Hari Menanam Pohon Indonesia di Payakumbuh diperingati dalam sebuah acara di kawasan perbukitan jalan lingkar utara di Kelurahan Kubu Gadang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Senin (16/12). Hari itu, secara bergantian seluruh Muspida, Walikota Riza Falepi, Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar, Ketua DPRD Wilman Singkuan, dan anggota Muspida, semuanya bersama isteri ikut menanam pohon trambesi.

Kegiatan menanam pohon di Payakumbuh disejalankan dengan kegiatan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon yang dimotori TP-PKK Payakumbuh. Seluruh ketua organisasi wanita, seperti Ketua TP-PKK Ny. Dr. Henny Riza Falepi, Ketua GOW Ny. Rasyidah Suwandel Muchtar, Ketua Ikade Ny. Surya Wilman, Ketua Persit KCK Kodim 0306 Ny. Trisno Widodo, Ketua Bhayangkari Ny. Rubintoro, ikut menanam pohon.

Walikota Riza Falepi, dalam sambutannya, menegaskan, kegiatan menanam pohon harus terlaksana dengan baik. Seluruh warga diajak terlibat aktif menghijaukan kembali kota ini. Lahan-lahan kritis, hutan yang gundul, lingkungan pemukiman yang rindang, saatnya dihijaukan lagi, guna terciptanya lingkungan alam yang bersih tanpa polusi.

Pohon yang ditanam, selain beguna untuk penghijauan, serapan air, juga harus memberi manfaat buat kehidupan dan kesejahteraan. Karena itu, penanaman pohon aren, salah satu pohon yang cocok untuk dikembangkan, sebut Walikota.

Walikota Riza Falepi, hakul yakin target pemerintah menanam satu miliar batang pohon tahun ini bakal tercapai. Data di Kemeterian Kehutanan, seperti disampaikan Kadis Pertanian Payakumbuh Iqbal Bermawi, hingga Oktober telah 610,6 juta batang yang ditanam, dan kini telah ada 860 juta batang lagi di persemaian yang siap tanam.

“Dalam kondisi musim hujan saat ini, saya optimis dapat dipacu target penanaman pohon ini di Payakumbuh,” ujarnya dalam peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia tersebut.

Sebelumnya, Ketua TP-PKK Ny. Dr. Henny Riza Falepi, juga menyatakan tekad kaum perempuan dalam gerakan tanam dan pelihara pohon. “Kami kaum perempuan yang tergabung dalam berbagai organisasi wanita siap mendukung program penanaman semiliar pohon ini. Kami tak enggan mengayun cangkul, menanam pohon penghijauan di lingkungan tempat tinggal, lingkungan kelurahan dan pada semua lahan kritis yang ada di Payakumbuh,” tegas Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi didampingi Ketua GOW Ny. Rasyidah Suwandel Muchtar, di lokasi acara penuh semangat.

Dalam menyukseskan Hari Menanam Pohon ini, menurut Kabid Kehutanan Ir. Ir. Hendri Efizal, Payakumbuh menyiapkan 17.500 batang bibit pohon berbagai jenis, di antaranya trambesi, mahoni, surian dan glodok merah. Dari Januari lalu, sampai akhir November, telah ditanam 7.900 batang pohon. Sisa 7.900 pohon lagi, akan dikejar dalam Desember hingga Januari 2014 mendatang.

Daerah sasaran, selain kawasan perbukitan, lingkungan pemukiman, perkantoran, jalan raya, juga akan ditanam disepanjang aliran sungai di kota Payakumbuh.