Kebakaran kembali melanda Payakumbuh, kali ini sebuah rumah gadang milik Nilma 60 th yang dihuni 5 orang warga berlokasi di samping Champion Futsal Jl. Rky. Rasuna Said Kelurahan Balai Nan Tuo Payakumbuh Timur, ludes dilalap sijago merah .

Peristiwa ini terjadi pada,  Senin (18/11) malam sekitar pukul 02.00 Wib dini hari. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini. Dalam kurun waktu kurang dari setengah jam, 3 unit Damkar Kota Payakumbuh dibantu Damkar Kab. Lima Puluh Kota datang memadamkan api.

Akibat kejadian ini, diperkirakan kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui penyebab kebakaran.

Kepedihan warga sedikit terobati dengan kedatangan Wawako Suwandel Muchtar bersama Dinas Sosial dan Tenaga Kerja diwakili Idris, Camat Payakumbuh Timur Yinida Fatwa dan Lurah Balai Nan Tuo Alpiendra pada Selasa (19/11) Siang. Kedatagan mereka tidak hanya melihat kondisi dan ikut merasakan penderitaan korban, tapi juga memberikan bantuan pada warga terkena musibah itu.

Bantuan berupa beras, sarung, tenda, matras dan alat-alat keperluan rumah tangga langsung diterima ke  5 penghuni rumah, yaitu Narno 53 th, Marianto 29 th, Siono 45 th, Arianto 25 th dan Rudi 18 th.

Dalam kesempatan ini, Wawako Suwandel Muchtar, menyebutkan musibah yang terjadi itu, tidak dapat kita elakan. “mujur sepanjang hari malang sakijok mato”. Oleh karena itu mari kita ambil himahnya. Tentu dimasa yang akan datang untuk lebih berhati-hati dan waspada terhadap musibah yang akan menyebabkan kebakaran, ujarnya.

Bantuan yang diberikan ini kalau dinilai memang tidak besar, namun ini adalah salah satu bentuk kepedulian Pemko terhadap warganya terkena musibah. Mudah-mudahan dapat mengurangi beban keluarga, simpul Wawako.