26 C
Padang
Jumat, April 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Wako Mahyeldi Kagumi Alutsista Udara TNI AU
W

Kategori -
- Advertisement -

PADANG – Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, SP menyaksikan secara langsung kegiatan latihan Moverick skadron Udara 12 dengan pesawat jenis Hawk 100/200 di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Sumatera Barat, Senin (13/4).

Kedatangan Walikota disambut Danlanud Padang Ltk Pnb Muhammad Apon, ST, MPA dan Dansakadron Udara 12 Ltk Jajang Setiwan.

Ketika mendapatkan penjelasan dari Dansakadron udara 12 Ltk Jajang Setiwan tentang kegiatan latihan ini Walikota Padang sangat serius menerima setiap detail tugas dan kemampuan alutsista udara ini.

“Kita merasa lebih tentram, ternyata setelah melihat langsung kehadiran pesawat tempur canggih ini, saya sangat kagum. Tidak gampang menjadi pilot tempur,” kata Walikota.

Harapanya, dengan kegiatan latihan pesawat tempur yang juga disaksikan masyarakat kota Padang ini dapat menginspirasikan para pemuda menjadi pilot yang gagah dan berani.

Menurut Danlanud Padang, pagelaran pesawat tempur TNI Angkatan Udara di BIM ini dalam rangka memperkuat sistem pertahanan udara untuk menjaga kedaulatan NKRI, khususnya di wilayah udara.

Selain itu, jelas Danlanud, untuk meningkatkan profesionalisme para pilot tempur juga melaksanakan latihan penembakan dari udara ke sasaran di darat dan laut atau disebut juga air to ground dengan rudal maverick.

“Kita berharap kehadiran Bapak Walikota Padang serta pejabat yang lain dapat membangkitkan semangat kita di daerah untuk kedaulatan bangsa,” sebut Apon.

Ia menambahkan, pesawat ini milik rakyat yang di beli dari hasil pajak yang di bayar masyarakat. Jadi masyarakat pun diperkenankan untuk melihat langsung alutsista udara yang dimiliki saat ini.

“Bagi masyarakat yang ingin melihat secara langsung alutsista udara, kita sambut dengan senang hati,”ujarnya.

Dalam latihan ini, sebanyak 4 pesawat dan 12 sortie penerbangan dengan lancar dapat dilakukan. Dengan mengambil area latihan seputaran di atas wilayah Painan dan Tiku, Agam. Disimulasikan dalam latihan ini pesawat tempur menembakan rudal dari udara ke sasaran yang ada di darat atau perairan menggunakan rudal Maverick.

Latihan yang menggunakan Smart Bombing ini juga bertujuan untuk mencapai Currancy dalam melaksanakan penembakan menggunakan Rudal Maverick atau Air Guided Misille (AGM/TGM) 65. (du)

 

Sumber: Humas Kota Padang
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img