Pekanbaru,Berita Sumbar.com,-Tingkatkan kemampuan individu dalam melakukan Tindakan Pertama Tempat kejadian Perkara(TPTKP),Personil Satlantas Polresta Pekanbaru ikuti pelatihan yang di gelar Ditlantas Polda Riau pada Selasa 28/11. Dalam kegiatan ini juga di ikut sertakan unit lantas Polsek yang ada di jajaran polresta pekanbaru.

Materi pelatihan disampaikan oleh Kasi Laka Ditlantas Polda Riau Kompol Bambang Sugeng. Ia menyampaikan agar dalam menangani perkara laka lantas personil harus secara professional guna menghindari terjanya komplain dari masyarakat.

Selain memberikan pelatihan secara materi, pelatihan juga dilakukan dengan praktek dilapangan tepatnya di jalan Cut Nyak Dien, di samping pustaka wilayah (Tugu Pon).

Dalam skenario dilapangan seorang pengendara sepeda motor terlibat kecelakaan lalu lintas sehingga pengendara sepeda motor mengalami luka luka. Tim Unit Laka Lantas Satlantas Polresta Pekanbaru lalu tiba dilokasi kecelakaan dan langsung melakukan olah TKP, cek kondisi korban, dan membuat sketsa gambar di TKP.

“termasuk mencari saksi yang benar benar berkompeten guna mendukung penyidikan personil”, terang Kompol Bambang.

Terpisah Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Rinaldo Aser mengatakan pelatihan terhadap personil dilakukan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat apabila terjadinya laka lantas. Sehingga dalam penanganan kecelakaan lalu lintas dapat berjalan secara profesional.

“sehingga unit lantas di polsek jajaran nantinya juga dapat melakukan proses penanganan TPTKP laka lantas, sehingga mempercepat pelayanan dan penanganan korban laka lantas”, terang Rinaldo.(EM)