Kota Pariaman, beritasumbar.com,-Wali Kota Pariaman, Drs. H. Mukhlis Rahman, MM telah mulai pamit kepada masyarakat dan sekalian menyampaikan ucapan maaf dan terima kasih, selama menjabat dua periode sebagai Wali Kota Pariaman. Pasalnya, jabatannya akan berakhir Oktober 2018. Hal itu disampaikan Mukhlis Rahman, pada acara penyerahan insentif dana operasional Dasa Wisma, PKK Kota Pariaman, Rabu (6/6) di Pandopo Rumah Dinas Wali Kota Pariaman.

Menurut Mukhlis Rahman, insentif dana operasional Dasa Wisma PKK Kota Pariaman, masih belum optimal dan tidak sesuai dengan tugas yang diemban sebagai perpanjangan tangan pemerintah di lapangan. “Tetapi pembayaran instentif tersebut, tergantung dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pariaman yang masih rendah, sehingga itulah kemampuan baru yang dapat dibayarkan,” ujar Mukhlis Rahman didampingi Ketua PKK Kota Pariaman Ny. Reni Mukhlis.

Lebih jauh disampaikan Mukhlis Rahman, keberhasilan pembangunan Pariaman, seperti objek wisata Pantai, infra struktur, pertanian dan lain sebagainya, merupakan usaha bersama dan bukan atas kehebatan wali kota. Wali Kota tidak ada apa-apanya, kalau masyarakat tidak mendukung program yang dikerjakan Pemko Pariaman. “Pada kesempatan ini saya bersama keluarga menyampaikan ucapan maaf kepada masyarakat, karena masih banyak keinginan masyarakat yang belum dapat terpenuhi,” tukuk Mukhlis Rahman.

Ditambahkan, tujuan kelompok Dasa Wisma ini adalah membantu kelancaran tugas-tugas pokok dan program PKK kelurahan dan Desa. Untuk peningkatan kesehatan keluarga. Bentuk kegiatannya seperti arisan, pembuatan jamban, sumur, kembangkan dana sehat (PMT, pengobatan ringan, membangun sarana sampah dan kotoran)

Secara umum tujuan dari kegiatan tersebut berbasis masyarakat terciptanya sistem kewaspadaan dan kesiapsiagaan dini di masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya penyakit dan masalah-masalah kesehatan yang akan mengancam dan merugikan masyarakat yang bersangkutan.

Dasa Wisma sebagai salah satu wadah kegiatan masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan program-program kegiatan gerakan PKK di tingkat desa,yang nantinya akan berpengaruh pula pada kegiatan gerakan PKK di tingkat Kecamatan dan Kota.

Menurut Ketua PKK Kota Pariaman, Ny. Reni Mukhlis, insentif Dasa Wisma yang dibayarkan untuk 5 bulan, setiap bulannya Rp. 50.000 x5 = Rp. 250.000.

Hadir dalam penyerahan Isntef Dasa Wisma tersebut, Asisten II Ir. Devinal, MM Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan, Ir. Agustriatman, MM, Kadis Kominfo, Nazifah. (bb)