khusus yang dibentuk polres yang personilnya gabungan dari beberapa satuan kerja di Polres Payakumbuh. Dalam pelaksanaan operasi yustisi penegakan hukum protokol kesehatan, tim ini bekerja sama dengan Satpol PP payakumbuh.

Program Rumah Sakit Peduli Dari RSUD Sijunjung Direspon Positif Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Program Rumah Sakit Peduli yang diluncurkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung mendapat respon positif dari masyarakat sekitarnya, yang mana kepedulian para...
- Advertisement -

Azwar Siri Ketum LPPKI Mengecam Tindakan Oknum Debt Colektor yang Melakukan Upaya Paksa

Padang,BeritaSumbar.com,- Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) melalui Ketua Umumnya Azwar Siri.SH mengecam tindakan oknum puluhan Debt Colektor yang mengepung anggota TNI AD Serda Nurhadi anggota Babinsa Semper Timur Kodim 0502 Jakut yang sedang membantu warga nyetir mobil di Tol Koja Barat Jakut pada hari kamis 6 Mei 2021 sebagaimana video yang viral dan beredar luas dikalangan medsos. Hal tersebut disampaikannya saat berbincang-bincang dengan awak media di Kantor Advokatnya di Padang Sumatera Barat pada Minggu 9/5/2021.

Tim KRYD Polres Dan Tim 7 Pemko Payakumbuh Lebih Intensif Dalam Razia Yustisi Prokes Dan Pelanggaran Perda Lainnya

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pada minggu terakhir bulan ramadhan 1442 H tahun ini, Tim Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) merupakan Tim khusus yang dibentuk polres yang personilnya gabungan dari beberapa satuan kerja di Polres Payakumbuh. Dalam pelaksanaan operasi yustisi penegakan hukum protokol kesehatan, tim ini bekerja sama dengan Satpol PP payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Gandeng Pokdarkantibmas, Polres Pariaman Berbagi Takjil dan Masker

Pariaman, beritasumbar.com. Polres Pariaman bergandengan dengan Lembaga Pokdarkantibmas melakukan pembagian Takjil & Masker kepada pengendara yang melintasi ruas jalan di Depan Mapolres Pariaman, Sabtu 8/5/21.

Tim Mata Elang Ringkus Pelaku Narkoba

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Tim Opsnal Mata Elang Sat Resnarkoba Polres Pariaman kembali berhasil meringkus seorang pelaku penyalahgunaan narkoba jenis sabu inisial AP (33) di Desa Palak Aneh, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman. Rabu 5/5/2021 sekira pukul 23:00 WIB

Operasi Ketupat Singgalang 2021 Dimulai, Genius Pimpin Apel Pasukan

Pariaman.beritaSumbar.com,- Sepekan jelang pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1442 H Tahun 2021, Polres Pariaman laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 di Halaman Mapolres Pariaman, Rabu (5/5/2021).

Satlantas Polres Pariaman Amankan pelaku Balap Liar

Pariaman, beritasumbar.com,-Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pariaman kembali amankan puluhan kendaraan roda dua yang ditunggangi para Anak Baru Gede (ABG) yang hendak melakukan aksi balap liar di kawasan By Pass Kota Pariaman,Sabtu (malam) 17/4/2021.

Aktivis LIMAPIA Kecam Oknum Penyalahgunaan Jabatan di Sumbar

Indonesia pada tahun 2020 terjadi bencana yang sangat mempengaruhi siklus pertumbuhan baik di ekonomi untuk mensejahterakan masyarakat sampai kepada hal pendidikan sebagai generasi penerus negara untuk bersaing dengan bangsa lainnya, tentunya hal ini tidak menjadi keinginan bersama. Oleh karena itu pemerintah pusat sampai kepada lembaga-lembaga lain bekerjasama mempercepat penanganan untuk keluar kasus corona ini.

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...

LIMAPIA Minta SKB 3 Menteri Direvisi

kasus demi kasus dalam dunia pendidikan mulai terviralkan khususnya terjadi pada salah satu sekolah yang berada di provinsi sumatra Barat yang dikabarkan bahwa seorang peserta didik mendapatkan perlakuan yang seharusnya tidak didapatkannya.

Kadis Kominfo Kota Pariaman Datangi Kantor PWI Pariaman

Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pariaman berkunjung silaturahmi ke Kantor PWI Kota Pariaman, Selasa 9/2/2021.

IMM Pariaman dan Padang Pariaman Peduli Korban Banjir Solok

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman melaksanakan aksi sosial peduli terhadap korban banjir Solok. Kegiatan aksi sosial itu dilaksanakan di jalan protokol Kota Pariaman, Senin, 18 Januari 2021.

LIMAPIA Gelar Diskusi Dan Bedah film Bersama HMI, XTC Dan Institut Petarung

Sabtu (9/1) Malam Minggu lingkaran mahasiswa Piaman (LIMAPIA) mengadakan diskusi dan bedah film bersama Kawan-kawan HMI, XTC, Institut petarung untuk mengembalikan budaya literasi di kalangan pemuda dan mahasiswa agar generasi penerus bangsa (Iron Box).
- Advertisement -