Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pengadaan Air Minum dan Sanitasi(Pamsimas) di Limapuluh Kota beberapa tahun ini sangat membantu masyarakat dalam penyediaan air bersih dan penyehatan lingkungan, terutama di daerah daerah yang belum terjangkau PDAM daerah ini.

Jumat 12/1 Para Team Pamsimas Limapuluh kota lakukan audiensi dengan bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi di Pendopo rumah dinas Bupati. alam dAudiensi ini team Pamsimas berharap adanya penambahan anggaran di APBD Limapuluh Kota untuk pengadaan air bersih dan peningkatan kegiatan penyehatan lingkungan melalui OPD terkait.

Rosnimar Irvan ketua DC Pamsimas Limapuluh Kota bersama rekan rekan sampaikan program Pamsimas yang sudah di laksanakan dan yang akan di laksanakan di tahun 2019 ini kepada irfendi Arbi. Buk Ros panggilan akrab ketua DC Pamsimas ini memaparkan seluruh titik yang sudah dijangkau Pamsimas dan yang akan di jangkau.

Kedepan Buk Ros berharap dukungan yang lebih dari tahun kemaren kepada pemerintahan Kabupaten melalui anggaran APBD daerah untuk meningkatkan program pengadaan air bersih dan kesehatan lingkungan seperti yang di lakoni Pamsimas ini. Kementrian berharap pemda/pemkab bisa menganggarkan 5% dari APBD untuk air bersih dan kesehatan warga. Sementara kondisi daerah kita sekarang ,minimal 2,5 % bisa di anggarkan untuk ini melalui OPD terkait.

Dalam pertemuan ini Irfendi Arbi sangat berterimakasih dengan kegiatan Pamsimas dalam mengusahakan tersedianya air minum bagi warga Limapuluh Kota,serta membantu membina bagaimana pola hidup sehat dengan MCK yang layak. Saat ini masih banyak PR kita dalam membenahi pola hidup sehat di tengah masyarakat Ujar Irfendi Arbi, Bantuan Pamsimas sangat di perlukan dan sangat berarti bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat Limapuluh Kota,apalagi di daerah daerah yang jauh dari jangkauan PDAM.

Pamsimas tidak hanya bergerak dalam penyediaan air minum tapi juga sanitasi. Dimana masyarakat diberi pengetahuan bagaimana pentingnya kebersihan lingkungan dan bebas dari buang air besar sembarangan. Selama ini masyarakat cendrung buang air besar disungai atau kolam dengan alasan air yang sulit. sekarang di arahkan dengan pengadaan wc minimal 1/perumah. dan air yang sudah mengalir sampai kerumah rumah warga sehingga warga tidak kesulitan air bersih. inilah keuntungan program Pamsimas ujar Rosnimar dihadapan Bupati Limapuluh Kota.

Program pamsimas mampu menciptakan PDAM Mini yang nantinya bisa di kelola dengan baik oleh nagari atau jorong yang mendapat bantuan ini. untuk kelansungan dan peningkatan kapasitas Rosnimar Irvan juga berharap kepada DPRD untuk bisa mengarahkan aspirasi anggota dewan kepada program ini. terutama di dapil masing masing.

Sementara itu Deni Asra wakil ketua DPRD liampuluh Kota yang sempat dihubungi BeritaSumbar beberapa waktu lalu juga menyatakan siap untuk membantu kegiatan ini. Hal yang sama juga di katakan Wendi Chandra Dt Marajo anggota DPRD daerah ini yang didapilnya juga banyak berjalan program Pamsimas. Kita siap untuk lakukan audiensi dengan Para pendamping Pamsimas Limapuluh Kota membahas bagaimana air bersih dan kesehatan masyarakat bisa lebih di tingkatkan ujar Deni Asra dan Wendi Candra.(*)