Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com– Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi meresmikan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dan Launching Blud Puskesmas sekaligus Penandatanganan Komitmen dari seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dalam mendukung Agreditasi Puskesmas di Kabupaten Limapuluh Kota, baru-baru ini di Kenagarian Koto Baru Simalanggang.

Pada acara tersebut tampak hadir Sekertaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Windas Nofil, Kepala Dinas Kesehatan Limapuluh Kota, Tien Septino, Unsur Forkopimda, Camat Payakumbuh, Aimel Nazra, Wali Nagari se-Kecamatan Payakumbuh, Kepala BPJS, Kepala Cabang Bank Nagari Cabang Payakumbuh, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan dengan diresmikannya Puskesmas di Nagari Koto Baru Simalanggang ini hendaknya akan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan dan memperlancar pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kecamatan Payakumbuh, khususnya di Kenagarian Koto Baru Simalanggang.

“Puskesmas ini dibangun sebagai pusat penanganan medis tingkat pertama bagi masyarakat, jadi masyarakat tidak mesti langsung ke rumah sakit kalau masih bisa sembuh di fasiltas kesesehatan ini,”ucap Bupati.

Menurutnya, pelayanan yang bermutu dan prima di Puskesmas tentunya juga diharapkan guna mewujudkan pembangunan kesehatan di Kabupaten Limapuluh Kota. “Nantinya, penanganan kesehatan harus sesuai standar sehingga masyarakat yang berobat tidak kecewa atas pelayanan petugas medis,” ujarnya.

Selain itu, Bupati juga berpesan kepada semua tenaga kesehatan puskesmas agar bekerja secara profesional sesuai standar kerja. “Tidak lupa saya ingatkan kepada petugas untuk selalu ramah dan tersenyum dalam melayani pasien“, pesan Bupati.

Selanjutnya dalam sambutanya, Bupati juga berharap pada tahun 2018 ini, hendaknya seluruh puskesmas yang ada dikabupaten Limapuluh Kota dapat teragreditasi dan pelayanan kesehatan di Kabupaten Limapuluh Kota lebih meningkat lagi kedepannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, dalam hal ini diwakili Sekertaris Dinas Kesehatan Provinsi, Windas Nofil menghimbau masyarakat di Nagari Koto Baru Simalanggang dan sekitarnya untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan tingkat pertama itu dengan sebaik mungkin, sehingga warga akan lebih terjaga serta mempermudah dalam setiap upaya pengobatan. “Mamfaatkanlah puskesmas ini dengan sebaik mungkin,untuk pelayanan kesehatan masyarakat”ucapnya.

Dikatakannya, dengan adanya puskesmas baru ini di Nagari Koto Baru Simalanggang, hendaknya dapat menyiapkan diri untuk agreditasi ditahun 2018 ini. “Butuh Komitmen untuk mempersiapkan agreditasi puskesmas ini, kalau agreditasi meningkatkan maka mutu kesehatan akan lebih baik. Jadi persiapankah segala hal untuk agreditasi puskesmas di tahun ini, dan semoga seluruh Puskesmas yang ada dikabupaten Limapuluh Kota teragreditasi nantinya, pungkasnya.

Seusai memberikan sambutan, persemian beroperasinya Puskesmas Nagari Koto Baru Simalanggang ditandai dengan pengguntingan Pita dan pelepasan balon serta dilaksanakannya penandatanganan Komitmen mendukung agreditasi puskesmas oleh Bupati dan disaksikan oleh seluruh undangan.(*/relis)