Tanah Datar,BeritaSumbar.com,-Tangkal Isu Radikalisme, Rezki Aryendi Tokoh Muda Lintau, Apresiasi Kegiatan Doa Bersama Di Nagari Tanjung Bonai Lintau

Seyogyanya, pelaksanaan Takziah atau mengunjungi rumah duka secara beramai ramai oleh masyarakat, telah dilakukan semenjak lama dan turun temurun dinagari Tanjung Bonai.

Nagari yang berbatasan langsung dengan luhak nan bungsu ini, sangat menghormati prosesi adat terkhusus saat ada diantara warga yang meninggal dunia, para tetangga akan berduyun datang mengirimkan doa dengan dipimpin langsung oleh tokoh masyarakat setempat.

Takziah dan menujuh hari, begitulah masyrakat menamakan kegiatan tersebut, biasanya ini dilaksanakan pada malam kedua pasca meninggal, lanjut hingga hari ketujuh.

kegiatan ini, dapat meningkatkan nilai silaturahmi dan keakaraban sesama masyarakat, serta sebagai wujud kepedulian sosial sesama warga.

Kepada wartawan(7/7) salah seorang tokoh muda Lintau, Rezki Aryendi SH, sangat mengapresiasi kegiatan takziah dan menujuh hari di nagari tanjung bonai tersebut.

“Ya, kita harus bangga, kepada masyarakat Tanjung Bonai, yang masih mempertahankan tradisi bertakziah dalam menujuh hari meninggalnya seseorang, karna ini dapat memupuk nilai persaudaraan sesama warga” tuturnya

Diharapkan untuk masa yang akan datang, ini dapat menangkis isu dan pemahaman islam yang radikal ditengah masyarakat .

“Tentu, dengan berjalannya kegiatan keagamaan ini, dapat membuktikan bahwa nagari tanjung bonai, tidak tersentuh oleh isu dan pemahaman islam yang radikal yang dengan mudah membid’ahkan atau mengkafirkan masyarakat yang bertakziah yang sudah menjadi bagian dari budaya indonesia tersebut” ujarnya

Sementara itu pemuda yang acap dipanggil sahabat rezki tersebut, berharap pemuda dan masyarakat lintau, tidak kecolongan dengan menghilangnya beberap tradisi dan budaya seperti daerah lainnya.

“Tentu kedepan kita harapkan kepada generasi muda, jangan sampai kecolongan dan kehilangan budaya sendiri, artinya kita boleh menuntut ilmu kemanapun dan dimanapun, asalkan ketika pulang kampung jangan lupa minangnya”ujar mantan aktifis PMII tersebut (Red)

loading...