Limapuluh kota,BeritaSumbar.com,- Menyasar kalangan masyarakat kurang mampu, komunitas perantau Minang yang tergabung dalam Perkumpulan Indojalito Peduli, bersama pemkab Limapuluh Kota mengadakan kegiatan bakti sosial dalam bentuk khitanan masal di Puskesmas Harau, Tanjung Pati, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (26/4).
Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan yang langsung mementau kegiatan ini mengungkapkan rasa terimakasih sekaligus memberikan apresiasi atas kepedulian dari perkumpulan Indojalito.
“Tentu kita sangat mengapresiasi kegiatan bakti sosial yang disponsori Indojalito, dan kita juga mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya,” ucapnya.
Lebih lanjut Wabup Ferizal Ridwan mengatakan, tercatat sebanyak 360 orang anak di Kabupaten Limapuluh Kota telah mengikuti kegiatan khitanan masal ini.
“Dengan kegiatan ini, masyarakat akan sangat terbantu, setidaknya telah dapat meringankan biaya untuk berkhitan. Untuk itu kami berharap kegiatan-kegiatan serupa dapat kita laksanakan dimasa mendatang, tentu dengan menyasar anak dari kalangan tidak mampu,” paparnya.
Sementara itu ketua umum Indojalito, Astri Algani mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Indojalito setiap tahun, di Lima kabupaten/Kota se Sumatra Barat.
“Setiap tahun kami membantu untuk melaksanakan sunatan masal secara bergiliran di Sumbar, untuk tahun ini kita laksanakan di Kabupaten Agam, Payakumbuh, Limapuluh Kota, Sawah Lunto Sijunjuang dan Padang,” sebutnya.
Ketua Indojalito peduli itu mengaku, bahwa masyarakat sangat antusias dengan kegiatan ini, dari 1.200 kuota yang disediakan, sampai saat ini sudah tercatat hampir 1.500 orang anak untuk tahun ini telah di khitan melalui program bakti sosial Indojalito.
“Kita berharap, kegiatan ini akan bermanfaat bagi masyarakat, Tadinya kita mempersiapkan untuk 1.200 orang, tapi ternyata di bukitinggi saja kemeren sudah hampir 300, dan untuk di kabupaten Limapuluh Kota kita siapkan 250 orang, tapi sampai saat ini saja sudah mencapai 360 orang anak,” ungkapnya.
Selain Wakil Bupati Limapuluh Kota  Ferizal Ridwan dan Kimunitas Indijalito Peduli, hadir pada kesempatan itu perwakilan dari dinas kesehatan, tim medis dan para relawan.(rel)