Simpang Ampek, 10/10 – Sebanyak 62 pebalap sepeda Tour de Singkarak dari 19 tim melakukan start dari depan Kantor Bupati Pasaman Barat, Sumatera Barat, dan finis di Puncak Lawang, Kabupaten Agam.

Para pebalap mulai start pada Sabtu, sekitar pukul 11.00 WIB dilepas Pj. Bupati Pasaman Barat Fajaruddin didampingi Kepala Kepolisian Resor Pasaman Barat AKBP Toto Fajar Prasetyo serta unsur Muspida setempat.

Proses start yang perdana di Pasaman Barat mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Panitia mengakui animo masyarakat TdS di Pasaman Barat sangat tinggi.

“Sungguh luar biasa animo masyarakat di Pasaman Barat ini. Ke depan kalau bisa Pasaman Barat menjadi tempat pembuka atau Grand Opening pada 2016,” kata Chairman TdS 2015 Saptan Nirwandar di Simpang Ampek.

Para pembalap pada etape 8 ini akan melewati Danau Maninjau dan Kelok 44. Mereka akan memulai titik sprint sejak start sampai Bawan dan Lubuk Basung.

Setelah adu sprint, para pebalap lantas akan menemui tanjakan King of Mountain pertama di Muko-muko.

Setelah itu trek relatif menanjak. Sampai kemudian para pebalap menghadapi Tanjakan King of Mountain kedua di Embun Tanai.

Informasi yang diperoleh pembalap asal Iran, Arvin Moazemi Goudarzi masih memimpin klasemen pebalap dengan catatan waktu 23 jam 22 menit 37 detik. (Ant/Altas Maulana)