30 C
Padang
Sabtu, Januari 23, 2021
Beritasumbar.com

APLB Tunarungu Indonesia Kunjungi DPC PPDI Kota Padang Panjang
A

Kategori -

Padang Panjang, (01/09), Pemerataan hak dan kesejahteraan bagi penyandang disabilitas saat ini terus menjadi perhatian yang serius bagi seluruh kalangan penyandang. Ragam jenis organisasi penyandang pun terus berupaya untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia atau disingkat PPDI merupakan salah satu organisasi atau rumah besar untuk menyerap ragam aspirasi bagi seluruh jenis disabilitas yang ada di Indonesia, guna memastikan agar tidak ada lagi diskriminasi dan eksploitasi terhadap masyarakat penyandang.

Melihat “track record” dan perjalanan organisasi DPC PPDI Kota Padang Panjang yang dipandang cukup kontras dengan gerakan nyata yang sudah dilakukan, maka Ratih Murad selaku Anggota Pramuka Luar Biasa (APLB) Tunarungu Indonesia melakukan kunjungan kerja ke DPC PPDI Kota Padang Panjang.

Ratih Murad yang didampingi oleh temannya (Cici) yang juga mengalami tunarungu berkunjung guna menambah wawasan dan berbagi pengalaman antar sesama penyandang supaya nantinya bisa diceritakan kepada teman-teman APLB Tunarungu Indonesia pada saat Temu Nasional yang rencananya akan digelar pada minggu ini.

Dalam kunjungan tersebut, Ratih Murad merasa bahagia karena bisa diterima dengan baik oleh pengurus DPC PPDI Kota Padang Panjang.

Ia juga menyampaikan bahwa ada banyak kreatifitas yang bisa dilakukan oleh teman-teman penyandang disabilitas. Salah satunya bergabung dengan APLB Indonesia. Dalam wadah organisasi ini, kita bisa melatih mental, memupuk kepercayaan diri dan menambah relasi antar sesama penyandang, guna saling berbagi dan saling berkreasi, tegas Ratih.

Ratih juga menambahkan bahwa kendala terbesar yang dihadapi oleh orang dengan penyandang rungu adalah sulitnya memperoleh hak informasi dengan baik. Bahkan dalam kunjungan yang dilakukannya hari ini ke beberapa instansi yang ada di Kota Padang Panjang, ia menceritakan bahwa masih merasa kesulitan untuk berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait karena tidak adanya interpreter (penerjemah) yang bisa menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya pada saat berkunjung.

Dia bersyukur sekali, saat berkunjung ke Dinas Sosial, ia bisa bertemu dengan Bang Zikri, meskipun masih terbatas dalam berbahasa isyarat, setidaknya bisa membantu menerjemahkan maksud kedatangannya ke instansi tersebut, tutur Ratih.

Sementara itu, Ramadhan selaku Ketua DPC PPDI Kota Padang Panjang yang juga didampingi oleh Sekretarisnya, Muhamad Ilham, S.Ds menerima kedatangan Ratih dan temannya dengan terbuka.

Kami berdiskusi banyak hal, salah satunya tentang kreatifitas yang bisa dilakukan oleh orang dengan penyandang rungu pada kegiatan Pramuka Indonesia. Selain itu, kami juga berbagi pengalaman, cerita dan ide tentang metode dan cara berkomunikasi antara Tunarungu dan Tuna Netra, sembari mempraktekkan bagaimana cara mengkomunikasikannya, ungkap Ramadhan.

Kami juga berharap, semoga teman-teman penyandang disabilitas di manapun berada, terus mengembangkan kreatifitasnya dan mengasah keterampilan yang mumpuni agar kita bisa diterima secara penuh di tengah masyarakat, tambah Ilham.

Di akhir pertemuan tersebut, Ramadhan dan Ilham selaku pengurus DPC PPDI Kota Padang Panjang menyerahkan sertifikat atau penghargaan atas kunjungan yang dilakukan oleh Ratih dan temannya. (khz)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Segera ! Kota Payakumbuh Akan Miliki Cagar Budaya Yang Terlindungi Undang-Undang

Guna menjaga dan terlindungi ya cagar budaya kota Payakumbuh kedepannya, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh laksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang proses penetapan cagar budaya kota Payakumbuh serta sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.
- Advertisement -

Tidak Terima Aliran Listrik Diputus Sepihak, Warga Datangi PLN UPP Lintau

Tanah Datar, beritasumbar.com Dugaan pemutusan sementara secara sepihak oleh pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) unit pelayanan pelanggan Lintau terhadap satu unit rumah miliki SE (65)...

Tim Klewang Ringkus Raja Jambret Kota Padang

HS, 23 tahun, harus merasakan timah panas dari polisi bersarang di kakinya. Ia ditangkap karena diduga terlibat dalam kasus pencurian gawai di delapan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Kota Padang. Modusnya, pelaku menjambret korban yang lengah di jalan raya dan membobol masuk melalui jendela rumah pada tengah malam.
- Advertisement -

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

Padang Panjang Dinobatkan Sebagai Kota Peduli HAM

Padang Panjang, beritasumbar.com - Awal tahun 2021 menjadi permulaan yang sangat baik bagi Pemerintah Kota Padang Panjang. Kota berjulukan Serambi Mekkah ini dinobatkan sebagai...

Fadly-Mardiansyah Raih Nirwasita Tantra dari KLHK

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengganjar penghargaan Nirwasita Tantra kepada Walikota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dan Ketua DPRD Mardiansyah A.Md, atas kebijakannya yang peduli terhadap lingkungan hidup.

Mahyeldi Kuasai Perolehan Suara Di Padang Panjang

Pasangan nomor urut 4 pada pemilihan gubernur Sumbar Mahyeldi - Audi Joinaldy meraup suara terbanyak di Kota Padang Panjang.

Pokdar Kamtibmas Kota Padang Panjang Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih dan Tetap Menjaga Keamanan dan Ketertiban

Masyarakat Sumatra Barat besok pagi Rabu 9/12 akan melaksanakan pemungutan suara sebagai salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam mensukseskan gelaran demokrasi lima tahunan. Ragam permasalahan diseputaran pilkada ini bisa saja muncul dan menimbulkan conflict interest di tengah masyarakat. Bahkan, tidak menutup kemungkinan akan terjadi clash atau gesekan di dalam masyarakat.

Temukan Pungli Di Padang Panjang, Segera Lapor Ke Rumah Aspirasi

Padang Panjang, beritasumbar.com - Kepala Kejaksaan Negeri Kota Padang Panjang Dwi Indrayati, SH, MH melalui Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara, Minang Sazali, mengimbau...

Tampung Aspirasi Publik Untuk Revisi RTRW 2012-2032, Pemko Gelar Konsultasi Publik II

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,- Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) menggelar Konsultasi Publik II Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) daerah itu...

Upacara Hari Pahlawan Berlangsung Khidmat Di Kota Padang Panjang

Padang Panjang, www.beritasumbar.com - Pemerintah Kota Padang Panjang menggelar Upacara Hari Pahlawan di halaman balai kota setempat, Selasa, (10/11). Upacara berlangsung khidmat dengan Irup...
- Advertisement -