Tim sepakbola U-21 Payakumbuh yang disiapkan  terjun pada Porprov XIII/2014 di Dharmasraya, tahun depan, makin mengkilap, sejak ditangani pelatih Ismail Fahmi. Dalam turnamen sepakbola Bupati Pasaman Barat Cup 2013, di lapangan Simpang Empat, Payakumbuh maju ke partai final, setelah mengalahkan tim Pariaman lewat adu pinalti, 4-3, Senin (28/10).

Partai final  turnamen ini, dijadwalkan berlangsung di lapangan yang sama, Jum’at (1/11) mendatang. Calon lawan tim U-21 Payakumbuh, pemenang antara tim Pasaman Barat versus tim Pasaman, yang  berlaga Selasa (29/10). Saat berita ini naik cetak, belum diketahui hasil pertandingan tersebut. “Bagi kita siapa pemenangnya tak soal. Anak-anak  sudah siap mental  melayani kedua tim tuan rumah itu,” tegas Ketua Pengkot PSSI Payakumbuh Tri Venindra di Payakumbuh, Selasa (29/10).

Sebelum tampil di partai final, dalam penyisihan grup,  tim U-21 Payakumbuh berhasil mengalahkan lawan-lawannya dengan skor cukup telak. Di partai pertama, Payakumbuh menang 3-1 atas tim Kota Pariaman. Kemudian menang 4-2 atas tim Diklat Padang, dan di semi final mengungguli tim juara Porprov Sumbar XII/2012 , Kabupaten Padangpariaman 4-3, lewat drama pinalti.

Selain terjun dalam turnamen memperebutan trofi Bupati Pasaman Barat, tim U-21 Payakumbuh, juga bertarung dalam kejuaraan  Walikota Cup Sawahlunto. Dalam kejuaraan ini, panitia hanya mengundang 4 tim  U-21 terbaik Sumbar, masing-masing PS Talawi Putra, PS Semen Padang, Payakumbuh dan tuan rumah PS Tanah Lapang Sawahlunto.

Dalam pertandingan pertama, Minggu (27/10), tim U-21 Payakumbuh berhasil mengalahkan tuan rumah PS Tanah Lapang dengan skor telak 4 gol tanpa balas. Rencananya, Payakumbuh  kembali merumput melawan tim tangguh Semen Padang, Selasa (29/10).

Menurut Ketua Pengkot PSSI Tri Venindra, anggota DPRD Payakumbuh dari PKS ini, tim asuhan Ismail Fahmi itu, diproyeksikan merebut emas pada Porprov Sumbar di Dharmasraya tahun depan. “Melihat kekompakan tim yang makin padu, ditunjang kemampuan individu yang makin baik, seluruh jajaran pengurus dan pelatih optimis merebut emas pada Porprov nanti,” ungkap Tri.