Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Disela sela kesibukannya, Walikota Payakumbuh Riza Falepi menyempatkan memenuhi undangan syukuran dari masyarakat dan pemuda Kelurahan Padang Karambia Kecamatan Payakumbuh Selatan pada Senin (12/02) kemaren.

Syukuran digelar warga sehubungan dengan suksesnya pelaksanaan lomba mancing ikan larangan yang digelar beberapa waktu lalu di aliran Batang Sikali Kelurahan Padang Karambia.

“Kami bersama pemuda dan masyarakat sengaja mengundang Pak Wali untuk syukuran atas terlaksananya lomba mancing ikan larangan di kelurahan kami beberapa waktu lalu yang juga dibuka oleh Pak Wali dan Ketua DPRD”, ujar Lurah Padang Karambia Taufikurrahman.

Dikatakan, dari kegiatan lomba memancing tersebut, pihaknya berhasil mengumpulkan dana cukup besar. “Alhamdulillah kegiatan lomba bisa menghimpun dana hingga Rp. 27 juta, rencananya sebagian dana dibelikan bibit ikan baru dan sebagian untuk kegiatan kemasyarakatan”, terang Taufikurrahman.

Ditambahkan, kegiatan pemeliharaan ikan larangan tersebut dikelola oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) yang mayoritas diisi oleh para pemuda Kelurahan Padang Karambia sebanyak kurang lebih 40 orang.

“Kegiatan ini setidaknya punya efek ganda, disamping pemberdayaan generasi muda kami, ia sekaligus memberi dampak ekonomi kepada pemuda dan masyarakat sekitar”, ujar Taufik diamini oleh Ketua Pokmaswas Aswad.

Walikota Payakumbuh dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan Pemerintah Kelurahan Padang Karambia bersama pemuda dan masyarakat setempat.

“Kami memberi apresiasi kepada pemuda, masyarakat dan Lurah Padang Karambia karena telah jeli memanfaatkan potensi alam yang ada di Kelurahan Padang Karambia. Kegiatan ini mampu memberdayakan generasi muda dan menambah penghasilan mereka, secara otomatis akan menekan pengaruh Pekat di kalangan pemuda”, ujar Walikota Riza.

Dikatakan, Pemerintah Kota Payakumbuh memang mengharapkan adanya inovasi dan gebrakan disetiap kelurahan untuk mengoptimalkan potensi yang ada di daerahnya sehingga bisa membantu ekonomi masyarakat.

“Kita mesti bisa menciptakan peluang-peluang usaha baru untuk memperbaiki ekonomi masyarakat. Target kami adalah meningkatkan pendapatan asli daerah, kalau bisa sampai satu trilyun, sehingga kita tidak terlalu tergantung dengan bantuan dana dari pusat”, pungkas Wako Riza.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Sekda Kota Payakumbuh Benny Warlis, Sekretaris Camat Payakumbuh Selatan Maryulinda, Ketua Pokwasmas Aswad beserta anggotanya, dan tokoh masyarakat Kelurahan Padang Karambia.(*/rel)