Pariaman,BeritaSumbar.com,-Dibalik meja berukuran sedang dengan lindungan tenda 2×2 meter,berdiri seorang peremouan cantik yang bersahaja menghadapi beragam bahan adonan untuk membuat makanan khas Pariaman. Wanita tersebut merupakan salah seorang peserta Pariaman Expo 2019 yang di gelar dari tanggal 9 sampai 14 juli mendatang di Pantai Gandoriah Kota pariaman.

Pada Pariaman Expo 2019 ini perempuan cantik yang selalu tampil dengan ceria ini optimis bisa meraih juara diajang festival Sejuta Sala pada Pariaman Expo 2019. Bagi wanita yang sehari hari akrab dipanggil Santi ini, Sala selain cemilan atau kuliner khas Pariaman juga merupakan sebuah bisnis yang cukup menjanjikan untuk perbaikan ekonomi di era milenial ini. Bahkan Santi menyebut Sala lauak ini dengan julukan “Sala Zaman Now”

Biasanya kita mengenal sala ini dengan bentuk bulat, baik kecil,sedang maupun besar. Tapi Santi mencoba mengkreasikan beragam bentuk sala. Tidak monoton dengan bentuk bulat saja.

Sala Steak, sala Udang, sala lonjong, sala arai pinang, sala telur, dan sejenisnya.
Inovasi tersebut diciptakan Santi untuk mengikuti zaman.Kita harus terus memacu kreasi mengikuti perkembangan zaman ujar Santi di sela sela kesibukan membuat Sala di Pariaman Expo 2019 ini.

Melalui jaringan media sosial Santi bisa memasarkan produknya keluar daerah. Bentuk Sala yang unik dengan tagline Sala Zaman Now menjadi daya tarik follower Santi di media sosial untuk memesan cemilan khas Pariaman ini.

Di Desa taluak, tempat Santi ini berdomisili mampu menggerakan rekan rekannya untuk memproduksi Sala dengan beragam bentuk ini. Sehingga ,mampu menjadi industri kreatif peningkat pendapatan keluarga bagi kaum ibu ibu.

Selain dikenal sebagai pembuat Sala zaman Now, Santi juga di kenal aktif di berbagai organisasi pemuda seperti karang taruna, TKSK,KNPI KONI Sampai menjadi tenaga pendamping desa di Kota pariaman.

Semua ini tidak lepas dari karakter sosial tinggi dan mudah bergaul dengan siapa saja dalam diri Santi sehingga mampu melakoni banyak kegiatan disamping tetap menekuni profesi membuat Sala ini. Pada Festival Sejuta Sala di Pariaman Expo 2019 ini Santi merupakan salah seorang dari seratusan peserta yang beradu kreasi dan inovasi membuat Sala.(Syamsul)

loading...