Padang Pariaman -beritasumbar.com,-Satlantas Polres Padang Pariaman menggelar sosialisasi operasi keselamatan lalu lintas dengan menampilkan tokoh super hero seperti Superman, Wonder Woman, Cat women serta tokoh kartoon Grufi. Kegiatan yang digelar pada Hari Sabtu 4 Mei 2019 dijalan raya Padang- Bukittinggi tepatnya dipertigaan simpang lintas Lubuk Alung.

Dalam kegiatan tersebut satlantas Polres Padang Pariaman membagikan brosur keselamatan berlalulintas kepada pengguna jalan dan pemasanga stiker keselamatan kepada kendaraan agar selalu tertib dan mengutamakan keselamatan dalam berlalulintas.

Kapolres Padang Pariaman AKBP Rizki Nugroho, SE. MM.Tr melalui Kasat lantas IPTU Yuliadi,SH ,MH. Menyampaikan “Dalam operasi keselamatan 2019 ini, kami prioritaskan kegiatan pendidikan masyarakat lalu lintas (Dikmas Lantas) yang mampu mewujudkan rasa simpatik masyarakat kepada Polri, khususnya Polantas dan juga untuk mengedukasi masyarakat agar menciptakan situasi yang tertib,”

Yuliadi menjelaskan dalam operasi tersebut, ada tujuh pelanggaran lalu lintas yang akan ditertibkan yakni menggunakan telepon saat mengemudi, tidak menggunakan sabuk pengaman saat berkendara dan tidak menggunakan helm berstandar nasional.
Selain itu, pelanggaran melawan arus lalu lintas, mengendarai kendaraan di bawah pengaruh alkohol, narkoba, mengemudikan kendaraan di bawah umur dan yang terakhir mengemudikan kendaraan pada kecepatan maksimal.

“Adapun tujuan operasi, pertama meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, kedua, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Ketiga, menurunnya tingkat korban kecelakaan lalu lintas, keempat menambah kepercayaan Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas,” ucap Yuliadi.

Yuliadi menambahkan operasi tersebut juga merupakan salah satu usaha nyata untuk kembali menekan angka pelanggaran dan fatalitas kecelakaannya.

“Mudah-mudahan dengan operasi ini angka fatalitas semakin turun. Karena perlu diketahui bahwa kecelakaan itu diawali pelanggaran kecil dan kita tidak taat dan patuh ke aturan yang ada. Kalau kita bisa meminimalisir dan meniadakan pelanggaran itu, kecelakaan dan fatalitas lalin saya yakin akan turun,” ucap Yuliadi menambahkan.(Syamsul)