26 C
Padang
Kamis, April 18, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Sempat Memanas, Kapolsek Tanjuang gadang Berhasil Damaikan 2 Kelompok Pemuda Yang Bertikai
S

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Minggu 29/4 malam Polsek Tanjung gadang, Polres Sijunjung berhasil meredam ketegangan akibat perselisihan antar pemuda yang terjadi di daerah ini.
Perselisina itu terjadi Tak jelas apa pangkal permasalahannya. Tiba-tiba antar kelompok Macank pemuda dari Jorong Pasar Tanjung Gadang terjadi perselihan dengan kelompok pemuda Nagari Sibakur.
Tak ingin adanya keributan, apalagi akan memasuki bulan suci Ramadhan, Kapolsek Tanjung Gadang, Iptu Polisi Zamrinaldi,SH pun melakukan mediasi pada kedua kelompok yang bertikai.
Alhasil, pada Sabtu (28/4) sekitar pukul 20.00 WIB diruang data Mapolsek Tanjung Gadang pun dilaksanakan mediasi terkait Perselisihan antara Pemuda Jorong Pasar Tanjung Gadang ( kelompok Macank ) dengan Pemuda Nagari Sibakur.
Mediasi tersebut langsung dipimpin Kapolsek Tanjung Gadang Iptu Zamrinaldi,SH, yang dihadiri Kanit Reskrim Polsek Tanjung Gadang Iptu B Zukri, Kasi Trantib Kec.Tanjung Gadang Fauzan, S.Sos, Wali Nagari Tanjung Gadang Zukri, Wali Nagari Sibakur Syafris Dubalang Arab, Ketua BPN Nagari Sibakur Tanjung, Kepala Jorong Pasar Tanjung Gadang Sahirman, Syafli Ketua Pemuda Jorong Pasar Tanjung Gadang, Ketua Pemuda Nagari Sibakur Doni Indra Fauzi dan Sekretaris Pemuda Sibaku, Ilham Suadi.
Dalam mediasi tersebut, Wali Nagari Tanjung Gadang Zukri menyampaikan agar permasalahan tersebut dituntaskan dengan kedua belah pihak dan saling berdamai serta tidak mengulangi perbuatannya kembali. “Soal ganti mengganti tidak akan menyelesaikan permasalahan,” kata Sukri seperti disampaikan Kapolsek Tanjung Gadang, Iptu Polisi Zamrinaldi pada awak media seperti di lansir wartaandalas.com, Senin (30/4) malam melaui WhatsAppnya.
Hal yag sama juga disampaikan Wali Sibakur, Syafris Dubalang Arab dan tapi pendapatnya agak berbeda.  Justeru ia juga sangat mendukung adanya upaya perdamaian.
“Kalau ada niat kedua belah pihak untuk berdamai itu yang diharapkan. Namun tetap ada pergantian kerusakan yang ditimbulkan  dan biaya berobat bagi yang mengalami luka,” sebutnya.
Menanggapi persoalan yersebut, lalu  Kapolsek Tanjung Gadang Iptu Zamrinaldi,SH pun akan bicara. ” Pendapat kedua walinagri sama sama benar dan pendapat yang benar ini kita carikan kebenaran yang sebenarnya dan diterima oleh kedua belah pihak,”kata kapolsek kala itu.
Meski perundingan berlangsung alot antara kedua belah pihak yang masih mempertahankan pendapatnya  namun sampai hari Minggu (29/4) pukul 00.30 WIB pun didapatkan kesepakatan damai.
Kesepakatan damai berkat mediasi kapolsek itu, kedua belah pihak sepakat perselisihan yang terjadi merupakan kesalah pahaman dan sepakat berdamai dan tidak melanjutkan ke Proses hukum.
“Kerusakan yang timbul dari akibat permasalahan tersebut di tanggung oleh kedua belah pihak dengan cara biaya perbaikan sepeda motor yang mengalami kerusakan  di bagi dua. Nah, apabila kemudian hari timbul permasalahan yang sama tidak akan membawa atas nama kelompok dan akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” sebut kapolsek menyampaikan isi perdamaian tersebut.(sr) Sumber Berita: wartaandalas.com

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img