Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Robohnya Masjid Baiturrahman Payobasuang merupakan duka bersama umat muslim. Berbagai kelompok masyarakat turut menggalang dana untuk pembangunan masjid ini kembali. Tidak ketinggalan ASN Kota Payakumbuh

Bantuan yang terkumpul langsung diserahkan Walikota Payakumbuh Riza Falepi kepada Panitia Pembangunan Masjid Baiturrahman di komplek masjid tersebut pada Senin (12/02).

“Alhamdulillah, hari ini kami berkesempatan mengantarkan bantuan dari ASN dilingkungan Pemko Payakumbuh untuk pembangunan masjid kita sebesar Rp. 81.895.000,- semoga dapat sedikit membantu pembangunan kembali Masjid Baiturrahman”, ujar Walikota Riza Falepi.

Walikota mengajak masyarakat Payobasung untuk sabar dan mengambil hikmah dari musibah yang terjadi.

“Patut juga disyukuri bahwa tidak ada korban jiwa yang terjadi, dan barangkali ini adalah cara Allah membuka ladang amal bagi kita dan kaum muslimin semuanya, jadi mari ambil hikmahnya”, kata Wako Riza.

Walikota berpesan agar proses pembangunan kembali masjid betul betul direncanakan dengan baik.

“Buatlah panitia yang baik, bangun dengan cara yang baik, kami berharap masjid baru lebih besar dari yanh sebelumnya mengingat kapasitas jamaah bertambah dengan pertumbuhan anak kemenakan kita”, ujar Walikota sembari meminta panitia masjid untuk segera memasukkan proposal bantuan dana hibah kepada Pemko.

Sebelumnya panitia pembangunan kembali Masjid Baiturrahman yang diwakili oleh Yunirwan Khatib Dt. Siri Mudo menyampaikan ucapan terima kasih kepada walikota dan jajaran ASN Kota Payakumbuh.

“Kami sangat bersyukur dengan kehadiran dan kepedulian Pak Wali, dulu pada saat masjid ini roboh pak wali juga langsung turun melihat dan sekarang juga langsung menyerahkan bantuan ASN Pemko Payakumbuh, bagi kami hal itu sangat berarti”, ujar Dt. Siri Mudo.

Dikatakan Dt. Siri, kepedulian umat Islam dalam memberi bantuan kepada Masjid Baiturrahman sangat besar. “Banyak bantuan yang sudah kami terima Pak Wali, baik uang tunai ataupun bahan bangunan, bahkan sudah ada yang menanggung keperluan batu bata dan semen dari awal sampai selesai”, ujar Dt. Siri.

Menanggapi harapan Walikota agar pembangunan Masjid agar lebih besar dari sebelumnya disambut baik oleh panitia.

“Alhamdulillah pak, kita akan bangun lebih besar karena kebetulan pemilih tanah yang dibelakang masjid bersedia menghibahkan tanahnya untuk dijadikan tanah masjid”, pungkas Dt.Siri.

Hingga Senin (12/02) sore, dari keterangan yang disampaikan Ketua Masjid Baiturrahman Riswandi, total dana sumbangan yang telah terkumpul lebij kurang 500 juta rupiah(*/rel)