29.8 C
Padang
Jumat, Maret 29, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

PMII Pariaman Gelar Ngojek Tingkatkan Kualitas Kader
P

Kategori -
- Advertisement -

Pariaman, beritasumbar.com,-Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kota Pariaman tingkatkan kualitas pengurus dan kader dengan menggelar Ngobrol Jenjang Kader (Ngojek). Dengan Ngojek pengetahuan dan pemahaman kader PMII Kota Pariaman tidak hanya diperoleh melalui Mapaba dan pelatihan kader selanjutnya, yakni pelatihan kader dasar (PKD), lanjut (PKL) dan nasional (PKN) saja. Hal itu di katakan Sekteraris PC PMII Kota Pariaman, Mulya Rizki saat membuka Ngojek perdana, Sabtu (6/7) malam, di sekretariat PMII Kota Pariaman, Jalan M. Rasyid No. 45 Simpang Jagung Kota Pariaman.

Menurut Rizki, Ngojek perdana ini menghadirkan narasumber Pendiri PMII Kota Pariaman Armaidi Tanjung dengan tema, “Tasawuf Sebagai Acuan Pergerakan Universal”. Ngojek dipandu  Poni Irwanto Tuanku Bagindo Mangkuto. “Ke depan Ngojek rutin dilakukan secara berkala dengan pemateri dan tema yang berbeda,” kata Rizki menambahkan.

Sementara itu, Armaidi Tanjung dalam penyampaiannya mengatakan, kader yang berproses dalam PMII haruslah mempertimbangkan dan selalu menjadikan acuan tasawuf dalam setiap gerakannya. Artinya, kader PMII dalam setiap gerakannya diminta mengaju pada nilai-nilai yang dijalankan para penganut tasawuf. Sehingga kader PMII tersebut mampu menjadi kader yang memiliki sikap mental yang selalu memelihara kesucian diri, beribadah, hidup sederhana, rela berkorban untuk kebaikan dan selalu bersikap bijaksana. Sikap jiwa yang demikian itu pada hakikatnya adalah akhlak yang mulia.

“Sasaran tasawuf adalah akhlak dan budi pekerti yang baik berdasarkan  kasih dan cinta kepada Allah. Oleh karena itu, maka ajaran tasawuf sangat mengutamakan adab/nilai cara, baik dalam berhubungan dengan sesama manusia, manusia berhubugan dengan Tuhan dan manusia berhubungan dengan alam.Tasawuf mengajarkan kepada manusia untuk selalu menjaga etika, adab, moral kepada Allah, manusia dan alam,” kata Armaidi Tanjung yang juga Pengurus Dewan Pendidikan Kota Pariaman ini.

Menurut Armaidi Tanjung, Islam mengatur bagaimana adab berhubungan dengan sesama manusia. Tidak hanya sesama muslim, tapi juga dengan non-muslim pun harus memiliki adab. “Ketika Nabi mendengar ada penduduk Madinah beragama Yahudi terbunuh, Nabi  Muhammad segera memobilisasi dana masyarakat untuk kemudian  diberikan kepada pihak keluarganya. “Barang siapa yang membunuh non-muslim, maka ia akan berhadapan dengan saya,”tegas beliau. Ini membuktikan bagaimana Nabi Muhammad Saw menjelaskan hubungan manusia sesama manusia tanpa mengenal agama maupun suku yang berbeda,” tutur Armaidi mengutip dalam sebuah kisah Nabi Muhammad Saw. saat berada di Madinah.

Kondisi sekarang memang jauh berbeda. Jangankan dengan non-muslim, sesama muslim saja terkadang saling caci-maki, bunuh-bunuhan, kafir-kafiran. Merasa benar sendiri. Apalagi selalu mengatasnamakan agama melakukan sesuatu, sekalipun yang dilakukannya sesungguhnya tidak sesuai dengan contoh tauladan yang diberikan Nabi Muhammad Saw.

“Hal itu wajar terjadi, karena memang umat muslim, terutama generasi muda, termasuk mahasiswa, sangat minim membaca sejarah kehidupan Nabi Muhammad Saw. Saya tanya, dari yang hadir ini berapa orang yang sudah membaca buku sejarah Nabi Muhammad Saw. yang 300 atau lebih halamannya. Kalau belum pernah baca, apalagi paham, wajar tak tahu bagaimana harus berhubungan dan bersikap terhadap orang yang berbeda, agama, suku, ras maupun kelompok,” tutur Armaidi,penulis buku, Anakku! Kenapa Harus Masuk Pesantren ini.

Untuk itu, kata Armaidi, sebagai generasi muda umat muslim dan kader PMII Kota Pariaman harus mulai membaca dan memahami perjuangan dakwah Nabi Muhammad Saw. Sekaligus mengaplikasikannya dalam kehidupan, kata Armaidi dihadapan sekitar 40-an orang pengurus dan kader PMII Kota Pariaman. (rel/bus)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img