Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Guna meningkatkan kinerja dan pelayanan maksimal di Bidang Pendidikan, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi kembali melantik ratusan kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Satuan Pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Jabatan Fungsional Pertama Kali di lingkungan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota.

Pelantikan dan sumpah jabatan itu digelar di Aula Dinas Kesehatan, eks kantor bupati lama, Payakumbuh, Senin (9/7) sore. Terdiri dari, kepala sekolah promosi sebanyak 51 orang, rotasi dan pengukuhan 188 orang, dan fungsional pertama kali sejumlah 69 orang dari 8 Kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota. Yakni, Kecamatan Kapur IX, Harau, Laeh Sago Halaban, Luak, Payakumbuh, Mungka, Guguak dan Kecamatan Akabiluru.

Dalam sambutannya, Irfendi Arbi mengatakan prosesi pelantikan dan mutasi jajaran pejabat disetiap intansi pemerintah adalah bagian dari kehidupan dan kebutuhan organisasi dalam peningkatan kapasitas karier pegawai. ” Hal ini dimaksudkan untuk lebih memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pemerintah dan pelayanan publik,”ujarnya,

Pelantikan ini hendaknya dimaknai dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu. pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja dan penyelenggaraan tugas serta pelayanan yang maksimal.

Dikatakannya, pertimbangan utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai dilakukan adalah kompetensi, pengabdian dan komitmen terhadap tugas serta tanggung jawab kepada negara. “Kepada saudara yang baru saja dilantik kita ucapkan selamat bertugas dan menjalankan amanah dengan baik, Marilah kita selalu meningkatkan etos kerja sebagai abdi negara dan abdi masyarakat untuk melakukan yang terbaik bagi Kabupaten Limapuluh Kota,”tambahnya.

Irfendi juga berpesan agar, kepala-kepala UPTD yang baru dilantik ini agar memberi teladan dengan menunjukkan kinerja yang optimal, menurutnya peran kepala sekolah sangatlah penting sebagai pimpinan untuk memajukan sekolah masing-masing yang akan berdampak terhadap kemajuan pendidikan di Kabupaten itu.

Dikesempatan itu, bupati juga melantik pengangkatan pertama kali Pegawai Negeri Sipil dalam jabatan fungsional tenaga kesehatan di Lingkungan setempat, Ketiga tenaga kesehatan itu yakni, dr Silvia Rosja, dr. Helfi Ryansah, masing-masing pada unit kerja di Puskesmas Maek, serta Evan Nurlena, AMK yang ditempatkan pada unit kerja di puskesma Pakan Rabaa. Sebelumnya, juga dilakukan pelantikan terhadap 122 oarang Kepala UPTD yang tersebar dari 5 Kecamatan lainnya.

Ikut Hadir, Kepala BKPSDM, Anetta Budi, Pelaksana kepala Dinas Pendidikan, Indrawati Munir, Kepala Dinas Kesehatan, Tien Soeptino, serta kepala OPD lainnya dan ratusan guru pendamping.(*/rel)