24.9 C
Padang
Sabtu, Juni 19, 2021
Beritasumbar.com

Azwar Siri Ketum LPPKI Mengecam Tindakan Oknum Debt Colektor yang Melakukan Upaya Paksa
A

Kategori -

Padang,BeritaSumbar.com,- Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) melalui Ketua Umumnya Azwar Siri.SH mengecam tindakan oknum puluhan Debt Colektor yang mengepung anggota TNI AD Serda Nurhadi anggota Babinsa Semper Timur Kodim 0502 Jakut yang sedang membantu warga nyetir mobil di Tol Koja Barat Jakut pada hari kamis 6 Mei 2021 sebagaimana video yang viral dan beredar luas dikalangan medsos. Hal tersebut disampaikannya saat berbincang-bincang dengan awak media di Kantor Advokatnya di Padang Sumatera Barat pada Minggu 9/5/2021.

Lebih lanjut disampaikan Azwar Siri.SH bahwa tindakan oknum debt colektor tersebut sudah keterlaluan karena dalam mobil tersebut kabarnya ada orang sakit yang mau diantar kerumah sakit dan lagi pula yang bawa mobil adalah anggota TNI berpakian dinas (PDL) seharusnya para debt colektor dapat memahami situasi tersebut dan tidak bisa melakukan upaya paksa serta merta begitu saja,kita harus memahami bahwa negara kita adalah negara hukum, ikutilah aturan hukum yang benar bagaimana prosedur penarikan kendaraan yang debiturnya telah wanprestasi dan tidak bisa sesuka hati saja.

“Seorang Debt Colektor walaupun sudah dibekali surat kuasa ataupun punya sertifikat Fidusia dari pelaku usaha(Kreditur) tidak bisa bertindak seperti juru sita dari pengadilan apalagi melakukan eksekusi di jalanan yang bisa menggangu ketertiban umum,ucapnya

Dituturkan oleh Azwar Siri hal itu adalah perampasan atau pencurian pelakunya bisa saja dijerat dengan pasal 362 yo 365 KUHP tentang pencurian yo 368 tentang perampasan ataupun tentang perbuatan tidak menyenangkan.ujarnya

“Setidak-tidaknya harus ada tiga syarat yang harus dipenuhi oleh seorang Debt Collektor dan diperlihatkan pada Calon Debitur (Konsumen) yang akan ditagih yaitu 1.Sertifikat profesi penagihan.2.Surat kuasa dari pelaku usaha
3.Sertifikat Fidusia.

Namun walaupun itu ada semua tidak serta merta seorang Debt Colektor bisa melakukan eksekusi objek jaminan fidusia begitu saja harus ada kesepakatan dengan pihak debitur/konsumen terlebih dahulu kalau debitur sepakat tentang waprestasi dan mau dilakukan eksekusi terhadap objek jaminan fidusia tersebut tapi kalau konsumen tidak sepakat dan menolak melakukan perlawanan,maka pelaku usaha melakukan upaya hukum yaitu dengan mengajukan eksekusi objek jaminan fidusia ke pengadilan.

Jadi debt colektor secara hukum tidak dibenarkan melakukan pemaksaan atau melakukan upaya paksa, pungkas pengacara asli rang pariaman tersebut. (Andra)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Komisi II DPRD Sijunjung Kunjungi Nagari Batu Manjulur

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Komisi ll DPRD Kabupaten Sijunjung melakukan kunjungan kerja ke Nagari Batu Manjulur kecamatan Kupitan dipimpin Yusnidarti Fraksi Golkar, Efrinedi Nangkodo fraksi Nasdem, Amlasta Boy Fraksi PKB dan Redi Susilo Fraksi Demokrat, dan didampingi Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Sijunjung Sarwo Edi pada Kamis (17/6)
- Advertisement -

BAZNAS Padang Pariaman Bantu Keluarga Punya Rumah Tak Layak Melalui Program Padang Pariaman Peduli

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Hari Jum'at, (18/6) berkah sangat dirasakan oleh Keluarga Ali Syofyan yang merupakan salah satu penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni...

Kakanwil Hadiri Sosialisasi KMA No. 660 Tahun 2021 oleh Kakankemenag Padang Panjang

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kementerian Agama Kota Padang Panjang Sosialisasi KMA Nomor 660 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021 Masehi/1442 Hijriyyah dipimpin langsung Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama Kasi PHU Endang Sriyani dan jajarannya di Masjid Taqwa Kauman Muhammadiyah Kota Padang Panjang, Kamis (14/06/2021)
- Advertisement -

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UIW Sumbar Adakan “Program Menanam Buku”

Padang, beritasumbar.com - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW ) Sumbar adakan "Program Menanam Buku" sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat (18/06). Kegiatan ini...

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LPPKI Bangga Dengan Nagari Mart Melayani Konsumen Dengan Baik

Padang,BeritaSumbar.com,-Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN- LPPKI) Azwar Siri.SH beserta jajaran pengurus LPPKI lainya mengunjungi Mini market Nagari Mart yang terletak di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Senin 7/6/2021.

Kunjungan Kepala BP2MI Diharapkan Memberikan Peluang Positif dan Kepastian Buat PMI Asal Sumbar

Ketua DPD partai Hanura Sumbar Zalfadri S.T.,M.M. bersama Sekretaris DPD Hanura Sondri BS dan kepala UPT BP2MI Provinsi Sumatera Barat Joko Purwato

Keluarga Besar LPPKI Silaturahmi Dengan Anak Panti Asuhan

Padang,BeritaSumbar.com,- Keluarga besar Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) mengadakan kunjungan silaturahmi dengan panti sosial Lubuk Kilangan, yang bertempat di Panti Sosial Anak Asuh Batu Gadang, Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa 1/6/2021.

Ribuan THL Pasbar Dirumahkan, PMM Sebut Diawal Menjabat Bupati Pasbar Berhasil Sengsara kan Rakyat

Padang - Organisasi Pergerakan Milenial Minang (PMM) mengkritisi keras kabar tak sedap tentang tenaga harian lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat. sekitar 3.200 THL, yang terdiri dari tenaga guru, medis, teknis dan PTT akan terdepak dari pekerjaan saat ini. Kebijakan itu dilakukan dengan alasan upaya penghematan anggaran, (1/06/2021)

Koperasi Mutiara Tigo Pasie Kunjungi Koperasi Mandiri Dan Merdeka

Padang,BeritaSumbar.com,- Koperasi Mutiara Tigo Pasie (KMTP) adalah koperasi yang didirikan dan diselenggarakan oleh Ibu-Ibu warga Pasie Nan Tigo

Aksi Solidaritas Masyarakat Sumbar; Palestina Permasalahan Kita

Padang,BeritaSumbar.com,- Puluhan ormas yang tergabung dalam Forum Komunikasi Sumatera Barat Peduli Palestina menggelar aksi solidaritas, Ahad (23/5/2021). Aksi berupa longmarch dan flashmob digelar di sepanjang jalan Khatib Sulaiman hingga Sudirman, Padang. Peserta aksi dilepas dari pelataran Masjid Raya Sumatera Barat, oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.

LPPKI Dukung Pelaku Usaha Untuk Polisikan Konsumen Nakal

Padang,BeritaSumbar.com,-Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN-LPPKI) Azwar Siri.SH dalam suasana Idul Fitri mengingatkan pada konsumen indonesia untuk tidak terlalu kosumtif dan terlena menggunakan keuangan sehingga lupa untuk hal yang penting. Hal tersebut dikatakan oleh Azwar Siri.SH di Padang Sumatera Barat, Rabu 19/5/2021.

Menko Marves : Revitalisasi Danau Maninjau Butuh Biaya 237 Milyar

PADANG -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan program penyelamatan Danau Maninjau di Kabupaten Agam, Sumatera Barat menelan biaya hingga Rp 237 Miliar. Angka sebesar itu dibutuhkan untuk proyek pengerukan sedimen sisa pakan dan kotoran ikan yang selama berpuluh-puluh tahun mengendap di dasar danau.

Wagub Dorong Percepatan UGGp Geopark Ranah Minang Untuk Ikon Pariwisata Sumbar

Padang, BeritaSumbar.com,- Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy sangat mendukung dan mendorong Percepatan UNESCO Global Geoparks (UGGp) Geopark Ranah Minang "Patahan Besar Sumatera Danau Tektonik Singkarak" untuk ikon pariwisata Sumatera Barat.

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).
- Advertisement -