24.8 C
Padang
Jumat, April 23, 2021
Beritasumbar.com

APLB Tunarungu Indonesia Kunjungi DPC PPDI Kota Padang Panjang
A

Kategori -

Padang Panjang, (01/09), Pemerataan hak dan kesejahteraan bagi penyandang disabilitas saat ini terus menjadi perhatian yang serius bagi seluruh kalangan penyandang. Ragam jenis organisasi penyandang pun terus berupaya untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia atau disingkat PPDI merupakan salah satu organisasi atau rumah besar untuk menyerap ragam aspirasi bagi seluruh jenis disabilitas yang ada di Indonesia, guna memastikan agar tidak ada lagi diskriminasi dan eksploitasi terhadap masyarakat penyandang.

Melihat “track record” dan perjalanan organisasi DPC PPDI Kota Padang Panjang yang dipandang cukup kontras dengan gerakan nyata yang sudah dilakukan, maka Ratih Murad selaku Anggota Pramuka Luar Biasa (APLB) Tunarungu Indonesia melakukan kunjungan kerja ke DPC PPDI Kota Padang Panjang.

Ratih Murad yang didampingi oleh temannya (Cici) yang juga mengalami tunarungu berkunjung guna menambah wawasan dan berbagi pengalaman antar sesama penyandang supaya nantinya bisa diceritakan kepada teman-teman APLB Tunarungu Indonesia pada saat Temu Nasional yang rencananya akan digelar pada minggu ini.

Dalam kunjungan tersebut, Ratih Murad merasa bahagia karena bisa diterima dengan baik oleh pengurus DPC PPDI Kota Padang Panjang.

Ia juga menyampaikan bahwa ada banyak kreatifitas yang bisa dilakukan oleh teman-teman penyandang disabilitas. Salah satunya bergabung dengan APLB Indonesia. Dalam wadah organisasi ini, kita bisa melatih mental, memupuk kepercayaan diri dan menambah relasi antar sesama penyandang, guna saling berbagi dan saling berkreasi, tegas Ratih.

Ratih juga menambahkan bahwa kendala terbesar yang dihadapi oleh orang dengan penyandang rungu adalah sulitnya memperoleh hak informasi dengan baik. Bahkan dalam kunjungan yang dilakukannya hari ini ke beberapa instansi yang ada di Kota Padang Panjang, ia menceritakan bahwa masih merasa kesulitan untuk berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait karena tidak adanya interpreter (penerjemah) yang bisa menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya pada saat berkunjung.

Dia bersyukur sekali, saat berkunjung ke Dinas Sosial, ia bisa bertemu dengan Bang Zikri, meskipun masih terbatas dalam berbahasa isyarat, setidaknya bisa membantu menerjemahkan maksud kedatangannya ke instansi tersebut, tutur Ratih.

Sementara itu, Ramadhan selaku Ketua DPC PPDI Kota Padang Panjang yang juga didampingi oleh Sekretarisnya, Muhamad Ilham, S.Ds menerima kedatangan Ratih dan temannya dengan terbuka.

Kami berdiskusi banyak hal, salah satunya tentang kreatifitas yang bisa dilakukan oleh orang dengan penyandang rungu pada kegiatan Pramuka Indonesia. Selain itu, kami juga berbagi pengalaman, cerita dan ide tentang metode dan cara berkomunikasi antara Tunarungu dan Tuna Netra, sembari mempraktekkan bagaimana cara mengkomunikasikannya, ungkap Ramadhan.

Kami juga berharap, semoga teman-teman penyandang disabilitas di manapun berada, terus mengembangkan kreatifitasnya dan mengasah keterampilan yang mumpuni agar kita bisa diterima secara penuh di tengah masyarakat, tambah Ilham.

Di akhir pertemuan tersebut, Ramadhan dan Ilham selaku pengurus DPC PPDI Kota Padang Panjang menyerahkan sertifikat atau penghargaan atas kunjungan yang dilakukan oleh Ratih dan temannya. (khz)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Gelar Rakor Penanganan Covid-19

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 09 tahun 2021 tentang perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro dan pengoptimalan posko penanganan Covid-19 dan terjadinya peningkatan kasus covid-19 gelombang ketiga di Kota Payakumbuh, Pemerintah Kota Payakumbuh mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Camat dan Lurah se Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Adanya Warga Bunuh Diri Diduga Masalah Ekonomi, Erman Safar Minta Lurah Keliling Tanyai Beras Masyarakat

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Percakapan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar di group internal ASN dilingkungan pemerintah kota (Pemkot) setempat, yang isinya menyentuh perasaan beredar luas...

Program Awal PK IMM Kasman Singodimedjo Menjadikan Ramadhan Sebagai Momen Fastabiqul Khairat

Padang,BeritaSumbar.com,-Meski kegiatan perkuliahan secara umum masih dilakukan secara daring, kegiatan PK IMM Kasman Singodimedjo bukan berarti terhenti. Sebaliknya, bulan Ramadhan dapat dijadikan momen tepat untuk mendorong moto IMM yaitu FASTABIQUL KHAIRAT (Berlomba-lomba dalam kebaikan).
- Advertisement -

Gubernur Mahyeldi Apresiasi Semangat Kalaborasi Anggota DPR, DPD RI Asal Sumbar Majukan Pembangunan Daerah

Jakarta - Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dalam kesempatan itu mengapresisasi terhadap semangat sinergitas dan kalaborasi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) asal pemilihan Sumbar untuk ikut berperan serta memajukan pelaksanaan pembangunan di Sumatera Barat.

Pengurus Karang Taruna Se-Kota Padang Panjang Sepakat Laksanakan Pesantren Leadership Ramadhan

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,- Permasalahan sosial yang muncul di tengah masyarakat tidak dapat dipungkiri salah satunya juga disebabkan karena pemuda itu sendiri. Masih banyaknya pemuda yang tidak bisa menentukan arah masa depannya secara jelas, terkadang membuat mereka mengambil jalan pintas yang berujung pada tindakan kriminal, seperti mengonsumsi Narkoba dan prilaku yang mengganggu ketertiban umum lainnya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

SMP Hikmah Berbagi Seribu Takjil Untuk Warga Pabasko

Padang Panjang,BeritaSumbar.com, - Sebanyak SERIBU paket takjil disalurkan oleh SMP Hikmah Padangpanjang untuk warga Padang Panjang, Batipuah dan X Koto, Kemarin, Sore (21/4). Paket takjil tersebut merupakan donasi dari CV. Rocete Maninjau, sebuah bidang usaha yang bergerak dalam Tambak Ikan di Maninjau. Penyaluran takjil dilakukan di beberapa titik lokasi, yakni: Jalan lintas depan PDAM Padang Panjang, Simpang Padang Silaing Atas, Simpang Serambi Mekkah, Batas Kota Kacang Kayu, dan Simpang 4 Kampung Manggis. Penyaluran paket takjil ini dibantu oleh tenaga pendidik dan kependidikan SMP Hikmah beserta OSIS SMP Hikmah yang telah diberi tanggung jawab di setiap titik lokasi untuk penyaluran takjil tersebut.

Pengurus Karang Taruna Se-Kota Padang Panjang Sepakat Laksanakan Pesantren Leadership Ramadhan

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,- Permasalahan sosial yang muncul di tengah masyarakat tidak dapat dipungkiri salah satunya juga disebabkan karena pemuda itu sendiri. Masih banyaknya pemuda yang tidak bisa menentukan arah masa depannya secara jelas, terkadang membuat mereka mengambil jalan pintas yang berujung pada tindakan kriminal, seperti mengonsumsi Narkoba dan prilaku yang mengganggu ketertiban umum lainnya.

Pariwisata Nagari Batu Taba Semakin Bersolek, Laksma TNI Angkasa Dipua Resmikan Mushalla Fii Sabilillah

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,-Rangkaian kegiatan terpadu yang terdiri dari peresmian mushalla fii sabilillah, sunat masal, kegiatan bernuansa alek nagari berupa 'maarak galundi', makan bajamba, dan atraksi seni budaya lainnya telah berhasil dilaksanakan di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, Minggu (11/04).

Gubernur Sumatra Barat Serahkan Sertifikat Hafiz Qur’an Kepada Santri PontrenMu Kauman

Padangpanjang, BeritaSumbar.com,- H. Mahyeldi, SP menyerahkan sertifikat tanda kelulusan sebanyak 128 bagi para penghafal Qur’an yang merupakan santriwan - Santriwati Pondok Pesantren Muhammadiyah (PontrenMu) Kauman Padang Panjang.

Wakil Ketua MUI : Pondok Pesantren mesti lahirkan Lulusan yang memiliki kecerdasan Ukhrawi

Padangpanjang, BeritaSumbar,com,-Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan juga Wakil Ketua MUI Pusat Dr. H. Anwar Abbas, MM.,M.Ag berkunjung ke Pondok Pesantren Muhammadiyah Kauman Padangpanjang. Sabtu, 3 April 2021 kemaren.

Target Vaksinasi Melebihi Penduduk, Dinkes Padang Panjang Pertanyakan Data Pemprov Sumbar

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pelaksanaan vaksinasi tahap II yang menyasar petugas publik, Pemrov Sumbar  memberikan target kepada Pemko Padang Panjang  dengan sasaran sebanyak 59.516...

Mutasi Kembali Bergulir di Padang Panjang, Maini Kembali Pimpin Disdukcapil, Lila Yanwar Jabat Direktur RSUD

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano kembali melakukan penyegaran di jajaran kabinetnya. Kali ini, Dra. Maini, MM...

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...
- Advertisement -