Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Solok Bio Bio, Sebuah Nagari yang masih asri di Limapuluh Kota dengan keindahan alam yang mempesona. Hamparan sawah dan tebing terjal menghiasi pemandangan di nagari ini. Dinding terjalnya dihiasi air terjun dan juga menarik untuk di taklukan bagi penggemar olah raga panjat tebing.

Tahun ini Nagari Solok Bio bio menjadi pilihan lokasi jambore Nasional Panjat Tebing ke III tahun 2017. FPTI Sumatera Barat dan Limapuluh Kota yang didaulat sebagai Tuan Rumah Jambore ini menjatuhkan pilihan pada tebing Solok Bio Bio karena struktur tebing yang menantang dan alam yang indah.

Jambore kali ini mengusung semboyan dari Nagari menuju Nasional. Rabu 20/12 jambore di buka secara resmi oleh Andri  wali nagari Solok Bio Bio Kecamatan Harau Limapuluh Kota. Dihadapan peserta Jambore dan pengurus FPTI Limapuluh Kota dan Sumatera Barat, Walinagari yang masih muda ini mengucapkan terimakasih kepada panitia yang telah memilih Nagari Solok Bio Bio sebagai lokasi Panjat Tebing.

“Kami masyarakat Solok bio bio ingin menduniakan wisata alam kami yang juga tidak kalah dengan Nagari Harau. Harau menuju Dunia, Solok Bio Bio menuju Nasional”  Berbagai lokasi wisata seperti air terjun, camping area, dan tebing tebing indah untuk pecinta olah raga panjat tebing kita punya. Minim Akses Internet,kita bangun tower wifi di kantor Wali nagari. Biar masyarakat disini bisa melihat dunia luar dan bisa mengekspos keindahan daerah ini keluar.Ujar Andri di atas panggung pembukaan acara.

Jika Harau kita ibaratkan Obor, Solok bio Bio adalah lilin lilin kecil yang siap menerangi imbuh Andri dengan penuh semangat untuk kemajuan Nagari Solok Bio Bio ini.

Sementara Irwan Hidayat dari KONi Limapuluh Kota pada kata sambutan mengharapkan dengan kegiatan ini lahir atlit atlit berprestasi panjat Tebing/panjat dinding. Apalagi Limapuluh Kota sedang bersiap menynsong pra porprov dan Porprov 2018. Dengan kegiatan ini termotivasi generasi muda daerah ini untuk menekuni olah raga panjat tebing ini.

Hal senada juga di sampaikan ketua FPTI Sumbar M.Radid Akbar,kegiatan jambore ini kedepan bisa menjadi pemicu semangat untuk para atlit meningkatkan prestasi dan meningkatkan kunjungan wisatawan terutama minat khusus. FPTI siap mendapingi dan memberikan pembinaan untuk pariwisata minat khusus ini,imbuh M.Radit Akbar.

Tim dari DKI Jakarta,Banten dan kalimantan Selatan serta club club panjat tebing yang ada Disumatera Barat hadir di acara ini. Juga ada perwakilan dari Russia yang tampak bergabung.

Andri Walinagari Solok Bio Bio berharap kedepan acara seperti ini bisa di adakan dan sebagai anak nagari siap membantu mensukseskan olah raga panjat tebing ini.

Acara pembukaan ini juga di isi dengan penyuluhan narkoba oleh BNN Kota Payakumbuh kepada pelajar SLTA. Denni Ashar S.I Kom dan Indra Yulita SP.i hadir sebagai pemateri dalam penyuluhan ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan imun kepada generasi muda tentang bahaya narkoba. Kita berharap dengan kenal bentuk dan akibat dari menggunakan narkoba,generasi muda kita bisa membentengi diri dari bahaya barang haram ini,ujar Denni Ashar didampingi Indra Yunita kepada Berita Sumbar di lokasi acara.