Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka mewujudkan visi misi pembangunan Kota Payakumbuh dibawah kepemimpinan Walikota, Riza Falepi bersama Wakil Walikota, Erwin Yunaz sesuai amanat UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Otonomi Daerah dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Ranperda tentang RPJPD dan RPJMD, serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD, pemko Payakumbuh menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kota Payakumbuh yang dikuti sekitar 400 lebih peserta. Musrenbang digelar di GOR M. Yamin dibuka oleh Walikota Payakumbuh. Sebelum musrenbang tingkat kota ini digelar, sebelumnya telah digelar musrenbang tingkat OPD.

Selain Walikota, tampak hadir dalam Musrenbang ini Wakil Walikota, Erwin Yunaz, Ketua DPRD, YB. Dt. Parmatio Alam, Kepala Bappeda, Rida Ananda, Dandim 0306/50 kota, Solikhin, Danyon 131/BS, Yusuf Saut Tanjung, Waka Polres, Edisra, Sekda, Asisten, Pimpinan OPD, Kepala BNNK, Kepala Kankemenag bersama instansi vertikal, perbankan, Camat, Lurah, LPM, ormas, tokoh adat, bundo kanduang, fasilsator kelurahan, awak media dan peserta lainnya. Selain itu juga hadir Ketua TP PKK Kota, Henny Yusnita Riza Falepi yang didampingi Magdalena Erwin Yunaz.

Musrenbang tingkat Kota Payakumbuh pada Rabu (27/12) diawali dengan pembacaan wahyu ilahi oleh Censo dan pembacaan doa oleh Kanapi.

Kepada Walikota dan para hadirin, Kepala Bappeda yang diwakili Kabid Sosbud, Yuswaldi melaporkan pelaksanaan musrenbang.

” Musrenbang RPJMD 2017 – 2022 tingkat Kota payakumbuh akan berlangsung selama 2 hari yang kita mulai hari ini hingga esok Kamis. Adapun tujuan kegiatan untuk menampung aspirasi dari semua unsur pemangku kebijakan dan peserta RPJMD sehingga terwujud Rancangan sesuai rpjmd 2017-2022 yang selaras dengan visi dan misi, yang selanjutnya kita sebut sebagai output kegiatan. Dalam musrenbang ini kita akan mendengarkan berbagai paparan dari OPD yang akan kita klasifikasikan menjadi 5 komisi yang akan melakukan sidang pleno yang akan kita lanjutkan ke sidang komisi pada hari kedua pelaksanaan musrenbang ini. Untuk sidang komisi mendatang, komisi I akan berdiskusi di GOR M. Yamin,  Komisi II di aula Bappeda, komisi III di aula Diknas, Komisi IV di aula PU dan Komisi V di aula Koperasi Payakumbuh Timur. Setiap komisi akan didampingi tenaga teknis dan tim ahli,” lapor Yuswaldi

Menanggapai pelaksanaan musrenbang, Ketua DPRD Kota Payakumbuh, YB. Dt. Parmato Alam dalam harapannya menyampaikan visi dan misi kepala daerah akan tertuang dalam RPJMD.

“Pergantian kepala daerah seringkali mengabaikan RPJMD yang telah disepakati sebelumnya. Mendatang kita berharap, RPJMD yang belum terlaksana atau terkendala, agar dilanjutkan secara optimal. Karena RPJMD adalah visioner kepala daerah dalam membangun daerah sekaligus harapan dan tumpuan masyarakat. Selamat melaksanakan musrenbang, marilah kita membahas rencana strategis, penajaman rencana sehingga dapat kita eksekusi dalam 5 tahun kedepan,” sambut wakil rakyat.

Membuka musrenbang tingkat Kota Payakumbuh, Riza Falepi mengharapkan musrenbang berjalan sesuai sistematika yang telah dirancang.

” Berbagai kesepakatan dan komitmen telah kita rancang dengan instansi vertikal. Selain itu koordinasi yang baik dengan berbagai unsur, termasuk masyarakat Tanjung Pauh, Ibuh dan Limbukan. Sebagai kepala daerah kita akan tuangkan dan jabarkan visi dan misi di dalam RPJMD. Dalam menyusun RPJMD, Kami berharap akan menghasilkan rancangan yang tajam. RPJMD yang berhasil dan berdaya guna. Kita tidak butuh RPJMD yang berbahasa baik saja dan muluk-muluk. Tapi RPJMD HARUS TERUKUR yang diturunkan menjadi indikator KINERJA UTAMA. Ini mindset baru yang kami bawa. Kita tak segan bolak-balik untuk belajar ke KemenPAN & RB. Dan mindset kita itu kita sudah cocokkan dengan regulasi yang berlaku,” ungkap Riza Falepi

“Inilah yang melatarbelakangi kami melahirkan mindset ini. Harus jelas SAKIP, karena SAKIP kita dinilai. SAKIP Kita masih banyak yang harus diperbaiki. Selain itu, kami juga didesak Bapak Presiden Jokowi, untuk lebih FOKUS dan selesaikan semua rencana yang telah di RPJMDkan,” imbuh Walikota Riza Falepi.

Setelah Walikota membuka secara resmi musrenbang RPJMD tahun 2017-2022, kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan paparan rancangan rencana pembangunan oleh Kepala Bappeda, Kepala DPPKA dan Tim Ahli. Dalam musrenbang ini juga menghadirkan berbagai narasumber, termasuk narasumber dari  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unand.

Di hari kedua pelaksanaan musrembang akan dilaksanakan sidang komisi di 5 lokasi yang telah ditetapkan panitia penyelenggara kegiatan

- Advertisement -