25.3 C
Padang
Kamis, September 23, 2021
Beritasumbar.com

Bappeda Sumbar Gelar FGD di Payakumbuh Timur untuk Susun Profil Daerah Irigasi Batang Agam
B

Payakumbuh, BeritaSumbar – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumatera Barat menggelar fokus grup diskusi (FGD) dalam rangka penyusunan profil sosial ekonomi teknik kelembagaan (PSETK) daerah Irigasi Batang Agam dan Batang Tabik.

Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat melalui Kepala Bidang Ekonomi dan PW, Winni S mengatakan kegiatan yanh dilangsungkan di Aula Kantor Camat Payakumbuh Timur pada Kamis (19/11) hingga Jumat (20/11) dalam rangka menyusun PSETK yang merupakan salah satu instrumen penting dalam perencanaan program maupun kebijakan pengelolaan irigasi dan pertanian di tingkat daerah irigasi (DI) maupun kota/kabupaten, provinsi dan nasional.

“FGD ini merupakan kelanjutan dari tahapan penyusunan PSETK daerah irigasi yang sudah dimulai dari sosialisasi dan penelusuran jaringan irigasi dengan melibatkan petani pemakai air (P3A), gabungan P3A, penjaga pintu air, juru pengairan, penyuluh pertanian, tenaga pendamping masyarakat (TPM), pemerintah kelurahan dan kecamatan, pengamat, serta OPD terkait,” kata dia, Kamis (19/11).

Ia mengatakan peserta FGD diharapkan mengkoreksi dan menyempurnakan dokumen awal PSETK daerah irigasi yang telah disusun dan akan dipresentasikan oleh Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) setempat.

“Silahkan bapak dan ibu mengoreksi dokumen PSETK yang disusun Pak Okto dan rekan-rekan TPM Daerah Irigasi Batang Agam. Masukan akan sangat berarti demi kesempurnaan dokumen tersebut yang akan menjadi acuan dalam menetapkan perencanaan pembangunan irigasi dan pertanian kita kedepan,” sebutnya.

Sementara koordinator TPM Daerah Irigasi Batang Agam Oktorinda Ekasa Putra dalam paparannya mengungkap sejumlah persoalan penting menyangkut daerah irigasi Batang Agam yang dibagi kedalam kelompok fisik, sosial, ekonomi, teknik dan kelembagaan.

“Irigasi Batang Agam ini sudah dibangun sejak zaman kolonial belanda, tepatnya tahun 1926 dan bertahan sampai sekarang. Mengingat umur yang sudah begitu tua, maka wajar jika secara fisik banyak kekuranan seperti kebocoran dibeberapa titik. Ini kita temukan saat penelusuran jaringan irigasi beberapa waktu lalu dan sudah kami masukan dalam usulan perbaikan ke pemerintah provinsi,” ujarnya.

Okto juga mengungkapkan bahwa disamping usia, prilaku sosial warga sekitar daerah irigasi juga mempengaruhi tingkat kerusakan jaringan.

“Perilaku membuang sampah ke salurah irigasi, pencurian air irigasi dengan cara melobangi saluran untuk kepentingan pribadi tanpa berkoordinasi dengan petugas juga punya andil besar yang menyebabkan saluran irigasi kita rusak dan bobol. Hal itu jelas mempengaruhi jumlah debit air dan luas jangkauan jaringan,” bebernya.

Sementara Ketua P3A Sepakat Kelurahan Koto Panjang Payobasung Zulkifli tidak menampik data diatas. Pihaknya justru meminta ketegasan aparat untuk menindak warga yang membuang sampah serta mencuri air dari saluran irigasi tanpa izin tersebut.

“Aksi pencurian air tidak bisa dibenarkan, hal itu merusak kesepakatan yang sudah lama dijalankan berupa waktu pembagian air dimasing-masing kelurahan. Jika ada yang tetap mencuri air diluar jatah waktu mereka, kami berharap hal ini ditertibkan atau ditindak,” ujar Zulkifli.

Adapun pengurus Kelompok Tani Koto Saiyo Kelurahan Payobasung Pendi mengatakan bahwa kebocoran saluran irigasi juga disebabkan mutu coran disaluran irigasi kurang memadai sehingga bisa dirusak oleh kepiting yang biasa bersarang disaluran tersebut.

“Jika pengecoran dibuat lebih kuat dan sesuai takaran, maka kepiting tidak bisa melobangi atau merusak saluran itu,” jelas Pendi.

Menanggapi berbagai kelurahan tersebut, Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi mengatakan untuk menjaga saluran irigasi perlu peran aktif seluruh pihak, terutama petani dan warga penerima manfaat irigasi. Mereka diminta turut mengawasi, menjaga dan memelihara saluran tersebut dari setiap tindakan yang berpotensi merusak jaringan.

“Saya kira masyarakat perlu dilibatkan secara aktif dalam pengawasan dan pemeliharaan saluran. Jika memungkinkan, pekerjaan perbaikan atau pengecoran saluran irigasi yang bocor diserahkan kepada pengurus P3A atau kelompok tani setempat, agar kualitas coran bisa dijaga,” usul Camat Irwan.

Dikatakan, usul tersebut bisa direalisasikan mengingat aturan pengadaan barang dan jasa membolehkan pelibatan kelompok masyarakat melakukan pekerjaan melalui swakelola.

“Kalau sudah di swakelolakan ke mereka memperbaiki saluran irigasi untuk sawah mereka sendiri, mudah-mudahan mutu pekerjaan bisa terjaga dan lebih baik sebagaimana disinggung Saudara Pendi tadi,” pungkas Camat Irwan.

Selain Bappeda Provinsi dan TPM Daerah Irigasi Batang Agam, turut bertindak selaku pemapar dalam FGD tersebut sejumlah perwakilan instansi atau lembaga diantaranya Konsultan Institutional Strengtherning In Agriculture and Irrigation (ISAI) Regional 2 Suresman Riad, Dinas PSDA Provinsi Mawardi, dan Dinas Pertanian Provinsi Afnelli. (rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Warga Pasaman Diminta Kritis Hadapi Konten Daring

Pasaman,BeritaSumbar.com, — Dosen Komunikasi UPNVJ, Rut Rismanta Silalahi mengajak warga Kabupaten Pasaman, Sumbar untuk berpikir kritis ketika berinteraksi dengan konten daring.
- Advertisement -

Pimpin Apel Operasi Patuh Singgalang 20201, Ini Pesan Wakapolres Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakapolres Sijunjung Kompol Syahrul Chan SH memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Singgalang 2021 di Mapolres setempat, Senin (20/9). Wakapolres membacakan amanat tertulis...

Diduga Lakukan Penganiayaan Berat, 4 Pria Ini Dibekuk Tim Gagak Hitam

Padang Pariaman ,BeritaSumbar.com,- Tim Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman gabungan dengan anggota Polsek Batang Anai dan Polsek Lubuk Alung berhasil menangkap pelaku yang diduga melakukan penganiayaan berat yang dilakukan oleh empat orang bersama-sama, pelaku tersebut inisial AJH (30), RAA (23), YA (18), dan RYP (18). Keempat pelaku itu ditangkap di Durian Tarung, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, pada Jumat 17/9/2021 sekira pukul 18:00 WIB.
- Advertisement -

Literasi Digital di Agam, Ini Kata Kepsek SMAN 1 Palembayan

Agam,BeritaSumbar.com, — Kepala SMAN 1 Palembayan, Kabupaten Agam, Harpizon Astani menyebut kebebasan berekspresi yang termaktub dalam pasal 28 UUD 45 dan merupakan hak azasi manusia.

Pemko Bukittinggi Goro Bersama Bersihkan Gorong-Gorong Pasar Bawah

Bukittinggi, beritasumbar.com - Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi menggelar aksi gotong-royong (goro) bersama masyarakat pedagang Pasar Bawah membersihkan gorong-gorong disekitar pasar tersebut, Kamis (16/9/2021). "Seluruh Kepala...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Positif Covid-19 dan Empat Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Perkembangan kasus Covid-19 Kota Payakumbuh terus melandai dari hari kehari. Dimana sampai Jumat(17/09) kasus aktif virus corona tinggal 49 kasus.

Hadiri Pisah Sambut Dandim 0306/50 Kota, Ketua DPRD Hamdi Agus : Selamat Jalan Letkol Ferry, Selamat Datang Letkol Denny

Payakumbuh,Beritasumbar.com,- Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus hadir dalam malam pisah sambut Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0306/50 Kota yang baru dengan yang lama yang diselenggarakan di Balaikota Payakumbuh, Senin (14/9) malam.

Perda APBD Perubahan Kota Payakumbuh TA 2021 Disahkan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Payakumbuh Tahun Anggaran 2021 disahkan menjadi Peraturan Daerah dalam rapat paripurna di ruang sidang rapat paripurna DPRD setempat, Sabtu (11/9).

Pemerintah Kota Payakumbuh Terus Dorong Petani Bawang Untuk Produktif Di Tengah Pandemi Covid-19

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memanen bawang bersama Kelompok Tani Kosiak, di Lingkungan Payolinyam, Kelurahan Tigo Koto Dibaruah, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kamis (2/8).

Wali Kota Tangguhkan Rencana Bangun Hotel Di Bukik Sibaluik, Ini Alasannya

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi terpaksa menangguhkan atau menunda rencana gedung eks balai kota Bukik Sibaluik Ngalau untuk dibangun sebagai hotel.

September Vaksin Moderna Mulai Diberikan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Bulan September ini vaksin Covid-19 Moderna akan mulai diberikan, Dimana rencana awalnya vaksin ini hanya akan diberikan untuk tenaga kesehatan (nakes) saja sebagai booster, namun karena cukup tersedia maka juga diberikan untuk masyarakat, tapi dalam jumlah terbatas.

Layanan SAYANG AMAKKU Dilaunching, Masyarakat Tak Perlu Enggan Datang Ke Kantor DPRD Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sekretariat DPRD Kota Payakumbuh melaunching program inovatif bernama SAYANG AMAKKU (SArana laYAnan peNGaduan dan Aspirasi MasyarAKat Kota payakUmbuh), inovasi ini baru ada satu-satunya di Provinsi Sumatera Barat.

Limbukan, termasuk Kampung Tangguh Perumnas Kubang Gajah Jadi Zona Merah Covid-19, Ini Kata Wali Kota Riza Falepi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pencegahan Covid-19 tidak boleh dianggap enteng, peningkatan kasus dan meninggal dunia di Kota Payakumbuh bahkan pada minggu kedua agustus kemaren mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Ketua DPRD Hamdi Agus Sampaikan Duka Cita Atas Wafatnya Mantan Wagub Nasrul Abit

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas wafatnya mantan Wakil Gubernur Sumatera Barat H. Nasrul Abit Dt. Malintang Panai, sekitar pukul 01.39 WIB dini hari setelah dirawat di RSUP M Djamil Padang, Sabtu (28/8).

Satpol PP Kota Payakumbuh Serahkan Bantuan Bola Dan Net Voli Untuk kegiatan Kepemudaan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Untuk menekan angka kenakalan remaja dan menjaga ketertiban umum di Kota Payakumbuh, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Payakumbuh menyerahkan bantuan 40 net dan Bola Voli untuk kegiatan kepemudaan kepada masyarakat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -