Padang, BeritaSumbar.com ,– Setelah sempat vakum di Sumatera Barat pasca habisnya masa kepengurusan yang lama, akhirnya Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) menerbitkan surat mandat untuk membentuk kepengurusan baru.
Surat mandat bernomor: 080/DPP-IPJI/A.3/II/2018 yang ditandantangani langsung oleh Ketua Umum H. Taufiq Rahman, SH, S.Sos tersebut, diberikan DPP IPJI kepada Syaiful, SH, M.Hum, sejak tanggal 20 Februari 2018 yang lalu.

Dalam mandat yang berlaku hingga 19 Mei 2018 itu, DPP IPJI meminta pada Syaiful untuk membentuk dan menyusun komposisi dan personalia DPW IPJI Provinsi Sumatera Barat, serta melakukan konsolidasi organisasi dengan DPC IPJI yang ada di seluruh wilayah Sumbar.
Selain itu, DPP juga meminta agar Syaiful melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah, TNI, Polri dan pihak swasta serta unsur terkait lainnya tentang keberadaan IPJI di Sumbar.
Menanggapi hal itu, Syaiful mengatakan bahwa saat ini ia tengah melakukan koordinasi dengan seluruh anggota IPJI di masing-masing DPC yang ada di Sumbar ini, untuk selanjutnya akan melakukan konsolidasi.

“Sebagai pemegang mandat, saya sudah melakukan komunikasi dengan seluruh jajaran IPJI yang ada di Sumbar ini. Selanjutnya, kita akan segera melakukan konsolidasi untuk membentuk strukturisasi DPW IJPI Sumbar,” ungkap pria yang juga merupakan seorang pengacara dan Ketua Umum KONI Provinsi Sumbar ini.

Mudah-mudahan, lanjut Syaiful, sebelum habis masa berlakunya surat mandat itu, kepengurusan DPW IPJI Sumbar ini sudah bisa terbentuk, dan segera dilantik. Sementara itu, DPC IPJI Payakumbuh, Syafrizal Ambo menyatakan sangat mendukung pembentukan baru pengurus IPJI di SUmbar, mengingat saat ini sudah hampir seluruh penulis blog menyatakan siap bergabung dengan IPJI.

“Di kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota, cukup banyak bloger yang aktif menulis, dan juga anti hoax. Mereka semua sudah menyatakan akan bergabung dengan IPJI,” terang Pimpinan Redaksi Berita Sumbar ini, meyakinkan.

Hal senada juga dikatakan Anggit, dari DPC IJPI Tanahdatar. Menurutnya, DPW IPJI Sumbar perlu segera membentuk kepengurusan baru, dan nantinya harus selektif dalam menerima anggota.

“Artinya, kita harus menerima anggota yang latarbelakangnya jelas, apakah itu penulis atau jurnalis yang jelas hasil karyanya. Saya mendukung sepenuhnya atas mandate yang diberikan pada pak Syaiful,” sebutnya.

Lebih jauh, Anggit juga menyatakan siap untuk melakukan konsolidasi dengan para anggota yang telah lama tergabung di IPJI. (IPJI)