23 C
Padang
Kamis, Maret 4, 2021
Beritasumbar.com

Bappeda Sumbar Gelar FGD di Payakumbuh Timur untuk Susun Profil Daerah Irigasi Batang Agam
B

Payakumbuh, BeritaSumbar – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumatera Barat menggelar fokus grup diskusi (FGD) dalam rangka penyusunan profil sosial ekonomi teknik kelembagaan (PSETK) daerah Irigasi Batang Agam dan Batang Tabik.

Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Barat melalui Kepala Bidang Ekonomi dan PW, Winni S mengatakan kegiatan yanh dilangsungkan di Aula Kantor Camat Payakumbuh Timur pada Kamis (19/11) hingga Jumat (20/11) dalam rangka menyusun PSETK yang merupakan salah satu instrumen penting dalam perencanaan program maupun kebijakan pengelolaan irigasi dan pertanian di tingkat daerah irigasi (DI) maupun kota/kabupaten, provinsi dan nasional.

“FGD ini merupakan kelanjutan dari tahapan penyusunan PSETK daerah irigasi yang sudah dimulai dari sosialisasi dan penelusuran jaringan irigasi dengan melibatkan petani pemakai air (P3A), gabungan P3A, penjaga pintu air, juru pengairan, penyuluh pertanian, tenaga pendamping masyarakat (TPM), pemerintah kelurahan dan kecamatan, pengamat, serta OPD terkait,” kata dia, Kamis (19/11).

Ia mengatakan peserta FGD diharapkan mengkoreksi dan menyempurnakan dokumen awal PSETK daerah irigasi yang telah disusun dan akan dipresentasikan oleh Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) setempat.

“Silahkan bapak dan ibu mengoreksi dokumen PSETK yang disusun Pak Okto dan rekan-rekan TPM Daerah Irigasi Batang Agam. Masukan akan sangat berarti demi kesempurnaan dokumen tersebut yang akan menjadi acuan dalam menetapkan perencanaan pembangunan irigasi dan pertanian kita kedepan,” sebutnya.

Sementara koordinator TPM Daerah Irigasi Batang Agam Oktorinda Ekasa Putra dalam paparannya mengungkap sejumlah persoalan penting menyangkut daerah irigasi Batang Agam yang dibagi kedalam kelompok fisik, sosial, ekonomi, teknik dan kelembagaan.

“Irigasi Batang Agam ini sudah dibangun sejak zaman kolonial belanda, tepatnya tahun 1926 dan bertahan sampai sekarang. Mengingat umur yang sudah begitu tua, maka wajar jika secara fisik banyak kekuranan seperti kebocoran dibeberapa titik. Ini kita temukan saat penelusuran jaringan irigasi beberapa waktu lalu dan sudah kami masukan dalam usulan perbaikan ke pemerintah provinsi,” ujarnya.

Okto juga mengungkapkan bahwa disamping usia, prilaku sosial warga sekitar daerah irigasi juga mempengaruhi tingkat kerusakan jaringan.

“Perilaku membuang sampah ke salurah irigasi, pencurian air irigasi dengan cara melobangi saluran untuk kepentingan pribadi tanpa berkoordinasi dengan petugas juga punya andil besar yang menyebabkan saluran irigasi kita rusak dan bobol. Hal itu jelas mempengaruhi jumlah debit air dan luas jangkauan jaringan,” bebernya.

Sementara Ketua P3A Sepakat Kelurahan Koto Panjang Payobasung Zulkifli tidak menampik data diatas. Pihaknya justru meminta ketegasan aparat untuk menindak warga yang membuang sampah serta mencuri air dari saluran irigasi tanpa izin tersebut.

“Aksi pencurian air tidak bisa dibenarkan, hal itu merusak kesepakatan yang sudah lama dijalankan berupa waktu pembagian air dimasing-masing kelurahan. Jika ada yang tetap mencuri air diluar jatah waktu mereka, kami berharap hal ini ditertibkan atau ditindak,” ujar Zulkifli.

Adapun pengurus Kelompok Tani Koto Saiyo Kelurahan Payobasung Pendi mengatakan bahwa kebocoran saluran irigasi juga disebabkan mutu coran disaluran irigasi kurang memadai sehingga bisa dirusak oleh kepiting yang biasa bersarang disaluran tersebut.

“Jika pengecoran dibuat lebih kuat dan sesuai takaran, maka kepiting tidak bisa melobangi atau merusak saluran itu,” jelas Pendi.

Menanggapi berbagai kelurahan tersebut, Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi mengatakan untuk menjaga saluran irigasi perlu peran aktif seluruh pihak, terutama petani dan warga penerima manfaat irigasi. Mereka diminta turut mengawasi, menjaga dan memelihara saluran tersebut dari setiap tindakan yang berpotensi merusak jaringan.

“Saya kira masyarakat perlu dilibatkan secara aktif dalam pengawasan dan pemeliharaan saluran. Jika memungkinkan, pekerjaan perbaikan atau pengecoran saluran irigasi yang bocor diserahkan kepada pengurus P3A atau kelompok tani setempat, agar kualitas coran bisa dijaga,” usul Camat Irwan.

Dikatakan, usul tersebut bisa direalisasikan mengingat aturan pengadaan barang dan jasa membolehkan pelibatan kelompok masyarakat melakukan pekerjaan melalui swakelola.

“Kalau sudah di swakelolakan ke mereka memperbaiki saluran irigasi untuk sawah mereka sendiri, mudah-mudahan mutu pekerjaan bisa terjaga dan lebih baik sebagaimana disinggung Saudara Pendi tadi,” pungkas Camat Irwan.

Selain Bappeda Provinsi dan TPM Daerah Irigasi Batang Agam, turut bertindak selaku pemapar dalam FGD tersebut sejumlah perwakilan instansi atau lembaga diantaranya Konsultan Institutional Strengtherning In Agriculture and Irrigation (ISAI) Regional 2 Suresman Riad, Dinas PSDA Provinsi Mawardi, dan Dinas Pertanian Provinsi Afnelli. (rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tugas Perdana Marfendi Jadi Wawako Bukittinggi, Hadiri Acara PIF

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wakil wali kota Bukittinggi, Marfendi menghadiri acarakomunitas pencinta Pajero Indonesia Family (PIF) Ranah Minang Chapter (RMC) pada hari pertamanya menjabat sebagai...
- Advertisement -

Chris Noel Peraih Rekor MURI Direkrut Indonesia Records

Chris Noel, remaja kelahiran Jakarta 26 Januari 2006 tak sekadar memiliki wajah yang tampan

KPUD Padang Pariaman Gelar Rapat Evaluasi Pilkada 2020

Padang pariaman,BeritaSumbar.com,- Dengan telah usainya pelaksanaan pemilihan kepada daerah serentak 2020, KPUD Padang Pariaman Gelar rapat evaluasi pelaksanaan pilkada. Rapat tersebut digelar selama dua hari di salah satu hotel di Kota Bukittinggi.
- Advertisement -

PD PII Padang Dilantik; SKB 3 Menteri Kembali Menuai Tantangan

Polemik SKB tiga Menteri kembali menuai tantangan berat dari berbagai elemen di Sumatera Barat, selain tokoh ulama dan tokoh adat; saat ini juga di...

UPZ Nagari Se Kecamatan Ulakan Tapakih Dilantik

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih dilantik oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Padang Pariaman Dr. Rahmat Tk. Sulaiman, Rabu (3/3) di Aula Kantor Ulakan Tapakih. Hadir dalam acara pelantikan, semua wakil ketua BAZNAS sebanyak 4 orang yaitu Fakhri Zaki, Masri Chan, Zulfahmi dan Zulherman. Plt. Camat Ulakan Tapakih Syafruddin, Plt. Kapolsek Nan Sabaris Iptu. Zulkarnaini, Kanit Sabhara Ipda. Junaidi Salat, SH. Danramil 07/PK diwakili oleh Serda Zainal Arifin, KUA Kecamatan, Kasi Trantib Anesa Satria dan Wali Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Target Vaksinasi Melebihi Penduduk, Dinkes Padang Panjang Pertanyakan Data Pemprov Sumbar

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pelaksanaan vaksinasi tahap II yang menyasar petugas publik, Pemrov Sumbar  memberikan target kepada Pemko Padang Panjang  dengan sasaran sebanyak 59.516...

90 vial Vaksin Tahap II Tiba di Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dengan pengawalan ketatat anggota Satuan Brimobda Sumbar Yon B Pelopor Padang Panjang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh kembali menerima 90 vial vaksin Covid-19 untuk tahap II dan langsung disimpan di Gudang Instalasi Farmasi Dinkes Kelurahan Ibuh, Selasa (02/03) siang.

Ujian Akhir Sekolah SD dan SMP Di Payakumbuh Bakal Dilaksanakan 29 Maret Sampai 1 April 2021

Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan. Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan tahun 2021, maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, di Payakumbuh hanya melaksanakan ujian akhir sekolah (UAS) saja.

HUT Damkar Di Kota Payakumbuh, Diwarnai Aksi Bagi-bagi Masker

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Payakumbuh menggelar aksi berbagi masker dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar dan Penyelamatan Indonesia Ke-102 yang jatuh pada Senin (01/03) dan digelar di Tugu Adipura dengan mengusung tema Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Profesional, Mandiri dan Melayani dalam mendukung adaptasi kebiasaan baru.

Rayakan Hari Jadi Ke-102, Damkar Kota Payakumbuh Hadirkan Pakaian Aluminized

Dinas Pol-PP dan Damkar kota Payakumbuh hari ini memperingati hari jadi mereka yang ke-102. Bertempat di posko Pemadam Kebakaran kota Payakumbuh Jalan Luhak 50 Nomor 1 kelurahan Nunang Daya Bangun, kecamatan Payakumbuh Barat, dinas Pol-PP dan Damkar kota Payakumbuh meriahkan hari jadi yang ke-102 di tahun 2021 dengan membagikan masker kepada warga yang melintas di seputaran tugu Adipura pusat kota Payakumbuh, Senin (1/3/2021).

Ultah Perdana DPC PPWI Tanah Datar Diperingati Sederhana

Tanah Datar, beritasumbar.com - Peringatan ulang tahun ke-1 Organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Kabupaten Tanah Datar,diperingati dengan semangat kesederhanaan di Dzee Caffe...

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...

Terkait Isu KLB, Rezka Oktoberia: Demokrat Tegak Lurus Bersama SBY dan AHY

Payakumbuh, beritasumbar.com - Anggota DPR RI Partai Demokrat, Rezka Oktoberia memberikan tanggapannya terkait isu Kongres Luar Biasa (KLB) yang tengah menghampiri partainya. Dia memastikan kader...

Harmonisasi Kepala Daerah, Ketua DPRD Lima Puluh Kota: Jangan Seperti Bupati-Wabup Sebelumnya

Sarilamak, beritasumbar.com - Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra agar pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin, Dt Bandari Rajo dan...

Akhir Pekan Ala Erwin Yunaz, Seaspal Bareng Komunitas RX King Kebersamaan Kota Biru

Siapa sangka kalau akhir pekannya diisi oleh seorang Erwin Yunaz dengan melakukan touring perdananya menikmati keindahan alam Provinsi Sumatera Barat bersama Komunitas RX King Kebersamaan Kota Biru, yaitu klub otomotif sepeda motor yang sudah terdaftar di Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh.
- Advertisement -