LIMAPULUH KOTA,Beritasumbar.com-Potensi SDM anak nagari Limapuluh Kota dinilai sangat kaya dan berpeluang dikembangkan. Tidak hanya dari segi kompetensi tekhnik sebagai tenaga kerja terampil, para pemuda berusia produktif juga dinilai memiliki potensi besar, terutama di bidang olahraga.

Hal ini menjadi perhatian serius Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan. Berbagai keahlian dan kompetensi yang dimiliki para pemuda seperti penggiat olahraga, baik di Kota Payakumbuh atau di Kabupaten Limapuluh Kota, sangat perlu diberikan pembinaan guna mencetak prestasi daerah.

“Sebagai anak nagari dan generasi penerus daerah, saya mengajak kawan-kawan, dapat mencari peluang serta terus mengembangkan potensi diri,” kata Ferizal, saat menggelar dialog terbuka bersama ratusan penggiat olahraga dan pemuda di rumah dinasnya, kawasan Tanjung Pati, Harau, Senin (20/6) malam.

Buya Feri–sapaan akrabnya, mengaku sangat mendukung berbagai kegiatan atau program berbasis pembinaan di segala bidang olahraga. Sebab, ia mengakui, secara pribadi cikal bakal ia mampu menjadi seorang wakil kepala daerah tidak terlepas dari kegiatan olahraga.

Ratusan unsur pemuda dan penggiat olahraga yang ikut menghadiri undangan buka bersama di kediamannya, turut diajak menjaga keyakinan akan kompetensi diri masing-masing. Disamping itu, Ferizal juga menuntut, para pemuda terus belajar membangun silaturrahmi serta menjaga komunikasi.

“Apalagi, jika terdapat masalah atau persoalan yang menghambat dalam melakukan kegiatan. Silahkan hubungi dan konsultasikan ke saya. Kami akan senantiasa membuka tangan lebar-lebar untuk mengakomodir, sepanjang itu bisa menjaga nama baik daerah kita,” sebut Putra Lareh sago Halaban.

Pada bidang pemerintahan, Ferizal mencontohkan, seperti dalam penerimaan lapangan kerja UU tentang Olahraga sebenarnya mengamanatkan baik di perusahaan atau instansi pemerintahan, agar mengambil 2,5 persen dari pelaku olahraga. Amanat tersebut sedianya dapat menjadi peluang dan bisa dimanfaatkan kalangan atlit atau pun pelaku olahraga.

“Isya’ Allah, kita sudah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Daerah untuk tahun 2016-2021. Dalam, RPJMD ke depan, kita memasukkan 60 persen kegiatan serta anggaran di bidang pendidikan. Saya harap ini bisa menjadi peluang bagi teman-teman, untuk mengembangkan diri,” sebutnya.

Selain perwakilan KONI Limapuluh Kota, Wirianto (Sekretaris), dalam agenda buka bersama bersama Wabup Ferizal Ridwan, turut hadir para pelatih serta pembina olahraga seperti athletik, bola kaki dan volley ball.(humaspemkab)