Padang – Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) akan mengirimkan sebanyak 4030 orang mahasiswa untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2015 mulai Juni mendatang.

“Dari jumlah tersebut, peserta KKN unand ini didominasi oleh mahasiswi yang jumlahnya dua kali lipat mahasiswa,” kata Ketua BP-KKN Unand, Ujang Khairul, di Padang, Jumat.

Dia menyebutkan untuk jumlah peserta mahasiswa putra yang akan berangkat sebanyak 1665 orang, sedangkan mahasiswa 2364 orang.

Kesemua mahasiswa ini berasal dari 15 fakultas di Unand tersebut akan dikirim ke 15 wilayah kabupaten/kota seluruh Sumbar.

Kabupaten tujuan pengiriman mahasiswa tersebut antara lain Pesisir Selatan, Solok, Tanah Datar, Padang Pariaman, Agam, Lima Puluh Kota dan Dharmasraya.

Sedangkan Kota Tujuan KKN Unand tahun ini hanya terdiri atas Sawahlunto, Solok, dan Pariaman, sebutnya.

“Jumlah peserta tersebut akan mengikuti delapan jenis KKN yang akan didampingi jenis dan jumlah pembimbing yang berbeda,” kata Ujang.

Kedelapan jenis KKN itu sebutnya, terdiri atas Reguler, Tematik Model Kakao, Tematik Kebencanaan, Tematik Temporal, HIbah Dikti, Tematik Model Kelapa, Tematik Model Kopi, dan Tematik Kelapa Sawit.

Khusus untuk KKN Reguler, para mahasiswa ini akan berangkat pada 29 juni mendatang.

Lokasi KKN ini di berbagai 15 kabupaten dan kota di Sumbar dengan alokasi 35-40 orang per nagari.

KKN Reguler ini bernama Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat yang pelepasannya telah dilakukan senin (18/5) lalu, ucapnya.

Sementara itu sebelumnya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengimbau kepada peserta KKN-PPM untuk mengikuti aturan yang berlaku di daerah masing-masing.

Menurutnya, dengan mengikuti aturan lokal masyarakat tersebut, bermanfaat sebagai langkah awal para mahasiswa KKN untuk mengenal masyarakatnya.

Dengan begitu katanya, akan memudahkan dalam penyampaian program dari KKN yang telah disusunnya.

 

Sumber: Antara
loading...