27 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

9 Sekolah Terdampak Banjir Di Limapuluh Kota
9

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, -Tingginya curah hujan akhir akhir ini cukup berdampak buruk bagi beberapa daerah di Sumatera Barat. Seperti di Kabupaten Limapuluh Kota yang memiliki 13 kecamatan dengan 79 Nagari ada sekitar 6 kecamatan terdampak bencana banjir dan tanah longsor.

Adapun longsor tampak terjadi di Koto Alam, kecamatan Lareh Sago Halaban, Bukit Barisan dan Aka Biluru. Adapun banjir boleh disebut merata terdampak, namun ada 6 kecamatan yang terparah. Berkat koordinasi lintas provinsi, pihak PLN Koto Panjang Riau sudi membuka sebagian pintu bendungan.

Dibidang pendidikan, adalah 9 sekolah terdampak banjir di Kabupaten Limapuluh Kota, sebagaimana diterangkan Kepala Dinas Pendidikan Indrawati Munir melalui Kabid Dikdas diwakili Arizal, S. Pd diwakili Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, Wandi Putra, S.Ag di ruang kerjanya, Rabu (11/12).

“Sejauh ini ada beberapa sekolah direndam banjir. Alhamdulillah ujian semester I telah berakhir dilaksanakan. PBM tidak begitu terganggu, karena sekarang sudah pada kegiatan classmeeting (lomba antar kelas). Ada satu, yakni SDN 06 Taram yang ujiannya ditunda sehari. Dan itu sudah diputuskan pemerintah. Ujian susulan dilaksanakan. Selain itu di SDN 02 nagari Sei Antuan kecamatan Mungka juga, terparah,”terang Wandi Putra.

Dengan ditetapkannya Lima Puluh Kota dinyatakan Status Tanggap Darurat Banjir dan Longsor, maka Selasa (10/12/2019) Bupati Lima puluh Kota Irfendi Arbi melalui Kalaksa BPBD Joni Amir menggelar Rapat Koordinasi pihak terkait.

Berikut data Sementara Sekolah yang terdampak banjir :

1. TK PKK Jorong Bancah Nagari Batu Balang, Harau

2. TK Darma Wanita Jorong Parit Dalam, Kec. Payakumbuh

3. SDN 01 Tarantang Kec. Harau

4. SDN 08 Sarilamak Jorong Buluh Kasok

5. SDN 02 Sungai Antuan, Kec.. Mungka

6. SDN 06 Mungka

7. SDN 05 jorong Kubu Gadang Kenagarian Taeh Baruh, kecamatan Payakumbuh

8. TK An Nur, Kec. Payakumbuh

9. SDN 04 Manggilang, Kec. Pangkalan

“Meski saat ini saya sedang dinas di Jakarta, namun ingatan saya masih pada kondisi terkini di Lima Puluh Kota, “ungkap Indrawati Munir saat dihubungi awak media.

Terkait genangan air di wilayah tugasnya, Walinagari Taeh Baruh Safri, menyebutkan bahwa daerah dan sekolah yang direndam banjir tergolong dataran rendah. Pihaknya sudah berkoordinasi secara berjenjang.

“saat ini memang musim hujan. Sebagian daerah dan fasum digenangi air. Kita rencanakan polongan kecil dan riol akan direvitalisasi kedepan. Semoga bisa diganti dengan Plat Duiker,”singkatnya.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Beberapa Ivent Besar di Disparpora Kota Payakumbuh Terancam Batal Dilaksanakan

Mengingat pandemi covid-19 di Payakumbuh belum sepenuhnya berakhir, beberapa event besar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Payakumbuh terancam batal di laksanakan di tahun 2021.
- Advertisement -

Tokoh Masyarakat Latina Duduk Semeja Dengan Riza Falepi, Bahas Pembangunan Kedepan

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda dan Camat David Bachri menjamu tokoh masyarakat Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) di salah satu rumah makan di Payakumbuh, Senin (11/1) siang.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).
- Advertisement -

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Bupati Limapuluh Kota Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Di Simalanggang

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi memberikan bantuan korban kebakaran rumah semi permanen, Selasa(12/1) di Nagari Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh.

Sampah Berserakan Di Lembah Harau, Ini Komentar Penggiat Wisata

Kawasan Sarasah Bunta Harau, sudah tidak bisa digarap apapun untuk tujuan wisata natural, artinya kealamiannya mulai tercemar. Hal ini tampak dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk di salahsatu objek Wisata di Kabupaten Limapuluh Kota itu.
- Advertisement -