Batusangkar, BeritaSumbar.com,-Kebanggaan tersendiri bagi Jajaran Polres Padang Panjang, pasalnya Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Singgalang Tahun 2018, dihadiri dua pimpinan daerah, Wakil Wali Kota Padang Panjang Mawardi Samah dan Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma.

“Ini momen yang langka, tapi kali ini terjadi, dan merupakan kehormatan tersendiri bagi kita jajaran polres Padang Panjang, apel gelar pasukan kali ini dihadiri langsung dua pimpinan daerah,” kata Kapolres Padang Panjang AKBP. Cepi Noval. S.IK, saat memimpin apel gelar pasukan tersebut, Rabu (19/09) di Lapangan Upacara Mapolres Padang Panjang.

Sementara dalam amanat Kapolri yang dibacakannya, Cevi menyebutkan Apel Gelar Pasukan Kepolisian terpusat Mantap Brata Tahun 2018 ini adalah dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2019.

Apel yang dilaksanakan diseluruh jajaran ini bertujuan mengecek kesiapan personil, sarana dan prasarana sebelum ditertibkan untuk melaksanakan pemilu kedepan, sebutnya.

Dia juga mengatakan, bahwa kepolisian diera demokrasi bertumpu pada upaya meraih kepercayaan publik. Hal itu diwujudkan dengan penegakkan supremasi hukum, penghomatan terhadap nilai-nilai hak dan peningkatan kualitas pelayanan publik, perwujudan jaminan keamanan dalam berbagai pelaksanaan agenda demokrasi, ulasnya.

Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang, untuk wilayah hukum Polresta Padang Panjang dan sekitarnya, Dia mengatakan,” 400 TPS yang akan diamankan, untuk personil disiapkan dua pertiga kekuatan polisi, dua pertiga TNI dan ditambah Brimob. Untuk Pileg dan Pilpres ini juga semua personil harus bisa kita petakan mana TPS yang aman dan mana yang rawan,” ucapnya.

Wakil Wali Kota Padang Panjang Mawardi Samah yang turut hadir pada saat apel gabungan ini mengharapkan, pada saat Pemilu Presiden dan Anggota Legislatif kedepan dapat berjalan kondusif.

“Kita berharap masyarakat dapat mengikuti pencoblosan, datang ke TPS-TPS dan memilih pemimpin maupun wakil-wakil yang akan duduk di DPR-RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten yang dapat kita percayai serta sesuai dengan pilihan masing-masing,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, usai memeriksa barisan pasukan bersama Kapolres dan Wawako Padang Panjang, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, menyampaikan ucapan terima kasih pada jajaran Polres Padang Panjang dan Kodim 0307 Tanah Datar, yang akan bertugas pada saat pemilu presiden dan pileg mendatang.

“Sebagai bagian dari wilayah hukum Polresta Padang Panjang tiga kecamatan dari 14 kecamatan di Tanah Datar yaitu Kecamatan Batipuh, Batipuh Selatan dan Kecamatan X Koto, kita ucapkan terima kasih pada semua personil dan berharap pemilu mendatang baik di Tanah Datar dan Padang Panjang dapat berjalan lancar,” ucapnya.

“Pemilihan Umum sebagai pesta demokrasi, kita mengajak semua masyarakat yang sudah memiliki hak pilih ikut menentukan pemimpinnya sesuai pilihan masing-masing untuk periode mendatang,” kata Dia.

Wabup Zuldafri Darma juga berharap kepada masyarakat maupun partai politik peserta pemilu untuk sama-sama menciptakan suasana yang kondusif demi terciptanya pemilu badunsanak.

“Mari kita jaga kekompakkan, jangan terpancing isu-isu yang akan memecah belah persatuan, penyebaran berita-berita hoax di berbagai media yang akhir-akhir ini marak dan berpotensi timbulnya konflik sosial di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat,” ujarnya.

Apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Singgalang 2018 dengan tema, “Melalui apel gelar pasukan operasi mantap brata singgalang 2018, kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka mewujudkan kamdagri yang kondusif pada pengamanan pemilu tahun 2019,” ditandai dengan pemasangan pita.

Turut dihadiri, Kepala OPD Tanah Datar dan Padang Panjang, Forkopimda, Pimpian Parpol peserta pemilu, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya. (Irfan F)