Batusangkar, BeritaSumbar.com,-Program tahfizh di Kabupaten Tanah Datar makin terus ditingkatkan. Upaya menciptakan kabupaten tahfizh sudah menjadi program utama bagi pemerintah daerah setempat.

Menghafal kitab suci Alquran ternyata tidak bagi anak-anak saja namun orang tua santripun sudah diharuskan membaca hingga menghafal alquran. Itulah terobosan baru yang dilakukan Rumah Tahfizh Alquran Fisabilillah (RTAF) Batusangkar.

Disamping melatih para santri rumah tahfizh ini juga membentuk Persatuan Orang Tua Menghafal (POM). Dengan terobosan tersebut hingga saat ini rumah tahfizh tersebut sudah mewisuda para santrinya kali yang ketiga, termasuk para orang tua santri ini.

Tahun ini RTAF mewisuda santri hafidz 1-6 juz. Sebanyak 52 orang santri dan 8 orang tua santri juga mendapat kesempatan diwisuda yang langsung dilakukan oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Minggu (09/09) di Aula Kantor Kementerian Agama Tanah Datar.

Bupati Irdinansyah Tarmizi, mengatakan, “Saya punya keyakinan, salah satu cara untuk menciptakan anak yang cerdas dan berakhlak mulia, yaitu dengan mengembangkan program tahfizh terhadap anak-anak kita, ditambah lagi terobosan rumah tahfizh kita ini yang membentuk persatuan orang tua menghafal al-quran, ini luar biasa”, ucapnya.

Dia juga menyebutkan, awalnya tahun 2016 Tanah Datar hanya punya 6 rumah tahfizh, salah satunya rumah tahfizh fisabilillah tersebut. Melihat perkembangannya semakin baik maka pada tahun itu juga dicanangkan Kabupaten Tanah Datar sebagai kabupaten tahfizh.

“Tiga tahun berlajan hingga saat ini dengan tekat yang kuat, kita Tanah Datar sudah memiliki 121 rumah tahfizh dan sebahagian sudah kita bina melalui pemerintah daerah,” katanya.

“Terhadap anak-anak kita yang sudah hafizh dengan batas yang kita tentukan juga kita beri keistimewaan dengan tidak memberlakukan zona sekolah favorit yang ingin mereka masuki. Bonus studi banding ke luar negeri, bebas masuk kuliah ke perguruan tinggi negeri bahkan hadiah umrah dari pemerintah daerah serta donaturpun akan disiapkan bagi mereka,” sambungnya lagi.

Pada kesempatan tersebut juga diumumkan hafizh terbaik 3 hingga 6 juz dan orang tua yang juga sudah hafizh 3 juz.

Turut hadir pada wisuda tahfizh tersebut wakil ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Arkadius Dt. Intan Bano, Kapala Bagian Kesra Setda Tanah Datar Afrizon, Wali Nagari Limo Kaum, dan undangan lainnya. (Irfan F).