Payakumbuh-The Distinguished Gentleman Ride (DGR) dilaksanakan serempak diseluruh dunia, Minggu (25/9/2012). Tidak ketinggalan, DGR Payukumbuh 50 kota yang memiliki Sekretariat di Jalan Ade Irma Suryani, Kota Payakumbuh, secara kondusif mengendarai motor kustom, seperti cafe racer, jap style, bobber, chopper, side cars, dan sejenisnya atau motor-motor klasik. Melakukan konvoi bersama ke beberapa titik seperti Kelok 9, Halaman Parkir Kantor Bupati Limapuluh Kota dan Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah Kota Payakumbuh, konvoi ini menjadi perhatian warga disetiap daerah yang dilewati.

peserta The Distinguished Gentleman Ride  2016
peserta The Distinguished Gentleman Ride 2016

DGR dikenal lebih banyak melakukan aksi sosial dalam bentuk kepedulian kepada masyarakat dunia. Para pengendara dapat menarik sponsor baik perorangan maupun perusahaan untuk mensponsori dirinya untuk melakukan konvoi tersebut. Dana yang terkumpul dari berbagai pihak akan didonasikan untuk kepentingan riset global kesehatan pria, khususnya kanker prostat yang diidap kaum pria di dunia. Tidak sampai disitu, DGR juga memprioritaskan perhatian terhadap masyarakat yang berada dinegara konflik peperangan dan bencana alam, untuk menyalurkan bantuan dan memberikan rehablitasi mental pasca perang maupun bencana.

“Acara ini gratis Selain memperingati DGR sedunia, kita memperkenalkan, mengajak dan menghimbau komunitas anak-anak motor yang ada di Kota Payakumbuh untuk lebih peduli kepada sesama. Setiap bulan kita juga melakukan penggalangan dana untuk kepentingan kesehatan masyarakat dunia. Penggalangan dana untuk saudara kita yang berada didaerah konflik juga menjadi prioritas DGR untuk dunia,” kata ketua The Distinguished Gentleman Ride (DGR) Payakumbuh-50 Kota, Eko Cahyadi kepada Beritasumbar.com