Puncak HKN Ke 53 Tahun 2017 di Kota Payakumbuh

Payakumbuh—Peringatan Hari Kesehatan Nasonal (HKN) Ke 53 tahun 2017 merupakan momentum untuk merefleksikan sejauh mana keberhasilanpembangunan kesehatan yang melibatkan semua unsur dan lintas sektoral. Peringatan HKN merupakan peneguhan komitmen, menguatkan tekad serta menggugah semangat, penyelenggara pelayanan kesehatan, agar senantiasa memberikan layanan, penyuluhan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan yang optimal sebagaimana diamanatkan UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan Peraturan Menteri Kesehatan. Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku. PR Kita masih banyak.
Petikan amanat Menteri Kesehatan RI tersebut dibacakan Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz selaku Inspektur Upacara Bendera peringatan HKN Ke 53 tahun 2017 yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Kesehatan, Jalan Khatib Sulaiman Kelurahan Padang Karambia Kec. Payakumbuh Selatan, Senin (13/11). Pelaksanaan upacara HKN berlangsung khidmat.
Tampak hadir dalam upacara, Ketua DPRD, YB Dt. Parmato Alam, Kepala Dinas Kesehatan, Elzadaswarmen, Kepala Kankemenag, Asra Faber, Dirut RSUD Adnaan WD, Efriza Naldi, Kasat Binmas Polres, Erman, Pabung Kodim 0306/50 Kota, DM. Ginting, Pimpinan OPD, IDI, IBI, Kepala BPJS, jajaran dinas kesehatan dan mitra kerja lainnya. Upacara ini juga tampak dihadiri pemenang lomba. Pelaksanaan upacara bedera ini merupakan puncak HKN di Kota Payakumbuh, setelah sebelumnya dilaksanakan serangkaian kegiatan lomba dan bhakti sosial dan penyuluhan di bidang kesehatan.
Upacara ini selanjutnya dirangkai dengan penandatanganan MoU pelaksanaan Imunisasi MR di Kota Payakumbuh terhadap anak berusia 3 tahun s/d 15 tahun.
Sebagaimana diterangkan, Sekretaris Dinkes, Desmon Korina, “Hari Kesehtan Nasional jatuh pada tanggal 12 November, dan kita telah isi dengan Senam Massal yang meriah rekor MURI Secara Nasional. Terkait Imunisasi MR, Penandatanganan Mou ini melibatkan Walikota Payakumbuh, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Kankemenag, karena nantinya akan melibatkan siswa yang ada di sekolah dan madrasah,” terang Desmon Korina.
Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba. Adapun lomba yang dilaksananakan untuk mengisi HKN tahun ini berupa lomba toga akupresur, lomba kecamatan sehat, lomba balita sehat, lomba melukis dinding, senam massal, lomba kader, yel-yel, lomba pariwara dan lomba lainnya. Di puncak HKN ini juga dilaksanakan pembubuhan tandatangan oleh semua unsur yang hadir, sebagai bukti kepedulian masyarakat Kota Payakumbuh untuk mewujudkan Kota Payakumbuh sebagai Kota Sehat.
Sebagai buah atas keberhasilan Pemko Payakumbuh dalam melakukan pembinaan layanan dasar, Puskesmas Padang Karambiamerupakan puskesmas yang pertama kali diakreditasi di Provinsi Sumatera Barat tahun 2016 lalu, sekaligus Peringkat II Puskesmas Berpretasi Tingkat Perkotaan yang diterima langsung Kepala Puskesmas, Liza Hanafiah. Selain itu, Wakil Walikota bersama Forkopimda juga menyerahkan langsung berbagai prestasi dan penghargaan yang telah diraih Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh selama tahun 2017.
Kegiatan resepsi dan hiburan juga mewarnai puncak Peringatan Hari Kesehtan Nasional Ke 53 Tahun 2017 di Kota Payakumbuh.ul