Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2019, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota menggelar Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2019, di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota, Kamis (8/2). Konsultasi Publik ini bertujuan untuk menentukan arah kebijakan Pembangunan Kabupaten Limapuluh Kota Tahun 2019 dan  mewujudkan perencanaan program dan kegiatan pembangunan Kabupaten Limapuluh Kota Tahun 2019, yang terintegrasi dan berkelanjutan dengan RPJMD Kabupaten Limapuluh Kota Tahun 2016–2021.

Dengan Konsultasi Publik diharapkan dapat terwujud koordinasi, sinergitas, effisiensi dan efektifitas dalam penyusunan prioritas rencana program kegiatan dan anggaran yang akan  dituangkan dalam RKPD Tahun 2019.

Kegiatan konsultasi publik ini dibuka oleh Wakil Bupati Limnapuluh Kota, Ferizal Ridwan,  Hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh, Deni Asra, Asisten Pemerintahan Drs, Dedi Permana, Kepala Bapelitbang Limapuluh Kota, Drs. Widya Putra, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota.

Dalam sambutannyaWabup Ferizal mengatakan bahwa konsultasi publik ini bertujuan untuk menentukan arah kebijakan Pembangunan daerah.

“Ini kegiatan awal yang sangat menentukan arah kebijakan pembangunan daerah, dan kegiatan inilah yang akan  mewujudkan perencanaan program dan kegiatan pembangunan Kabupaten Limapuluh Kota Tahun 2019 “ ucap Ferizal

Selanjutnya Ferizal Ridwan juga menuturkan bahwa Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota mulai menerapkan sistem perencanaan (e-planning) dan penganggaran (e-budgeting)

“Dengan sistem perencanaan (e-planning) dan penganggaran (e-budgeting) yang terintegrasi secara elektronik, maka dengan pemberlakuan aplikasi tersebut seluruh program dan kegiatan serta pekerjaan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Limapuluh Kota harus tertuang di dalam RKPD.” Jelasnya.

Kepala Bapelitbang Kabupaten Limapuluh Kota Widya Putra, menyampaikan dalam laporannya bahwa, kegiatan ini merupakan bentuk kita merealisasikan permendagri Nomor 86 tahun 2017, tentang meningkatkan kualitas perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.

“Kegiatan ini merupakan suatu bentuk untuk merealisasikan Permendagri no 86, dalam konsultasi publik rancangan awal RKPD ini, kita akan menbahas prioritas pembangunan Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2019.” Jelas Widya.

Selanjutnya widya juga mengatakan bahwa, sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, akan melaksanakan musrenbang kecamatan tanggal 12 Februari 2018, yang insya allah akan dimulai dari kecamatan Payakumbuh.(*)