Payakumbuh,BeritaSumbar.com-Aksi solidaritas atas tragedi kemanusian di Rohingya terus bergulir di Indonesia. Tidak juga ketinggalan di Kota Payakumbuh aksi peduli muslim Rohingya juga diadakan dengan turun kejalan. Turun kejalan untuk menunjukkan kepedulian dan aksi protes atas kekerasan yang tidak manusiawi serta menggalang dana/bantuan yang bisa meringankan beban mereka di Myanmar sana.

Kegiatan tersebut direncanakan bakal digelar pada Minggu (17/9) sekitar pukul 07.00 Wib , dan akan dipusatkan di Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah Kelurahan Balai Panjang Kecamatan Payakumbuh Barat. Rangkaian kegiatan tersebut, diantarannya, Jalan Kaki, Orasi serta Aksi Teatrikal. Sejumlah Tokoh dan Pejabat Pemko serta Seniman Payakumbuh direncanakan bakal mengisi kegiatan itu.

“ Iya memang kita akan kembali melakukan aksi kemanusiaan sebagai bentuk kepedulian terhadap Muslim Myanmar, sekaligus sebagai bentuk protes terhadap perlakuan yang dialami saudara-saudara Muslim disana. Kita mengajak warga untuk ikut meramaikan aksi tersebut”. Sebut Ketua pelaksana Nasril Cutin diamini Sekretaris, Zaki Purnama dari Yayasan Muslim bersaudara sehati, Selasa (12/9).

Aksi Jalan Kaki dari Kantor Balaikota Baru Payakumbuh di Eks. Lapangan Poliko menuju Kawasan Ngalau Indah direncanakan akan diikuti oleh ribuan warga. Selain itu, Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, Suwandel Mukhtar, Ketua DPRD Payakumbuh, YB. Dt. Parmato Alam, Kepala Dinas Pariwisata serta Politisi Gerindra Payakumbuh, Wulan Denura yang juga anggota DPRD serta Iyut Fitra (Seniman.red) bakal membacakan Puisi Kemanusiaan.

Tidak itu saja, Anggota DPRD Propinsi Sumbar, Irsyad Syfar bakal memberikan tausiyah, juga bakal ikut menyampaikan orasi, Kepala Kemenag Kota Payakumbuh, Asra Faber serta dari Komunitas Intro yang bakal mempertontonkan aksi teatrikal. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Yayasan yang berkedudukan di Payakumbuh itu juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Payakumbuh, Kemenag, MUI.