Wartawan senior Luak Limopuluah, Drs. H. Saharwardi, meninggal dunia dalam usia 64 tahun,  di RSU Ahmad Muchtar Bukittinggi,  Selasa (26/11) sekitar pukul 17.00 WIB. Ayah enam anak ini, sudah cukup lama sakit-sakitan, karena dimakan usia. Almarhum dikebumikan di pandam kuburan keluarga di belakang rumahnya di Taeh, Kecamatan Payakumbuh, Rabu (27/11). Tiga  bulan sebelumnya, keluarga besar wartawan Kota Payakumuh dan Kabupaten Limapuluh Kotam, juga kehilangan seorang wartawan senior lainnya, Sh. Dt. Limpatiah.

Berita duka meninggalnya mantan wartawan Harian Haluan ini, cepat tersebar luas. Sepanjang malam, hingga almarhum dikebumikan, ratusan pelayat silih berganti ke rumah duka. Di antaranya, Sekdakab Limapuluh Kota Yendri Tomas, Kepala Kantor Kementerian Agama Payakumbuh Drs. H. Salman, Kepala Dishubkom Payakumbuh Adrian, SH, M.Si, Kadis Pertanian Iqbal Bermawi, Kabag Humas Payakumbuh Jhon Kenedi, S.Sos, Kabag Humas Limapuluh Kota M. Siebert, S.Pd, pengurus Balai Wartawan dan PWI Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

Almarhum Saharwardi, selain tercatat sebagai wartawan, juga merupakan pegawai Kantor Kementerian Agama Limapuluh Kota, dengan jabatan terakhir Kepala Kantor  Depag. Almarhum juga aktif di partai politik, dan dua kali periode duduk sebagai anggota legislatif  di Kabupaten Limapuluh Kota dari Fraksi Partai Golkar.

Didunia pers,  almarhum juga pernah menjabat ketua PWI dan Balai Wartawan Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.  Almarhum dikenal sebagai wartawan yang sangat idealis dan disegani kalangan birokrasi dan pengusaha. Almarhum juga tokoh teladan, yang membina wartawan Payakumbuh dan Limapuluh Kota yang berkepribadian.

Kakanwil Kementerian Agama Sumatera Barat diwakili Kepala Kantor Kementerian Agama Payakumbuh Salman, melepas jenazah, sebelum dishalatkan dan diantar ke tempat peristirahatan terakhir. Kakanwil  mengajak keluarga untuk terus mendo’akan almarhum, dan mengajak pelayat untuk ikut menyampaikan do’a,  untuk keselamatan  almarhum dalam menemui Yang Maha Esa.