26 C
Padang
Sabtu, April 20, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Jamaah Haji Asal Kota Payakumbuh Tiba Di Kampung Halaman
J

- Advertisement -

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Sekira pukul 21.30 pada Kamis (06/09) panitia penyelenggaraan haji daerah (PPHD) Kota Payakumbuh bertolak menuju asrama debarkasi haji di Padang. Keberangkatan rombongan ini dipimpin Walikota Payakumbuh diwakili Kabag Kesra Ul Fakhri bersama Kepala Kankemenag dan tim OPD Terpadu terkait penyelenggaraan haji daerah.
Rombongan yang sampai di Asrama Debarkasi Haji Padang sekira pukul 23.30 kemudian langsung bertolak menuju BIM bersama PPIH Pemprov Sumbar untuk menyambut jemaah haji Kloter X yang tergabung didalamnya jemaah haji Provinsi Bengkulu dan jemaah haji Kota Payakumbuh. Turut hadir keluarga Petugas Haji dan TKHI dalam penyambutan landingnya pesawat Garuda GA3410 yang membawa Kloter X ini.
Sekira pukul 01.38 Jumat (07/09/2018) dini hari, jemaah haji Kloter X mendarat mulus bim. Seketika suasana haru tampak di BIM dini hari itu. Jemaah haji kloter x menggelar sujud syukur usai disambut di jenjang pesawat oleh Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Kabag TU, Irwan bersama Danrem 032/Wirabraja selaku PPIH Pemprov Sumbar didampingi PPIH daerah Pemko Payakumbuh. Setelah melalui prosesi dan bongkar muat koper hampir 1 jam di BIM, jemaah haji kloter X mulai menaiki bus menuju asrama Debarkasi Haji Padang.
Penyambutan jemaah haji di aula Asrama Debarkasi Haji Padang dilakukan Kabag TU Irwan bersama Danrem 032/Wirabraja.
Dalam sambutannya, Kabag TU Irwan menyampaikan rasa syukur atas selamatnya jemaah haji kloter X dalam menunaikan rukun islam kelima selama 38 hari.
” selamat kembali di tanah air kepada jemaah haji yang tergabung dalam kloter X padang. Kita tidak akan menyampaikannpanjang lebar dalam penyambutan ini, karena psikologi jemaah sudah bersama keluarga. Selain itu jemaah haji tentunya masih lelah. Kami berpesan, semoga kebiasaan disiplin dalam melaksanakan rutinitas ibadah di Mekkah dan medinah dapat dibudayakan di kampung halaman. Haji mambrur akan terlihat saat kita berada di kampung halaman, bagaimana keberadaan kita memberikan manfaat kepada diri, keluarga dan masyarakat. Selamat semoga segala pengorbanan ini dinilai sebagai haji yang mabrur dan diterima allah SWT. Aamiin,” tandas Irwan sambil menyerahkan jemaah kepada PPIH kedua daerah.
Untuk Kota Payakumbuh, pengembalian jemaah haji oleh Danrem / PPIH Pemprov Sumbar kepada Pemko Payakumbuh diterima Walikota Payakumbuh diwakili Kabag Kesra Ul Fakhri didampingi Kepala Kankemenag.
Berdasarkan informasi dari Kabag Kesra, Ul Fakhri bahwa dari 296 jemaah haji Kota Payakumbuh, satu diantaranya masih belum kembali ke kampung halaman, karena sakit.
“Penyambutan kedatangan jemaah haji kloter 10 asal Kota Payakumbuh dini hari pukul 03.20 WIB Jum’at 7 Sept 2018 di Debarkasi Padang, Alhamdulillah berjalan lancar. Jumlah jamaah berangkat 296 orang, kembali 295 orang, 1 orang an. H. Misbar Umar Marah ( warga Tanjung Gadang) anggota Regu II Rombongan III, masih dirawat di Rumah Sakit di Arab saudi. Semoga segera diberikan kesembuhan oleh Allah dan kembali ke tanah air dengan selamat menyusul rombongan yang telah sampai hari ini,” terang Ul Fakhri didampingi Kepala Kankemenag.
” Siap shubuh di asrama haji, kita akan segera bertolak ke Payakumbuh dengan bus NPM Vircansa yang sudah disiapkan pemko Payakumbuh. Sementara di gudang sedang berlangsung pemuatan koper jemaah ke truk jemaah haji Payakumbuh. Diperkirakan jemaah sampai di Payakumbuh sekitar pukul 08.30 pagi. Direncanakan penyerahan koper akan kita laksanakan usai shalat Ashar sekitar pukul 16.00 sore. Silahkan hubungi panitia pemulangan jemaah haji,” imbuh Kepala Kankemenag, Mustafa.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img