Foto Rombongan Studi Tur PMT. Prof. Dr. Hamka di Masjid Agung An-nuur Pare, Kediri (dok. Al)

PADANGPARIAMAN, BERITASUMBAR.COM—Sejak tanggal 10 hingga 14 Desember 2018, 19 orang santri dan 7 orang santriwati Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof. Dr. Hamka 1 yang beralamatkan di Jalan Raya Padang-Bukittinggi KM. 28 Pasar Usang, Kab. Padang Pariaman, Prov. Sumatera Barat ini mengikuti kegiatan studi tur ke Pesantren Modern Gontor 3 Putra yang beralamat di Gurah, Kediri, Jawa Timur dan ke lembaga kursus Mahesa Institute di Kampung Inggris, Pare, Kediri.

Kegiatan yang didampingi oleh pimpinan Pesantren Hamka dan dua orang ustazah dan dua orang ustaz ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman santri/santriwati dalam hal kebahasaan yang dalam hal ini bahasa Inggris melalui riset ke lembaga kursus Mahesa Institute yang merupakan satu di antara 163 lembaga kursus yang ada di Pare, Kediri, dan dalam hal pengelolaan bisnis pesantren melalui riset ekonomi ke Pesantren Modern Gontor 3 Putra yang memiliki sapi perah dan bisnis susu murni yang digemari konsumen.

Tim rombongan studi tur memulai perjalanan pada Senin subuh (10/12) dengan jalur udara pukul 5.45 dan sampai di Jakarta pukul setengah delapan yang disambut langsung oleh bus pariwisata berkapasitas 35 orang untuk melanjutkan perjalanan jalur darat menuju Kediri. Tim tiba di Kediri jelang tengah malam di hari yang sama dan beristirahat sembari menunggu waktu subuh di Masjid Agung An-Nuur Pare, Kediri. Kemudian tim rombongan menuju Mahesa Institute di Kampung Inggris, mendengar penjelasan mengenai sejarah berdirinya Mahesa Institute yang telah berdiri dan berkecimpung di dunia kursus bahasa Inggris selama 20 tahun, menyaksikan proses pembelajaran di setiap kelas, dan mengunjungi asrama-asrama yang menjadi camp inap bagi para peserta kursus.

“Semoga dengan melihat sistem pembelajaran bahasa yang diterapkan oleh Mahesa Institute di kelas maupun di asrama, Pesantren Hamka dapat pula mengaplikasikannya dalam kegiatan bahasa, apakah di asrama atau di kelas, seperti pemberian kosa kata, melatih speaking, pengadaan tulisan-tulisan dinding yang memuat frasa-frasa dalam bahasa Inggris, dan sebagainya.” Demikian tanggapan pihak Mahesa Institute mengenai kunjungan santri dan santriwati PMT. Prof. Dr. Hamka 1.

Setelahnya, rombongan menuju Gurah untuk mengunjungi Pesantren Modern Gontor 3 Putra dan berkeliling melihat suasa Pesantren, kegiatan santri, melihat kandang sapi perah, hingga stadion sepak bola yang dimiliki Pesantren.

“Sebelum mengabdi di sini, saya sebelumnya menjadi Kepala Pengasuhan di Gontor 11 Putra di Sulit Air, Solok untuk beberapa waktu, dan karena satu dan lain hal belum sempat saya memenuhi keinginan saya untuk datang bersilaturahmi ke PMT. Prof. Dr. Hamka 1. Namun, yang namanya ruh persaudaraan rupanya menuntun antum semua untuk datang kemari dan alhamdulillah berjumpa dengan saya sehingga hubungan silaturahmi itu terwujud,” ujar Ustaz Witoto, guru senior KMII Pesantren Gontor 3 Putra dalam acara sambutan rombongan studi tur PMT. Prof. Dr. Hamka 1.

Setelah rentetan acara resmi selesai, rombongan melanjutkan perjalanan mengunjungi tempat-tempat wisata seperti Monumen Simpang Lima di Kediri, mengunjungi tempat wisata Jawa Timur Park 1 dan 2 di Batu, Malang, sebelum akhirnya kembali ke Jakarta dan mengunjungi Tanah Abang, Masjid Istiqlal, dan Ancol.

Penulis: Yusrina Sri