foto by padang creme

Payakumbuh,Beritasumbar.com-Peredaran narkoba di kota Payakumbuh makin meresahkan. Apalagi suplai luar daerah sekan menjadikan kota kecil ini sorga bagi pemakai narkoba.Hal ini di buktikan dengan seringnya pihak Polresta Payakumbuh melalui satnarkobanya menangkap pelaku pengedar dan pemakai narkoba di wilkumnya.. Baru-baru ini, tim Opsnal Satresnarkoba kembali berhasil menciduk seorang pedagang pakaian asal Jorong Lasi mudo Kecamatan Canduang Kabupaten Agam yang diduga hendak menggelar pesta Narkoba jenis sabu-sabu di sebuah rumah di Kawasan Koto Nan IV Kecamatan Payakumbuh Barat.

Penangkapan terhadap tersangka HC (41) berhasil dilakukan dari informasi yang dihimpun dari masyarakat Koto Nan IV. Dari informasi tersebut, masyarakat mengeluhkan di kampung mereka kerap digelar pesta Narkoba oleh tersangka HC. Dari informasi tersebut juga disebutkan bahwa tersangka HC kerap datang ke Payakumbuh disaat malam hari. Diduga ia sengaja datang ke Payakumbuh untuk menggelar pesta / menghisap Narkoba.

Dari informasi tersebut, juga disebutkan ciri-ciri tersangka HC. Hingga akhirnya pada Minggu (26/6) sekitar pukul 23.00 Wib, tersangka dibekuk di kawasan Koto Nan IV. Dari penangkapan tersebut, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti.

“ Memang tadi malam usai Sholat tarawih, kita berhasil mengamankan seorang tersangka pemakai Narkoba jenis sabu-sabu. Dari tersangka, kita amankan 1 paket narkoba yang disimpan dalam saku celana. Selain itu juga kita amankan sejumlah alat hisap sabu-sabu”. Sebut Kapolres Payakumbuh, AKBP. Kuswoto melalui Kasatresnarkoba, AKP. Romarpus Almi didampingi Kanit I Narkoba, Aiptu. Ardiyanto, senin pagi (27/1).

Dari penggeledahan yang dilakukan, sejumlah alat hisap yang ditemukan antara lain, bong, pipet, pirex, korek api, dan botol aqua yang diletakkan dekat lemari. Beruntung tak ada perlawanan yang dilakukan tersangka. Hingga kini, tersangka dan barang bukti Narkoba sudah diamankan di Mapolres Payakumbuh Kawasan Labuah Sialng.

Beberapa waktu sebelumnya, di depan Restaurant Pergaulan Jalan Soekarno Hatta, tim Satresnarkoba juga mengamankan seorang pengedar Narkoba jenis sabu-sabu. Dari penangkapan tersebut, juga berhasil diamankan narkoba siap edar.

Maraknya peredaran gelap Narkoba di Payakumbuh menjadi kekhawatiran bagi sejumlah pihak. Rothman Uchok Silitonga, Salah seorang aktivis LSM di Payakumbuh mengatakan bahwa perlu peranan dan partisipasi yang menyeluruh dari seluruh lapisan masyarakat untuk ikut memberantas peredaran gelap Narkoba. “ Kita tentu sangat khawatir dengan kondisi Payakumbuh yang menempati no urut 2 dalam peredaran Narkoba di Sumatera Barat, setiap waktu kita mendengar adanya penangkapan terhadap pengedar maupun pemakai Narkoba. Kedepan mari kita semua peduli terhadap peredaran gelap Narkoba. Mulai dari hal yang terkecil, yakni ikut menginformasikan kepada penegak hukum jika adanya peredaran gelap Narkoba di lingkungannya”. Ucapnya.

Senada dengan Rothman, Duo Anggota DPRD Payakumbuh, Aribus Madri dan Chandra Setipon berharap wacara tes urine yang beberapa waktu lalu sempat mengapung bagi anggota DPRD Payakumbuh untuk dapat segera dilakukan. “ Untuk pemberantasan Narkoba, kita tentu komit untuk mendukungnya. Sebagai bentuk dukungan terhadap pemberantasan Narkoba di Payakumbuh, saya siap untuk mengikuti tes urine yang akan dilaksanakan oleh BNN”. Sebut Politisi PDI-P dan PAN itu kompak(PC)