32 C
Padang
Kamis, Maret 28, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

SMAN 2 Payakumbuh Impikan Adiwiyata Mandiri Nasional
S

Kategori -
- Advertisement -

Gelar sekolah Adiwiyata Nasional, telah diukir SMAN 2 Payakumbuh tahun 2012. Tahun 2014 ini, sekolah yang dijuluki Kampus Flamboyan itu, ingin mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri, gelar paling bergengsi dalam lomba sekolah berwawasan lingkungan hidup.

“Adiwiyata Mandiri, cerminan komitmen kepsek, guru, dan pelajar serta komite sekolah dalam bidang pemeliharaan lingkungan secara total, tanpa pembinaan pemerintah,” ucap Kepala SMN 2 Payakumbuh Dra. Hj. Irma Takarina, M.Si, Senin (5/5).

Dikatakan Irma Takarina, wujud dari penghargaan Adiwiyata Mandiri, usaha mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup. Sementara itu, sekolah punya kebijakan terhadap sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah. Kebijakan itu sudah berjalan cukup lama di sekolah ini, sebut Irma.

Menurut Irma, tim penilai Adiwiyata Mandiri Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup RI, sudah berkunjung ke SMAN 2, Sabtu (3/5). Tim penilai berjumlah dua orang itu, masing-masing Susanto Nugroho dan Linda, memberikan apresiasi terhadap SMAN 2. Malahan tim penilai, mengatakan, sekolah yang punya lingkungan yang tertata seperti SMAN 2 ini, hanya ada dua di Indonesia. Satu lagi, disebut tim penilai, SMAN 5 Surabaya, Jawa Timur, peraih Adiwiyata Mandiri 2012, sebut Irma mengutip pernyataan tim penilai.

“Kita seluruh jajaran sekolah tak ingin terlena dengan sanjungan tim penilai, sebelum gelar juara berada di tangan,” tegas Irma. Karena, menurut Irma, sanjungan itu tak obahnya sebuah basa-basi, dan harus diaplikasikan dengan peningkatan kinerja seluruh sekolah dalam program ini,” ungkap Irma tegas.

Ketika tim penilai pusat berkunjung ke SMAN 2 Payakumbuh, tim didampingi Kepala Kantor Lingkungan Hidup Payakumbuh Edvidel Arda, S.IP dan Bapedalda Sumbar Rina. S.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img