Foto by KanalSatu.com

Di bulan Ramadan ini, kelapa muda menjadi primadona. Paling diincar sebagai menu berbuka puasa karena banyak manfaat. Tak ayal, hampir di sepanjang jalan di Kota Padang cukup banyak penjual kelapa muda.

Jika tak percaya, cobalah berkendara sekitar dua atau tiga jam menjelang berbuka puasa. Pasti ditemukan pedagang kelapa muda di pinggir jalan. Mereka menjual kelapa muda tak perlu tempat yang spesial. Hanya berbekal meja, sebuah potongan kayu, parang, teko plastik, sendok, dan plastik pembungkus.

Sebagai penanda, kelapa muda dibiarkan tersandar dan berserak di pinggir meja. Ketika ada yang datang membeli, penjual lantas memainkan parangnya. Kelapa pun kemudian dibelah di atas potongan kayu. Kelapa dibuat lubang sebagai tempat keluarnya air.

Air kelapa dituangkan ke dalam teko plastik. Setelah semua air keluar, kelapa berlubang itu kemudian dibelah menjadi dua untuk mengambil isi kelapa tadi. Isi kelapa diparut dan dicampurkan ke dalam air kelapa di dalam teko. Setelah itu, plastik berisi air kelapa diikat dengan karet.

Soal harga, cukup beragam. Ada yang menjual Rp 7 ribu perbutir. Bahkan ada yang menjualnya Rp 8 ribu perbuah.

“Kelapa ini diambil langsung dari Lubuk Alung, jadi harganya relatif berbeda dengan yang lain,” tutur Edi, pedagang kelapa muda di Lubuk Buaya, Jumat (2/6).

Kini, cukup banyak campuran kelapa muda agar terasa lebih nikmat diminum. Pedagang mencampurkan dengan tambahan lain. Seperti madu, sirup, maupun dengan minuman bersoda. Jika sudah dicampur, harganya pun berbeda dengan kelapa murni tanpa campuran.

“Konsumen lebih memilih yang dicampur. Biasanya minta yang pakai madu dan sirup, lebih enak dan segar katanya,” tambah Edi.

Utiah segendang sepenarian dengan Edi. Lelaki yang berjualan kelapa muda di Lapai ini mengaku bahwa kelapa muda yang dijualnya memang laris manis ketika di bulan puasa. Dalam sehari, kelapa muda Utiah terjual sekitar lima tandan besar.

“Lumayanlah, dibanding ketika bulan ‘carai’ (di luar bulan puasa),” ungkapnya.

Seorang pembeli, Meli, menyebut kalau dirinya lebih suka minum kelapa muda saat berbuka. Terasa segar dan mengembalikan tenaga.

“Hampir tiap hari minum kelapa muda. Tenaga yang hilang terasa kembali setelah meminumnya,” aku Meli.

Seperti diketahui, kelapa muda memiliki banyak kandungan. Diantaranya seperti vitamin C, asam nikotinat, asam folat, dan lainnya. Selain itu, kelapa muda juga memiliki banyak manfaat. Seperti menghilangkan dehidrasi, mencegah penuaan dini, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, baik untuk ibu hamil, untuk menjaga kesehatan kulit, menurunkan berat badan, pengontrol diabetes, untuk pencernaan, serta antioksidan. (Charlie Ch. Legi)